Mengenal Alat Dan Sistem Reproduksi Pria Dan Wanita

Alat Dan Sistem Reproduksi Pria Dan Wanita – Sistem reproduksi merupakan bagian pada tubuh manusia yang memiliki peran sangat penting, baik itu sistem reproduksi pada pria maupun sistem reproduksi pada wanita. Sesuai namanya, sistem reproduksi berperan penting dalam proses reproduksi atau proses melahirkan keturunan. Oleh karena itu tanpa adanya alat dan sistem reproduksi maka manusia tidak akan bisa melahirkan keturunan. Tanpa adanya keturunan, spesies manusia di bumi ini akan punah dengan sendirinya. Jadi sistem reproduksi pada manusia menentukan kelangsungan spesies manusia di bumi ini.

Baca Juga : Cara Memilih Pakaian Ibu Hamil Yang Benar

Sistem reproduksi pada manusia ini sendiri memiliki berbagai macam alat reproduksi baik itu sistem reproduksi pada pria maupun sistem reproduksi pada wanita. Namun tentu saja alat-alat reproduksi pada pria dan pada wanita berbeda-beda. Akan tetapi walaupun berbeda-beda mereka saling melengkapi sehingga dalam proses reproduksi dibutuhkan dua sistem reproduksi, yakni sistem reproduksi pria dan juga sistem reproduksi wanita. Tanpa kehadiran keduanya proses reproduksi tidak akan pernah bisa terjadi.

Alat Dan Sistem Reproduksi Pria Dan Wanita Secara Garis Besar

Alat Dan Sistem Reproduksi Pria Dan Wanita

Alat Reproduksi Wanita

Alat-Alat Reproduksi Pada Sistem Reproduksi Pria Meliputi :

– Testis
– Saluran kelamin
– Kelenjar tambahan
– Penis

Testis berfungsi sebagai penghasil sperma dan hormon testosteron dan penis berfungsi untuk memasukkan sperma yang dikeluarkan ke dalam tubuh wanita. Sedangkan saluran kelamin dan kelenjar tambahan yang terbagi lagi menjadi beberapa bagian memiliki berbagai macam fungsi, mulai dari membantu pembentukan sperma sampai dengan menyimpan cadangan sperma.

Alat-Alat Reproduksi Pada Sistem Reproduksi Wanita Meliputi :

– Ovarium
– Saluran telur atau tuba falopi
– Uterus
– Vagina dan
– Organ-organ kelamin luar lainnya, seperti klitoris, vulva, uretra, lubang vagina, dan fundus.

Ovarium yang merupakan kelenjar kelamin perempuan ini berfungsi untuk menyekresi hormon estrogen dan progesteron dan juga untuk memproduksi ovum. Sedangkan saluran telur atau tuba falopi berfungsi untuk menyalurkan ovum ke arah rahim dan uterus berfungsi sebagai tempat berkembangnya embrio yang tumbuh menjani janin. Lalu vagina berfungsi sebagai tempat bagi penis dan juga sebagai jalur keluar bayi pada proses melahirkan (persalinan).

Baca Juga : Ciri-Ciri Wanita Sedang Hamil

Itulah sedikit ulasan mengenai Alat Dan Sistem Reproduksi Pria Dan Wanita beserta fungsi-fungsinya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda tentang sistem reproduksi manusia. Semoga informasi ini dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuan anda mengenai alat reproduksi beserta fungsinya. Sekian dan terima kasih.