Asupan Gizi Untuk Ibu Hamil

Asupan Gizi Untuk Ibu Hamil – Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil harus diperhatikan nilai gizi dan takarannya. Hal itu bertujuan agar janin di dalam kandungan dari wanita hami tersebut mendapatkan nutrisi yang cukup dan dapat terjaga kesehatannya. Selain itu tumbuh dan berkembangnya juga normal. Jika asupan nutirsi selama kehamilan memenuhi gizi yang dibutuhkan maka dapat dipastikan janin akan berkembang dengan normal sehingga tidak menutup kemungkinan kelahiran janin juga bisa dilakukan secara normal. Karena setiap wanita hamil pasti menginginkan berjalan lancar dan normal, mulai dari masa kehamilan hingga kelahirannya.

Salah satu faktor yang yang berperan penting untuk menjadikan proses kehamilan hingga kelahiran normal yaitu asupan gizi. Dalam arti nutrisi dan gizi yang diasup oleh wanita hamil sangat berpengaruh pada tumbuh kembang janin di dalam perutnya.

Baca Juga : Tips Sehat Untuk Ibu Hamil

Sementara itu Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil yang bergizi ini dapat diperoleh dari berbagai bahan makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Semua bahan tersebut bisa didapatkan dengan mudah karena banyak dijual di pasar tradisional maupun modern terdekat.

Lalu, apa saja Asupan Gizi Untuk Ibu Hamil yang dibutuhkan?

Asupan Gizi Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Asupan Gizi Untuk Ibu Hamil

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Ada Beberapa Asupan Gizi Yang Dibutuhkan Oleh Ibu Hamil Antara Lain :

1. Asam Folat
Janin di dalam kandungan sangat membutuhkan asam folat dalam jumlah banyak untuk pembentuka sel dan sistem saraf. Diperkirakan sekitar 400 mikrogram asam folat per harinya perlu dikonsumsi oleh ibu hamil. Nutrisi ibu hamil yang satu ini didapatkan pada buah-buahan, sayuran hijau, kacang-kacangan maupun beras merah.

2. Protein
Protein juga salah satu asupan gizi ibu hamil yang harus tercukupi yang berfungsi sebagai zat pembangun dan pembentukan sel darah dalam tubuh janin. Dibutuhkan sekitar 60 gram setiap hari bagi ibu hamil yang bisa didapatkan dari kacang-kacangan, tempe, putih telur, dan daging.

3. Kalori
Nutrisi ibu hamil yang pertama, yaitu kalori. Menurut kesehatan, kalori yang dibutuhkan oleh ibu hamil sekitar 300 – 400 kkal perharinya. Untuk mencukupi asupan kalori, ibu hamil dapat mengkonsumsi makanan dengan pola 4 sehat 5 sempurna setiap hari.

4. Kalsium
Kalsium berfungsi untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang serta gigi janin di dalam kandungan ibu hamil. Selain itu, ibu hamil dapat terhindar dari penyakit osteoporosis saat mengandung dengan asupan gizi ibu hamil kalsium yang mencukupi. Susu dan produk olahan lainnya memiliki kandungan kalsium yang baik. Susu, keju dan sumsum tulang sapi dapat membantu meningkat kalsium dalam tubuh.

5. Zat Besi
Zat besi berfungsi membentuk sel-sel darah merah dan mengurangi resiko ibu hamil terkena gejala anemia atau kurang darah. Asupan gizi ibu hamil pada zat besi bagi ibu hamil sekitar 30 mg per hari yang bisa didapatkan dari hati sapi, sayuran hijau, daging sapi, maupun berbagai jenis ikan air tawar.

Baca Juga : Tanda – tanda Kehamilan Pada Wanita

Masa Kehamilan Yang Sehat Dan Normal

Jika ingin masa kehamilan sehat dan normal maka konsumsilah berbagai bahan makanan yang mengandung gizi seperti yang ditulis di atas dan kurangi makanan cepat saji. Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk mencukupi asupan gizi ibu hamil untuk kesehatan ibu berserta janin yang dikandungnya. Berikan gizi terbaik untuk janin anda selama dalam kandungan demi pertumbuhannya dan bekal untuk kehidupannya diluar kandungan kelak.

Demikian ulasan mengenai Asupan Gizi Untuk Ibu Hamil yang perlu anda ketahui. Semoga ulasan diatas dapat menjadi informasi untuk anda dan bisa memberikan pengaruh positif untuk selalu menjaga asupan gizi dalam masa kehamilan. Terima kasih.