Bahaya Konsumsi Ikan Bermerkuri Bagi Ibu Hamil

Bahaya Konsumsi Ikan Bermerkuri Bagi Ibu Hamil Banyak yang mengatakan bahwa konsumsi ikan sangat disarankan untuk ibu hamil karena didalam ikan terdapat kandungan asam folad, omega 3 dan protein hewani dalam jumlah yang tinggi. Dan tentu saja kandungan nutrisi tersebut sangat dibutuhkan ibu hamil karena sangat baik untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin didalam rahim Anda.

Namun walaupun ikan sangat baik dikonsumsi ibu hamil tidak sembarang ikan yang baik ini. Ikan mengandung merkuri tetap harus bunda hindari karena ikan yang didalamnya mengandung merkuri ini sangat berbahaya bagi ibu hamil. Lantas, apa saja bahaya konsumsi ikan mengandung merkuri untuk ibu hamil? Berikut ulasannya untuk Anda!

Baca Juga : Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil

Bahaya Konsumsi Ikan Bermerkuri Bagi Ibu Hamil Dan Janin

Bahaya Konsumsi Ikan Bermerkuri Bagi Ibu Hamil

Ikan Yang Mengandung Merkuri

Ada beberapa bahaya dari konsumsi ikan mengandung merkuri bagi ibu hamil. Ketika merkuri mengendap didalam air maka bakteri akan mengubah kandungan merkuri ini menjadi bentuk baru yang biasanya dikenal dengan sebutan methylmercury.

Di dalam air sendiri, ikan dan makhluk hidup lainnya akan menyerap methylmercury. Sementara methylmercury ini akan terikat sangat erat dengan protein dan akan tetap bertahan didalam ikan bahkan saat ikan sudah dimasak. Bahkan semua ikan dan kerang di seluruh penjuru dunia juga saat ini sudah terkontaminasi dengan merkuri hanya saja setiap ikan kadarnya berbeda-beda.

Dan tentunya merkuri didalam ikan akan masuk juga ke dalam tubuh ibu hamil jika ibu hamil mengonsumsinya. Kandungan merkuri tersebut kemudian akan melintasi plasenta dan ikut masuk ke dalam tubuh janin. Sebuah studi menunjukkan fakta yang cukup mengejutkan bahwa paparan konsentrasi tinggi methylmercuri yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil dapat mengganggu tumbuh kembang otak anak dan mengganggu sistem saraf janin dari yang ringan sampai dengan yang berat sekalipun. Intinya ikan bermerkuri atau Ikan Methylmercury bebahya bagi ibu hamil.

Baca Juga : Makanan Yang Harus Dihindari Pada Masa Awal Kehamilan

Karena itu sangat disarankan supaya ibu hamil selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsinya karena semua makanan yang dikonsumsi berpengaruh terhadap perkembangan janin didalam kandungan. Semoga informasi diatas yang kami berikan tentang Bahaya Konsumsi Ikan Bermerkuri Bagi Ibu Hamil dapat bermanfaat untuk anda. Sekian dan terima kasih.