Bahaya Rokok Bagi Ibu Hamil

Bahaya Rokok Bagi Ibu Hamil – Bagi setiap wanita, menikah dan hamil adalah suatu anugerah terindah yang diberikan Tuhan untuk melengkapi hidupnya. Karena itu hampir sebagian besar wanita yang sudah menikah pastinya sangat menunggu-nunggu datangnya masa kehamilan ini. Atau mungkin Anda juga demikian bunda?

Baca Juga : Dampak Perokok Pasif Bagi Janin Ibu Hamil

Bagi Anda yang sudah menikah dan saat ini sedang hamil kami ucapkan selamat untuk Anda karena sebentar lagi buah hati yang lucu dan imut akan Anda timang. Namun tentunya Anda harus berusaha untuk menjaga kehamilan Anda supaya nantinya buah hati bisa lahir tanpa kendala. Yang juga harus Anda perhatikan adalah pola hidup Anda serta Anda juga perlu menghindari rokok maupun asap rokok karena rokok banyak bahayanya bagi ibu hamil. Lalu apa saja bahaya rokok bagi ibu hamil? Disini informasinya!

Bahaya Rokok Bagi Ibu Hamil Dan Janin

Bahaya Rokok Bagi Ibu Hamil

Abortus Spontan

Ada banyak bahaya rokok bagi ibu hamil. Karena itu Anda yang sedang hamil harus benar-benar menghindari yang namanya rokok. Baik perokok aktif ataupun pasif itu berbahaya bagi janin didalam kandungan Anda. Beberapa bahaya dari rokok bagi ibu hamil diantaranya :

Potensi Bayi Lahir Prematur
Jika Anda seorang perokok baik itu perokok aktif ataupun perokok pasif, Anda harus terima kenyataan pahit karena seorang perokok aktif atau pasif bisa memiliki resiko janin yang akan lahir dari rahimnya lahir Bayi Prematur. Bahkan dalam kondisi tertentu bisa membuat bayi mengalami kondisi teratogenik atau kecacatan lahir. Jika Anda tidak ingin hal ini terjadi hindari selalu asap rokok supaya Anda tidak menjadi perokok pasif dan jangan pula jadi perokok aktif.

Bayi Lahir Dengan Paru-Paru Rusak
Tidak hanya perokok aktif saja yang dapat mengalami kerusakan paru-paru akan tetapi janin didalam rahim yang terpapar terus menerus asap rokok juga bisa mengalami kerusakan paru-paru. Untuk itu Anda harus upayakan supaya bayi Anda tidak terpapar asap rokok bunda.

Terancam Keguguran
Ini informasi yang harus Anda tahu bahwa wanita hamil yang merokok terancam resiko keguguran sampai 25% daripada ibu hamil yang tidak merokok. Selain itu wanita ini juga memiliki resiko 1,5 – 2,5 kali mengalami kehamilan ektopik sehingga untuk mengangkat janin harus dilakukan proses operasi.

Baca Juga : 3 Pantangan Ibu Hamil Muda

Agar hal-hal tersebut tidak terjadi pada kandungan Anda, Anda harus ekstra menghindari rokok dan paparan asap rokok. Bahaya asap rokok untuk perokok aktif dan pasif adalah gangguan pada saluran pernafasan. Karena asap rokok mengandung zat karsinogenik yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker. Bahaya kanker lebih tinggi pada perokok pasif dibandingkan perokok aktif, oleh karena itu bagi ibu hamil yang bukan perokok juga harus ekstra hati-hati. Semoga informasi yang kami berikan diatas tentang Bahaya Rokok Bagi Ibu Hamil bermanfaat. Jauhilah rokok, minuman berakohol dan narkoba selama kehamilan demi masa depan janin anda dan kesehatan anda . Sekian dan terima kasih.