Tata Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Dengan Benar

Cara Memandikan Bayi – Bayi baru lahir sangat membutuhkan perawatan yang ekstra. Selain tubuhnya yang masih lemah, bayi baru lahir biasanya masih terdapat tali pusat yang masih menempel di pusatnya. Kebanyakan orang tua khususnya ibu yang baru melahirkan takut untuk memandikan sang bayi. Hal ini sering kita jumpai banyak ibu-ibu yang menyerahkan urusan memandikan bayi pada dukun bayi atau pengasuhnya.

Baca Juga : Teknik Dan Cara Menyusui Bayi Yang Baik Dan Benar

Cara Memandikan bayi adalah salah satu cara memberikan kenyamanan pada bayi. Dengan mandi bayi akan merasa segar dan dapat menimbulkan kenyamanan pada bayi. Intinya dalam memandikan bayi ibu harus yakin bisa dan tetap tenang. Tidak perlu khawatir atau cemas. Karena pada saat ibu cemas sang bayi pun akan merasa cemas dan berakibat rewel. Mandikan bayi dua kali sehari agar kebersihannya tetap terjaga.

Cara Memandikan Bayi Yang Benar

cara memandikan bayi

Cara Memandian Bayi

Bunda di rumah dibawah ini ada Cara-Cara Memandikan Bayi Baru Lahir yang wajib anda baca :

1. Persiapan :
– Baju ganti bayi
– Bedak dan minyak telon
– Handuk bersih
– Kapas dan kasa steril
– Bak mandi bayi
– Sabun dan shampo khusus bayi
– Air masak
– Waslap

2. Pelaksanaan :
– Isi bak mandi dengan air hangat. Jangan terlalu panas dan terlalu dingin. Cara mudah untuk menentukan air yang sesuai yaitu dengan cara menggunakan siku.
– Cuci tangan
– Lepaskan pakaian bayi secara perlahan
– Pertama-tama basahi kapas dengan air masak yang hangat kemudian usapkan pada mata bayi secara perlahan dari arah dalam keluar. Lakukan pada mata kanan dan kiri. Bersihkan pula mulut bayi berguna untuk membersihkan kotoran bekas ASI.
– Bagi ibu yang masih takut memandikan bayi di bak mandi anda dapat memandikannya di pangkuan anda atau alas khusus untuk memandikan bayi. Caranya sama dengan memandikan dengan di bak mandi yaitu memandikan dari bagian atas atau kepala bayi sampai ujung kaki.
– Masukkan bayi ke bak mandi dengan cara tangan menopang bagian leher dan kepa bayi dan tangan satunya memegang bagian pantat atau bokong bayi. Posisi bayi terlentang kepala lebih tinngi dari pada kaki.basuh kepala bayi kemudian shampo di telapak tangan kemudian usap perlahan sampai shampo berbusa kemudian bilas sampai bersih kemudian bersihkan area wajah bayi. Anda dapat menggunakan waslap untuk membersihkan daerah muka bayi. Anda tidak perlu menggunakan sabun untuk daerah wajah.
– Basuh badan bayi kemudian tuang sabun di telapak tangan kemudian usap perlahan kemudian bilas sampai bersih.
– Kemudian posisikan bayi telungkup untuk membersihkan bagian punggung dan pantat bayi.caranya topang kepala dan leher bayi dalam posisi telungkup yaitu tangan memegang bagian bahu bayi sekaligus menopang bagian kepala dan leher. Kemudian bersihkan dengan sabun kemudian bilang sampai bersih.
– Setelah itu angkat bayi dan bersihkan area kemaluan bayi. Pada anak laki-laki cukup bersihkan kemaluan dengan air. Untuk bayi perempuan gunakan kapas kemudian basahi dengan air kemudian usap perlahan ke kemaluan bayi kemudian keringkan.
– Keringkan bayi dengan handuk. Pastikan bayi anda tidak kedinginan.
– Bungkus tali pusat dengan kasa steril.
– Berikan minyak telon pada bagian perut, punngung telapak kaki dan tangan bayi. Taburkan bedak bayi pada daerah punggung dan perut. Jangan berikan bedak pada daerah kemaluan karena dapat menyebabkan lembab yang dapat menimbulkan ruam popok.
– Pakaikan baju yang telah disediakan jangan lupa memakaikan sarung tangan, sarung kaki dan topi agar bayi tetap hangat.

Baca Juga : Cara Memijat Bayi Yang Benar

Demikian ulasan Mengenai Cara Memandikan Bayi Baru Lahir yang dapat menjadi referensi bagi bunda untuk yang pertama kali atau baru mempunyai bayi. Ingat bunda jangan memandikan bayi anda terlalu lama hal ini dapat menyebabkan bayi anda kedinginan dan masuk angin. Selamat Mencoba.