Cara Memberi ASi Perah Pada Bayi

Cara Memberi ASI Perah – Bagi seorang ibu menyusui secara ekslusif adalah sebuah impian. Akan tetapi tidak semua ibu dapat menyusui buah hatinya sampai berusia 2 tahun bahkan ada yang tidak dapat menyusui secara ekslusif sampai umur 6 bulan. Hal ini dikarenakan tuntutan pekerjaan ibu di luar rumah yang membuat ibu tidak dapat menyusui secara eksklusif.

Baca Juga : Cara Menyimpan ASI Perah Yang Benar

Sebagai penggantinya sang ibu memilih memerah ASI dan menyimpannya untuk kebutuhan bayinya dirumah. Bagi ibu yang perduli dan memgetahui manfaat ASI untuk bayi mereka lebih memilih memberikaan ASI perah dibandingkan susu formula. ASI perah yang disimpan dengan baik sesuai dengan prosedur memberikan harapan buah hati bagi ibu pekerja untuk terus melangsungkan pemberian ASI untuk bayinya.

Cara Memberi ASi Perah Kepada Bayi Dengan Benar

cara memberi asi perah

Cara Memberi ASI Perah – Wikipedia.org

Di bawah ini ada beberapa Cara Memberi ASI Perah Untuk Bayi yang dapat anda ketahui dirumah:

1. Untuk ASI Yang Baru Saja Diperah Dapat Langsung Di Minumkan Ke Bayi.
Anda dapat menggunakan dot dalam penyajiannya akan tetapi lebih dianjurkan untuk memberikan ASI perah ini dengan sendok secara perlahan sedikit demi sedikit. Hal ini untuk menghindari bayi bingung putting. Jadi sang bayi tetap menyusu secara eksklusif saat ibunya dirumah.

2. Untuk ASI Perah Yang Di Simpan Di Lemari Pendingin.
ASI perah yang di simpan di lemari pendingin (bukan di bagian freezer) anda hanya perlu menghangatkannya sebelum diberikan kepada sang bayi. Anda hanya perlu mengeluarkan ASI Perah di suhu ruangan atau bila diperlukan secara cepat anda dapat menghangatkannya dengan merendam di air hangat.

3. Untuk ASI Perah Yang Di Bekukan.
ASI perah yang telah dibekukan harus di cairkan lebih dahulu, caranya keluarkan ASI Perah dari frezzer ke bagian lemari pendingin atau dari bagain frezzer ke bagian pintu atau bagian bawah lemari pendingin untuk sayuran selama 12jam. Setelah itu hangatkan dan berikan ke bayi anda.

Apabila ASI Perah dibutuhkan secara cepat anda dapat langsung mengeluarkan ASI Perah dari freezer kemudian cairkan di air mengalir. Setelah itu hangatkan secara bertahap dengan air hangat. Hal ini bertujuan agar komponen ASI tidak rusak. Anda juga dapat memanaskan ASI Perah secara cepat dengan menggunakan alat khusus yang biasa disebut bottle warmer. Setelah mencair goyang perlahan agar komponen ASIP bercampur kemudian berika kepada bayi.

4. Tidak dianjurkan mencairkan ASI Perah dengan cara direbus atau dengan menggunakan microwave karena proses pencairan ini merusak komponen ASI Perah dan dapat menimbulkan masalah pada bayi anda.

5. ASIP yang telah dicairkan tidak boleh di bekukan kembali maksimal 4jam harus dihabiskan. Jangan memberikan ASIP sisa pada bayi anda . Selalu jaga kebersihan media atau alat-alat misalnya dot atau sendok untuk bayi anda.

Itulah Cara Memberi ASI Perah Untuk Bayi anda sangat mudah kan. Walaupun bunda bekerja diluar rumah, Bunda tetap dapat memberikan ASI untuk sang buah hati. Selalu semngat untuk memberikan yang terbaik untuk sang buah hati karena ASI adalah yang terbaik untuk sang bayi.

Hal-hal yang perlu di perhatikan:
– ASI perah yang pertama di simpan harus terlebih dahulu di berikan.
– Jangan mencampur ASI Perah yang telah dicairkan dengan ASI Perah yang baru.
– Biasakan membuang sisa ASI Perah yang tidak dihabiskan.
– Jangan membekukan ASI Perah yang telah dicairkan.

Baca Juga : Teknik Dan Cara Memerah ASI Dengan Tangan Yang Benar

Demikian hal-hal yang perlu di ketahui mengenai Cara Memberi ASI Perah Pada Bayi yang bunda harus ketahui, dan ingat dalam memberi ASI Perah kita harus selalu memperhatikan kwalitas dari ASi yang kita berikan pada bayi kita agar kebutuhan Nutrisi bayi kita terpenuhi.