Teknik Dan Cara Memerah ASI Dengan Tangan

Cara Memerah ASi – Air susu ibu atau yang biasa disebut ASI sangat baik untuk perkembangan dan pertumbuhan anak. Setiap ibu ingin memberikan ASI sampai buah hatinya berumur 2 tahun. Menyusui secara eksklusif sangat di inginkan oleh para ibu, selain lebih praktis menyusui secara eksklusif juga mampu mempererat daya emosional sang bayi dam ibu. Akan tetapi seiring kemajuan jaman dan semakin banyaknya tenaga kerja wanita saat ini menimbulkan kendala bagi ibu-ibu untuk memberikan ASI untuk sang buah hati secara eksklusif. Bahkan tidak sedikit para ibu akan beralih ke susu formula untuk menggantikan ASI untuk buah hatinya. Mungkin hal ini disebabkan karena sebagian ibu-ibu merasa repot untuk memerah ASInya.

Baca Juga : Teknik Menyusui Bayi Yang Benar

Air Susu Ibu Perah (ASIP) merupakan salah satu cara atau merupakan cara yang ideal untuk para ibu yang bekerja dan tetap ingin memberikan ASI untuk buah hatinya. Memerah ASI suatu tindakan bijak untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang sang buah hati. Cara Memerah ASI tidak hanya mengeluarkan dan menampung ASI begitu saja tapi ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses pemerahan.

Tips Dan Cara Memerah ASi Dengan Benar

cara memerah asi

Cara Memerah ASi

Adapun Cara-Cara Memerah ASI Yang Benar diantaranya:

1. Siapkan alat-alat yaitu pompa ASI,tabung atau botol ASI atau juga dapat menggunakan plastik ASI steril, handuk, kapas dan air hangat.

2. Minumlah Segelas Air Hangat
Hal ini dapat meningkatkan relaksasi agar pada saat memerah, ASI yang keluar akan lebih banyak.

3. Cuci Tangan Di Air Mengalir

4. Bersihkan Area Putting menggunakan kapas yang dibasahi air hangat. Ada dua cara memerah ASI yaitu dengan menggunakan jari-jari dan ada juga dengan menggunakan pompa.

a. Memerah Dengan Tangan Atau Jari-Jari
Gunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk memerah. Posisi ibu jari berada dibagian atas putting sementara jari telunjuk berada di bawah putting. Usap dari daerah hitam atau areola ke arah putting. Ulangi terus menerus sampai ASI keluar dari ujung putting. Lakukan sampai payudara terasa kosong dan lakukan hal yang sama pada payudara kanan dan kiri.

b. Memerah Dengan Menggunakan Pompa
Pompa ASI ada yang berupa manual dan ada juga yang elektrik namun keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk memerah ASI. pilihlah pompa yang baik yaitu pompa yang dapat memerah ASI yang tidak menimbulkan sakit pada payudara atau putting. Selalu jaga kebersihan pompa terutama pada bagian karet pompa karena biasanya banyak ASI yang tersimpan atau bekas ASI bila tidak teliti saat membersihkannya. Pompa sampai payudara terasa kosong dan lakukan hal yang sama pada payudara yang satunya.

5. Masukkan ASI dalam botol atau plastik ASI yang telah disediakan. Kemudian berikan nama, tanggal atau hari saat memerah, dan jam. Hal ini untuk memudahkan saat pemberian kebuah hati sehingga anda dapat memberikan ASI yang paling lama disimpan terlebih dahulu.

6. Masukkan ke lemari pendingin atau freezer untuk penyimpanan ASI jangka panjang.

7. Rapikan dan cuci semua alat-alat yang telah digunakan

8. Cuci tangan di air mengalir

Memberikan ASI selama 2 tahun dapat membantu anak bunda untuk memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkannya. ASI dapat memberikan zat gizi dan anti body bekal untuk perkembangan anak. Jika anda tidak bisa memberikan ASI ekskusif dengan alasan pekerjaan atau yang lain, tidak ada salahnya anda memberikan ASI dengan cara memerahnya. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Memberi Makan Pada Bayi Berdasarkan Umur

Demikian Ulasan Mengenai Cara Memerah ASI Dengan Tangan yang dapat anda bunda praktekkan sendiri di rumah dengan mengikuti petujunk yang di sebutkan di atas, inget dengan memberikan ASI eksklusif kepada bayi yang baru lahir dapat membantu tumbuh kembang otak dan sistem kekebalan tubuh pada bayi tersebut.