Cara Memijat Bayi Yang Benar

Cara Memijat Bayi Yang Benar – Pijat bayi atau masasse bayi sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dari jaman dahulu pijat bayi sudah ada dan sering dilakukan oleh dukun-dukun bayi. Terutama di daerah yang belum maju atau di daerah yang kurang tenaga medis atau bahkan yang warganya belum mengenal tenaga medis semua dilakukan oleh dukun dari proses melahirkan sampai mengurus bayi. Sering kali dukun memijat bayi dan kemudian memandikannya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Sekarang ini semakin berkembangnya zaman bukan hanya dukun atau fasilitas kesehatan yang melakukan pijat atau terapi pijat pada bayi. Sekarang banyak berdiri salon atau spa bayi, yang menawarkan berbagai macam fasilitas perawatan bayi terutama Cara Memijat bayi Yang Benar.

Cara Memijat Bayi Yang Baik Dan Benar

cara memijat bayi

Cara Memijat Bayi

Banyak manfaat yang diperoleh dari pijat bayi apabila cara melakukannya dengan benar. Diantaranya bayi akan merasa rileks atau nyaman, bayi akan lebih aktif, tidak rewel dan membantu tumbuh kembang lebih baik. Pijat bayi sangat mudah tidak hanya dukun atau petugas kesehatan yang bisa melakukannya. Di rumah bunda bisa melakukannya dengan mandiri. Hal ini lebih efektif karena pada saat pijat berlangsung akan terjadi ikatan atau hubungan antara sang bayi dan bunda sehingga hubungan emosional antara bunda dan bayi akan semakin erat. Bayi akan lebih merasa nyaman dibandingkan dipijat oleh orang lain yang menurutnya asing.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pijat bayi :
1. Jangan memijat bayi setelah menyusu atau setelah bayi makan
2. sebaikanya memijat bayi sebelum tidur. Jangan memijat bayi baru bangun tidur karena sang bayi akan merasa mengantuk kembali
3. Jangan memijat daerah yang sakit atau luka.
4. jaga kondisi bayi agar selalu hangat dan nyaman

Sebelum memulai memijat bayi alat-alat yang harus disiapkan yaitu minyak urut bayi misalnya baby oill dan handuk bersih, berikut cara memijat bayi yang benar.

1. Mencuci Tangan
mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan sesuatu sangat efektif untuk mengurangi penularan virus atau bakteri. Kemudian keringkan dengan kain yang bersih dan hangatkan sebelum memegang bayi. Letakkan bayi diatas handuk yang bersih atau kain yang bersih.

2. Lakukan Peregangan
posisikan bayi terlentang lurus kemudian pegang kedua lutut dan kakinya sejajar kemudian angkat dan tempelkan lutut sampai menyentuh perut bayi. Lakukan beberapa kali setelah itu masih posisi tangan yang sama memegang lutut dan kaki kemudian putar dengan gerakkan melingkar ke kanan dan kiri. Gerakkan ini dapat memudahkan gas keluar dari saluran cerna.

3. Memijat Kaki Bayi
Tepuk-tepuk perlahan telapak kaki secara bergantian kanan dan kiri. Tuang baby oil ditelapak tangan anda, Usap telapak kaki bayi dengan menggunakan ibu jari dari tumit kearah jari2 kaki, kemudian tarik dengan perlahan setiap jari-jari kaki bayi. Pijat perlahan betis sampai kepaha dengan gerakan seperti menggulung ditangan atau gerakan memilin. Lakukan gerakan ini bergantian kaki kiri dan kanan.

4. Memijat Perut Bayi
pertama-tama pastikan tangan anda hangat, dan jangan memijat dengan tekanan yang kuat. Jangan mengurut daerah rusuk dan ulu hati. kemudian lakukan gerakkan memijat dengan ujung-ujung jari membentuk lingkara kecil di perut bayi. Pakai ujung-ujung jari anda untuk mengeruk daerah perut dari atas ke bawah. Gunakan tehnik pijatan I – L – U dari arah bayi dan I – L – U terbalik bila dari posisi kita.

Gerakan “I” urut perlahan perut bayi bagian kiri atas ke bawah dengan lembut lakukan gerakan seperti menggaruk
Gerakan “L” terbalik yaitu urut dari perut bagian kanan atas terus kekiri bawah.
Gerakan “U” terbalik yaitu urut dari perut bayi bagian kanan bawah, melintang atau perut bagian atas kemudian turun ke bagian kiri perut bayi.

Tehnik memijat perut bayi semua gerakan selalu berakhir di perut bayi bagian kiri bawah. Hal ini memudahkan dalam membuang angin dari saluran cerna bayi

5. Memijat Bagian Dada Bayi
usapkan baby oli dipermukaan dada bayi kemudian gunakan kedua tangan anda memijat dari arah tengah dada ke atas atau kearah bahu kemudian kesamping dan kebawah menyerupai simbol love atau hati . Kemudian bentuk huruf X dari bahu kiri silang ke dada kanan bagian bawah dan sebaliknya.

6. Memijat Tangan bayi
gosok atau urut telapak tangan bayi dengan menggunakan inu jari kemudian tarik perlahan jari-jari bayi dengan gerakaan seperti memilin. Kemudian urut dari lengan atas sampai kepergelangan tangan.

7. Memijat Punggung bayi
posisikan bayi terlungkup, kemudian urut dengan menggunkan kedua ibu jari urut dari bagian bawah punggung bayi sampai keatas atau bahu. Kemudian pijat membentuk lingkaran-lingkaran kecil di seluruh bagian punggung bayi.

8. Memijat Bagian Kepala Dan Wajah Bayi
Posisikan bayi anda terlentang kemudian gunakan baby oil ditelapak tangan anda. Urut kepala bayi secara perlahan dengan menggunakan ujung-ujung jari anda. Lakukan seperti mencengkram kepala bayi lalu lepas. Usap-usap atau gosok daun telinga bayi dan tarik perlahan ke atas. Memijat dahi bayi gunakan kedua ibu jari kemudian urut dari tengah kerah kanan dan kiri dahi. Gosok alis dan tarik perlahan hidung bayi. Kemudian usap kedua pipi dan bagian bawah hidung dan yang terakhir tarik perlahan dagu bayi urut dari atas kebawah dan kesamping.

Baca Juga : Cara Mencegah Dan Mengobati Ruam Popok Pada Bayi

Cara Memijat Bayi dengan Gerakan diatas sangat mudah dilakukan dan tidak memerlukan waktu yang lama. Memijat bayi akan membuat bayi anda merasa nyaman dan anda dapat mengetahui apakah ada masalah pada tubuh bayi anda .misalnya ada bagian tubuh bayi yang sakit terkilir atau alain sebagainya. Selamat mencoba semoga bermanfaat.