Cara Menciptakan Lingkungan Yang Aman Untuk Bayi

Cara Menciptakan Lingkungan Yang Aman Untuk Bayi – Bagaimana Memastikan Anak Anda Benar-benar Aman di Rumah? Merawat anak di rumah merupakan pekerjaan orangtua yang membutuhkan banyak perhatian dan kewaspasaan, apalagi jika anak masih bayi. Satu hal yang harus benar-benar diperhatikan adalah keamanan lingkungan rumah agar tidak terjadi peristiwa yang membahayakan keamanan bayi.

Untuk menjaga keamanan bayi di rumah, orangtua harus memberikan perhatian lebih pada lingkungan sekitar tempat bayi beraktifitas, seperti kamar tidur, tempat bermain, tempat tidur bayi, dan pakaian bayi.

Baca Juga : Cara Memijat Bayi Yang Benar

Terdapat beberapa kasus akibat dari kelalaian orangtua yang membahayakan keamanan bayi. Seperti tirai yang panjang menjuntai atau taplak meja yang lebar dapat memicu keinginan bayi untuk menariknya. Salah satu bahaya lainnya adalah orangtua tidak cermat memilih tempat tidur bayi yang baik.

Cara Menciptakan Lingkungan Yang Aman Untuk Bayi Dan Balita

Cara Menciptakan Lingkungan Yang Aman Untuk Bayi

Cara Menciptakan Lingkungan Yang Aman Untuk Bayi

Adapun Cara Menciptakan Lingkungan Yang Aman Untuk Bayi antara lain sebagai berikut :

1.Memilih Tempat Tidur Yang Nyaman Untuk Bayi.

Tempat tidur bayi dengan bentuk ayunan berbahan rotan tidak aman untuk bayi. Walaupun bayi lebih senang jika tidur dalam ayunan, tapi tempat tidur bayi seperti ini sangat beresiko tanpa pengawasan orangtua secara terus-menerus. Bayi dapat terguling dari ayunan dan membentur lantai ketika bayi menggeliat atau membalikkan badan.

Kasur bayi yang terbuat dari busa silikon jauh lebih aman jika dibanding kasur yang terbuat dari kapas. Kasur kapas dapat memberikan efek debu dan dapat menjadi tempat binatang-binatang kecil seperti ngengat dan kutu dapat berkembang biak. Keaman bayi dapat terganggu jika terdapat binatang-binatang kecil yang dapat menyakitinya.

2.Hindarkan Bayi Tertidur Dengan Botol Susu Masih Menempel Di Mulut Bayi.

Karena hal ini dapat menimbulkan resiko bayi tersedak. Untuk keaman bayi, gunakanlah respirator botol susu bayi, alat ini mencegah susu mengalir ke mulut bayi kecuali jika dihisap.

3. Memilih Pakaian Yang Nyaman Untuk Bayi.

Memilih pakaian yang nyaman untuk bayi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Pakaian bayi yang ada di pasaran memang beraneka warna dan gaya, tapi keamanannya jauh lebih penting untuk dijadikan prioritas utama saat membelinya. Bagian-bagian tertentu pada pakaian bayi seperti kancing baju, benang yang terurai dari pakaian bayi, dan jahitan yang tidak kuat dapat membahayakan bayi.

Bayi senang sekali memasukkan segala sesuatu ke dalam mulutnya, coba bayangkan apa yang akan terjadi jika bayi dapat meraih kancing pakaiannya dan memasukkannya ke dalam mulut? Bayi dapat tersedak dan terhalang saluran pernapasannya. Juga benang yang terurai dari jahitan pakaian bayi. Benang yang terurai dapat menjerat kaki atau tangan dan leher bayi, ini bisa menyebabkan kecelakaan serius.

Baca Juga : Tata Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Dengan Benar

Demikianlah tadi ulasan kita tentang Cara Menciptakan Lingkungan Yang Aman Untuk Bayi. Kerapian orangtua dalam menyimpan perkakas rumah tangga juga memberi kontribusi dalam keamanan rumah, karena secara otomatis tidak ada barang-barang yang berserakan di rumah yang bisa membahayakan bayi. Semoga ulasan tadi bermanfaat, terimakasih.