Cara Mendeteksi Tuberkulosis : Tes Dan Diagnosis

Cara Mendeteksi Tuberkolusis – Penyakit menular merupakan salah satu jenis penyakit yang paling ditakuti selain kanker karena penyebarannya yang sangat cepat baik hanya dengan paparan udara yang terkontaminasi atau kontak kulit dengan penderita. Salah satu penyakit menular yang dimaksud yakni TBC atau tuberkulosis.

Penyakit yang satu ini memang sangat popular dan umum diderita. Perkembangan penyakit dan virus yang menyebabkan penyakit ini membuatnya semakin sulit dan rumit untuk diobati. Bahkan sudah banyak virus TBC yang resistan terhadap vaksin dan obat-obatan tertentu sehingga salah satunya cara yang mungkin paling tepat untuk menangani penyakit ini adalah dengan mencegah perkembangannya dengan menghindari kontak dengan penderita atau mendeteksi penyakit lebih dini sebelum virus berkembang menjadi TB aktif. Dalam hal ini tes dan diagnosis yang tepat sangatlah penting. Berikut Tes Dan Diagnosis Tuberkolusis untuk mengetahui seseorang terinfeksi tuberkolusis.

Baca Juga : Cara Mengobati Infeksi Saluran Pernapasan Akut Pada Anak (ISPA)

Cara Mendeteksi Tuberkolusis Dengan Benar

Cara Mendeteksi Tuberkolusis

Tes Mantoux tuberkulin

Tes Kulit Sederhana
Selama pemeriksaan fisik dokter akan memeriksa kelenjar getah bening untuk mendeteksi adanya pembengkakan dan menggunakan stetoskop untuk memeriksa suara paru-paru saat Anda bernapas. Alat diagnostik yang paling umum digunakan untuk tuberculosis adalah tes kulit sederhana meskipun tes darah lebih umum digunakan. Zat yang disebut PPD tuberculin disuntikkan di bawah kulit lengan bagian dalam. Dalam waktu 48 sampai 72 jam, perawat kesehatan profesional akan memeriksa lengan adanya bengkak di tempat suntikan. Jika pada kulit tampak benjolan merah yang sangat menonjol berarti Anda mungkin terinfeksi TBC. Ukuran benjolan menentukan signifikansi hasil tes.

Hasil tes kulit bisa saja salah. Tes kulit TBC tidak sempurna, Kadang-kadang hasil tes kulit menunjukkan bahwa seseorang mengidap TBC ketika mereka bahkan tidak terinfeksi, dan sebaliknya. Tes positif palsu dapat terjadi jika seseorang divaksinasi baru-baru ini dengan vaksin basil Calmette-Guerin (BCG). Vaksin TBC ini jarang digunakan di Amerika Serikat, tetapi banyak digunakan di negara-negara dengan tingkat infeksiTBC yang tinggi. Hasil negatif palsu dapat terjadi pada populasi tertentu – termasuk anak-anak, orang tua dan orang-orang dengan AIDS yang kadang-kadang resisten terhadap tes kulit TBC. Hasil negatif palsu dapat juga terjadi pada orang yang baru saja terinfeksi TBC namun system kekebalan tubuh belum bereaksi terhadap bakteri.

Tes Darah
Tes darah dapat digunakan untuk mengkonfirmasi atau mendeteksi TBC laten atau aktif. Tes ini menggunakan teknologi canggih untuk mengukur reaksi system kekebalan tubuh terhadap bakteri TBC. Quanti FERON-TBC Gold in-Tube dan T-SpotTBC adalah dua contoh tes darah TBC.

Tes ini dapat selesai dalam satu kali konsultasi. Tes darah mungkin berguna jika Anda berisiko tinggi terinfeksi TBC, tetapi memiliki respon negative terhadap tes kulit atau jika Anda baru saja menerima vaksin BCG.

Tes Pencitraan
Jika Anda sudah melakukan tes kulit positif, dokter kemungkinan akan melanjutkan dengan prosedur sinar-X atau CT scan. Tes ini dapat mendeteksi bintik-bintik putih di paru-paru yang menandakan bahwa system kekebalan tubuh telah dipenuhi bakteri TBC, atau mungkin mengungkapkan perubahan di paru-paru yang disebabkan oleh TBC aktif. CT scan memberikan gambar yang lebih rinci dari pada sinar-X.

Tes Dahak
Jika tes sinar-X Anda menunjukkan tanda-tanda TBC dokter akan mengambil sampel dahak atau lendir yang muncul ketika Anda batuk. Sampel kemudian diuji untuk mendeteksi adanya bakteri TBC. Sampel dahak juga dapat digunakan untuk menguji strain yang resistan terhadap obat TBC. Hal ini membantu dokter memilih obat yang paling tepat yang sesuai dengan tubuh masing-masing orang. Tes ini bisa memakan waktu 4 hingga 8 minggu.

Baca Juga : Efek Buruk Dari Minum Kopi

Demikian penjelasan mengenai Cara Mendeteksi Tuberkolusis yang dapat dilakukan untuk mengetahui seseorang terinfeksi tuberkolusis. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi untuk anda dan terima kasih.