Cara Mengajarkan Anak Menabung

Cara Mengajarkan Anak Menabung – Ada baiknya Anda mengajarkan pada anak untuk hemat dan gemar menabung. Kebiasaan baik ini akan sangat bermanfaat saat ia dewasa kelak. Berhemat bukan berarti pelit. Jelaskan pada anak anda untuk tidak selalu mementingkan keinginan dan ajarkan pada anak untuk membeli segala sesuatu sesuai kebutuhannya. Menabung bertujuan untuk membantu melengkapi kebutuhan ketika sang anak membutukan sesuatu di masa mendatang.

Cara Mengajarkan Anak Menabung Di Rumah

Cara Mengajarkan Anak Menabung

Celengan Anak

Baca Juga : Cara Mendisiplinkan Balita Dengan Kasih Sayang

Untuk mengajarkan anak menabung tidak terlalu sulit. Berikut ini ada beberapa Cara Mengajarkan Anak Menabung antara lain sebagai berikut :

1. Tetapkan Tujuan.

Cara paling mudah mengajarkan balita menabung ialah dengan menetapkan tujuan. Mainan atau benda apa yang anak minta bulan ini? Saat ia merengek, bicaralah dengan anak baik-baik dan tawarkan cara mendapatkannya.

2. Buatkan Celengan Sendiri.

Ajak anak membuat celengannya sendiri. Anda bisa menggunakan gelas kertas dari kafe ataupun restoran cepat saji saat makan siang bersama di akhir pekan, misalnya. Cara ini akan mengajarkan anak tentang daur ulang dan memancing kreativitasnya. Anda boleh membantu dengan cara menyediakan bahan-bahan yang ia perlukan. Misalnya kertas bergambar mata yang diwarnai spidol. Gelas kertas yang lumayan tebal tak akan melukai tangan si kecil saat berkreasi. Anda juga bisa menggunting tokoh favoritnya dan menempelkan ke celengan si anak.

3. Berhemat.

Tunjukkan cara berhemat kepada anak anda. Misalnya jika ia biasa main odong-odong di pagi hari, perlihatkan uang yang Anda gunakan untuk membayar permainan tersebut. Tawarkan apakah ia ingin menggunakannya untuk naik odong- odong atau menabung.

4. Inspirasi.

Jika ingin anak gemar menabung maka Anda pun harus melakukannya. Anda bisa memanfaatkan toples kecil bekas untuk menabung sisa uang belanja. Letakkan celengen Anda berdekatan dengan milik anak. Ajak anak melihat Anda menabung sehingga ia pun ingin meniru. Ingat, usia balita ialah masa mencontek perilaku orang tuanya, jadi manfaatkan saja menjadi kebiasan yang baik. Lontarkan pertanyaan “Ibu sudah nabung nih, adik sudah belum?” Biasanya ini akan mengusik rasa tak mau kalah di benak si kecil.

5. Jangan Memaksa.

Sebaiknya, tetapkan tujuan yang mudah dicapai dalam waktu dua minggu. Tujuannya agar anak berlatih sabar dalam tahapan yang tidak terlalu lama sehingga mencegah munculnya rasa bosan. Jika anak protes dan ngambek tak mau menabung lagi, bicaralah baik-baik. Anda tidak boleh main perintah dan memaksakan kehendak kepada anak. Sebab hal itu dapat menyebabkan anak memberontak atau marah.

Baca Juga : Cara Mendidik Bayi Membaca

Itulah tadi beberapa Cara Mengajarkan Anak Menabung yang mungkin bisa anda aplikasikan dirumah bagi buah hati anda. Jadikan proses menabung sebagai hal yang menyenangkan buat anak sehingga terbawa sampai dewasa sebagai kebiasaan baik. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih.