Tips Dan Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Cara Mengatasi Anak Hiperaktif – Mempunyai seorang anak merupakan anugrah sekaligus tantangan untuk para orang tua. Apalagi jika anak anda termasuk anak yang hiperaktif. Anak hampir tidak bisa berhenti bergerak sama sekali memang perlu pengawasan super ekstra dari para orang tua. Meskipun aktif, para orang tua perlu mengetahui bahwa anak hiperaktif bisa merupakan salah satu gejala anak dengan Atterntion Deficit Hyeperactivity Disorder (ADHD).

Oleh sebab itu, konsultasi ke dokter sangat diperlukan untuk mengetahui apakah anak anda mengalami gejala ADHD atau tidak. Untuk pengawasan di rumah, mungkin para orang tua sering mengalami pusing tujuh keliling menghadapi anak Anda yang sangat aktif ini.

Cara Mengatasi Anak Hiperaktif Yang Susah Di Atur

cara mengatasi anak hiperaktif

Ilustrasi – Pixabay.com

Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa diikuti untuk Cara Mengatasi Anak Hiperaktif :

Anak – anak hiperaktif memang tidak bisa diam dan sulit diatur. Sebagai orang tua sebaiknya jangan banyak melarang apa yang harus dilakukan anak, tapi berilah batasan pada perilaku anak yang dianggap membahayakan. Semakin dilarang, anak semakin penasaran untuk melakukan larangan tersebut. Anak berhak melakukan segala sesuatu. Ajari anak untuk mengetahui apa saja yang aman atau berbahaya bagi mereka.

Biarkan anak untuk tetap berekplorasi tetapi tetap pantau anak dalam segala kegiatannya. Di samping itu, orang tua harus pandai menerjemahkan perilaku hiperaktif dari si anak. Cari tahu informasi tentang hiperaktif sebanyak mungkin. Dengan begitu orang tua bisa mengontrol dan tahu apa yang sebaiknya dilakukan saat bersama dengan anak. Bergabung dengan suatu komunitas hiperaktif bisa membantu anda untuk menambah pengetahuan dan pengalaman berhadapan dengan anak hiperaktif. Saat mengahadapi si hiperaktif, usahakan untuk tetap tenang. Jangan cepat terpancing emosi. Jika orang tua marah kepada di anak, bisa jadi anak juga akan merasakan hal yang sama.

Kemarahan anak menjadi memuncak dan tak terkendali. Berdebat atau bertengkar dengan anak bukanlah solusi yang baik malah tidak akan menemukan jalan keluar. Tetap tenang, ajak anak berbicara dengan baik – baik dan ajak anak melakukan kegiatan bersama – sama untuk mengalihkan kemarahan si anak.  

Kunci menghadapi anak hiperaktif adalah kontrol diri. Pengendalian diri tidak hanya dari orang tua. Tetapi juga dari diri anak itu sendiri. Orang tua juga harus mengajari anak untuk dapat mengontrol dirinya sendiri. Beri si anak kesempatan untuk memilih dan menghadapi berbagai pilihan. Dengan begitu anak juga bisa belajar mana yang baik, aman dan mana yang tidak baik atau beresiko untuk si anak.

Cara Mengatasi anak hiperaktif tidaklah mudah. Orang tua harus tetap bersabar dan anggap ini tantangan untuk membuat anak kita menjadi lebih baik. learns makes better. Jangan takut untuk belajar menghadapi keaktifan anak. Semakin banyak belajar dan pengalaman semakin banyak tahu bagaimana cara menghadapi si anak.