Cara Mengatasi Balita Yang Tersedak

Cara Mengatasi Balita Yang Tersedak – Menyuapi balita mempunyai teknik khusus, karena sistem organ balita berikut fungsinya masih dalam perkembangan sehingga tidak jarang balita tersedak ketika makan atau minum. Pada balita yang mempunyai riwayat lahir prematur akan lebih beresiko untuk mengalami tersedak dikarenakan fungsi organ tubuh yang belum maksimal dibandingkan dengan balita yang riwayat lahir matur atau cukup umur.

Cara Mengatasi Balita Yang Tersedak Secara Benar

Cara Mengatasi Balita Yang Tersedak

Cara Mengatasi Balita Yang Tersedak

Adapun Cara Mengatasi Balita Yang Tersedak adalah sebagai berikut :

1.Hal yang penting diingat oleh bunda adalah jangan panik.

Ketika anak sudah tersedak makanan, cobalah untuk menepuk punggung anak namun jangan terlalu keras. Tujuannya adalah serpihan makanan yang menyedak bisa segera keluar melalui goncangan kecil tepukan. Batuk sendiri sebenarnya merupakan respon tubuh mengeluarkan makanan atau minuman yang masuk ke saluran pernafasan.

2.Jika balita mengalami batuk-batuk ketika tersedak.

Batuk merupakan reaksi tubuh yang bagus karena terdapat beberapa balita yang tersedak namun tidak batuk hanya mengalami kesulitan bernapas secara mendadak dan hal ini cukup berbahaya. Balita harus dalam posisi duduk atau diberdirikan. Jika posisinya tertidur, tidurkan dengan kepala miring ke kiri atau ke kanan supaya jika muntah, muntahannya tidak menyumbat atau masuk ke saluran napas yang akan memperparah kondisi.

3.Apabila batuk sudah mulai reda, pemberian minum dapat dilakukan.

Air minum akan membantu melancarkan proses menelan sehingga serpihan makanan tidak lagi menyumbat rongga kerongkongan yang berhubungan dengan pangkal tenggorokan. Namun pada saat balita tersedak jangan langsung diberi minum karena dikhawatirkan air yang masuk justru akan turut menyedak. Langkah darurat mengatasi balita yang tersedak ini harus dilakukan secara cermat dan sabar.

Baca Juga : Cara Memberi ASI Perah Pada Bayi

Untuk Mencegah Supaya Anak Tidak Tersedak Anda Dapat Melakukan Hal-Hal Berikut:

Berikan makanan dengan tekstur sesuai dengan usia anak.Jika anak masih belum mampu menelan ataupun mengunyah dengan baik, berikan makanan yang lembut. Apabila makanan bertekstur kering seperti kue yang tidak mudah larut dalam air, ketika makan berikan air minum menggunakan sendok untuk melembutkan makanan kering tersebut.

Jangan mengajak anak bersenda gurau ketika makan.Tertawa ataupun bicara berlebih dapat mengakibatkan anak tersedak. Selain itu jangan pernah menyuapi ataupun memberi minum anak ketika menangis kencang karena bisa membuat anak tersedak, kecuali bayi yang masih minum asi ataupun balita dengan susu botol karena aliran air yang keluar dari payudara ibu ataupun botol bayi relatif kecil sehingga tidak membuat tersedak.

Perhatikan juga posisi anak ketika makan atau minum.Sebaiknya dalam kondsi tegak atau kepala lebih tinggi dari tubuh atau jika tidak miringkan kepala anak. Untuk usia di bawah 1 tahun, sendawakan anak setelah makan atau minum sebelum dibaringkan.

Baca Juga : Cara Memberi Makan Pada Bayi Berdasarkan Umur

Demikian beberapa Cara Mengatasi Balita yang Tersedak yang bisa diterapkan atau di praktekkan di rumah. Semoga bisa memberikan informasi dan juga menambah wawasan kita. Semoga bermanfaat, terimakasih.