Cara Mengatasi Diare Pada Anak

Cara Mengatasi Diare Pada Anak – Diare atau mencret pasti bunda sangat familiar dengan kata-kata ini. Penyakit ini tidak hanya menyerang orang dewasa akan tetapi dapat pula menyerang anak-anak. Diare adalah suatu penyakit pada saluran pencernaan ditandai dengan buang air besar atau BAB lebih dari 3x yang bersifat cair. Selain BAB cair kadang disertai sakit perut, mual muntah, lemah lesu, tinja berlendir atau terdapat darah pada tinja dan demam. Diare pada anak dapat menyebabkan berat badan bayi cepat turun dan lemas.

Baca Juga : Cara Mengobati Diare Dengan Cepat

Kebanyakan diare terjadi akibat kuman yang masuk dalam pencernaan misalnya e.coli. Adapun penyebab lain yaitu karena keracunan makanan, makan buah-buahan yang terlalu banyak atau asam dan Kadang-kadang pada anak-anak atau bayi diare bisa disebabkan karena alergi susu formula.

Cara Mengatasi Diare Pada Anak Dengan Cepat

cara mengatasi diare pada anak

Diare pada anak harus cepat diobati agar tidak menimbulkan dehidrasi yang dapat memperburuk kondisi anak. Tanda-tanda anak yang mengalami dehidrasi yaitu:

1. Permukaan bibir kering
2. Kulit teraba kering
3. Tidak keluar air mata saat menangis
4. Buang air kecil sedikit bahkan tidak sama sekali.
5. Mata cekung
6. lemas dan sering tidur

Agar tidak terjadi dehidrasi pada anak anda berikut ada beberapa Cara Mengatasi Diare Pada Anak dirumah:

1. Berikan air minum lebih banyak dari biasanya atau bila anak masih menyusu maka susui lebih sering. Hal ini dilakukan untuk mengganti cairan yang keluar.

2. Jangan berikan makanan yang mengandung gas atau yang dapat mengiritasi lambung misalnya pedas atau asam

3. Berikan segera cairan oralit atau larutan gula garam setiap anak buang air besar. Jika tidak ada oralit bunda dirumah dapat juga memberikan kuah sayur atau air tajin.

4. Bila diare anak anda akibat susu formula maka anda dapat mengencerkan susu atau mengganti merek produk susu formula yang dipakai.

5. Bila dirumah anda mempunyai obat Zinc maka berikan sesuai dosis atau umur dan berat anak anda selama 10 hari berturut-turut. Dengan cara melarutkan zinc dalam sendok yang diberi air.

6. jika diare anak anda tidak berkurang dan semakin parah atau terdapat tanda-tanda dehidrasi segera bawa ke fasilitas kesehatan terdekat. Segera ke rumah sakit bila timbul demam, ada darah dalam tinja, BAB semakin sering, muntah terus menerus, anak terlihat sangat haus ,anak tidak mau makan dan minum.

Sudah taukah anda Cara Pembuatan Larutan Gula Garam Pengganti Oralit Dirumah. Berikut cara-caranya:
a. siapkan gelas berisi air hangat 200cc,2 sendok gula pasir dan 1/2 sendok garam
b. Larutkan gula dan garam kedalam gelas yang berisi air hangat 200cc
c. minum larutan gula garam pada anak setiap setelah BAB

Bunda dirumah larutan gula garam atau oralit ini sangat baik diberikan pada anak diare dibandingkan dengan air biasa. Karena selain mengganti cairan yang keluar oralit atau larutan gula garam ini dapat mengganti elektrolit atau zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga : Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

semoga Cara Mengatasi Diare Pada Anak dapat membantu bunda yang lagi mengalami masalah pada anak yang terkena diare dan cara mengobati diare tersebut dengan cepat di rumah .