Cara Mengatasi Kram Pada Kaki Ibu Hamil

Cara Mengatasi Kram Pada Kaki – Merupakan hal yang umum jika wanita hamil sering mengalami kram pada bagian kaki dan merupakan pengalaman yang sangat tidak mengenakan dan mengganggu. Sebenarnya penyebab dari kram kaki yang sering dijumpai pada wanita hamil belum diketahui secara jelas namun hal yang sangat mungkin dan diperkirakan sebagai penyebab kram kaki karena kondisi wanita hamil yang membawa dan juga menahan beban yang cukup berat seiring dengan bertambah besarnya ukuran dan berat dari bayi yang sedang dikandung. Hal ini merupakan penambahan extra sehingga kejadian kram kaki akan sering dijumpai.

Baca Juga : Cara Mengatasi Keluhan Saat Hamil

Pada umumnya kram kaki mulai dirasa oleh wanita hamil ketika memasuki masa kehamilan trimester kedua. Seorang wanita hamil dapat merasakan kondisi tersebut sepanjang hari dan akan semakin menyakitkan pada saat tidur. Kadang para ibu hamil mengeluh akibat ketidak nyamanan ini.

Cara Mengatasi Kram Pada Kaki Ibu Nifas

Cara Mengatasi Kram Pada Kaki

Nyeri atau Kram Pada Persendian

Berikut Cara Mengatasi kram Kaki Pada Ibu Hamil Sebagai Berikut :

Cara Pertama : Untuk meredakan keluhan kram kaki tersebut anda dapat memijat otot kaki dengan lembut. Selain itu anda dapat mengompres kaki mengunakan air dingin/es batu sehingga otot kaki yang tegang dapat reda. Air hangat dapat dipilih selanjut untuk mengompres jika beberapa tahapan sebelumnya belum mampu mengatasi kram kaki.

Cara Kedua : Setelah keluhan sudah reda anda dapat mulai meluruskan kaki sembari memberikan sedikit pijatan lembut pada kaki. Mungkin anda sering menggunakan balsem saat memijat dan hal tersebut harus sangat diperhatikan saat kehamilan anda harus memastikan jika balsem yang dipakai cocok untuk wanita hamil dengan membaca petunjuk pada kemasan balsem yang akan anda beli. Anda sebaiknya tidak menggunakan balsem atau krim urut bila masih ragu-ragu karena anda harus tahu jika zat-zat kimia mungkin saja terkandung di dalam balsem yang berbahaya bagi wanita hamil.

Keluhan Kram Pada Kaki Ibu Hamil sebenarnya dapat dicegah dan hal ini merupakan yang terbaik agar wanita hamil dapat merasakan rasa nyaman yang lebih baik. Cara-cara pencegahan tersebut seperti:

1. Meregangkan otot kaki dan betis untuk beberapa waktu tiap harinya khususnya saat anda hendak tidur.
2. Tidak baik berdiri dan duduk dengan kaki menyilang dalam jangka waktu yang lama.
3. Untuk memperlancar peredaran darah ketika anda sedang duduk anda dapat memutar pergelangan kaki dan menggoyangkan jari-jari kaki.
4. Olahraga ringan seperti berenang dan berjalan sangat baik untuk wanita hamil untuk melenturkan otot-otot tubuh yang tegang.

Baca Juga : Tips atasi Gatal Di Perut Dan Payudara Untuk Ibu Hamil

Demikianlah ulasan kita kali ini mengenai Cara Mengatasi Kram Pada Kaki  Ibu Hamil. Semoga dapat memberikan informasi dan juga dapat menambah wawasan kita khususnya para ibu hamil. Semoga bermanfaat dan terimakasih.