Cara Mengatasi Masalah Suami Istri Saat Hamil

Cara Mengatasi Masalah Suami Istri Saat Hamil – Ini adalah fakta yang harus anda ketahui terutama apabila anda adalah ibu baru. Hubungan anda dengan suami biasanya memang jauh lebih dahulu dimulai. Akan tetapi, pada saat anda hamil dan sesudah melahirkan, biasanya peran baru anda sebagai ibu menyebabkan hubungan dengan suami sedikit berbeda dibandingkan sebelum anda memiliki anak.

Kebanyakan masalah tersebut disebabkan karena wanita cenderung lebih memilih atau memperhatikan anak mereka dibandingkan dengan suami. Sedangkan bagi pria, kasus tersebut sangat jarang terjadi walaupun mereka memiliki perasaan yang kuat terhadap anak, namun mereka juga sering kali gagal memahami perubahan emosional yang dialami oleh istri. Hal tersebut kemudian menyebabkan beberapa masalah dalam hubungan rumah tangga.

Sekitar 20% dari ibu hamil akan mengalami gejolak dalam hubungan rumah tangga mereka. Itulah sebabnya sangat penting bagi setiap pasangan untuk bisa saling memahami dan saling memenuhi kebutuhan satu sama lainnya. Tidak hanya wanita, suami juga harus memiliki pengetahuan seputar kehamilan dan parenting. Dengan begitu, mereka akan lebih mudah memahami apa yang terjadi pada istri.

Baca Juga : Kiat Penting Dalam Menyususi Sang Bayi

Selama kehamilan, tubuh akan terus tumbuh dan rahim akan membesar secara konstan menciptakan lingkungan baru yang sempurna untuk bayi dan hal tersebut akan terlihat secara fisik dan gejalanya juga bisa muncul secara emosional.

Cara Mengatasi Masalah Suami Istri Saat Hamil Dan Menyusui

Cara Mengatasi Masalah Suami Istri Saat Hamil

Pasangan Suami Istri

Untuk bisa memiliki hubungan yang baik dengan suami anda harus sedikit berhati-hati sebelum menunjukkan ekspresi wajah yang tidak menarik agar Hubungan Suami Istri tetap bisa berjalan lancar. Berikut adalah beberapa masalah yang terkadang muncul selama kehamilan dan perlu anda antisipasi.

1. Tidak Saling Memahami Antara Pasangan
Kurangnya dukungan dan pemahaman dari suami dapat menyebabkan istri menjadi depresi, cemas dan bahkan kehilangan kebahagiaan. Seorang suami perlu lebih banyak bersabar, harus membekali diri dengan pengetahuan seputar kehamilan dan harus berkorban lebih banyak karena kondisi serta situasi yang dialami istri sangat berat.

2. Kurang Komunikasi
Kurang komunikasi adalah biang masalah. Apabila anda sebagai istri tidak terbuka terhadap suami mengenai segala perubahan yang terjadi pada diri anda, kemungkinan suami tidak bisa mengerti karena banyak diantara suami-suami saat ini yang tidak memiliki pengetahuan mengenai kehamilan. Oleh sebab itu, berkomunikasilah satu sama lain untuk menghindari pertengkaran jika terjadi sesuatu pada diri anda karena perubahan hormon yang sangat ekstrim.

3.Emosi Yang Berlebihan
Gangguan emosi sangat rentan menyebabkan rumah tangga berantakan. Tuntutan secara emosi dan fisik pada ibu hamil menyebabkan mereka sulit untuk dipahami bahkan oleh suami sendiri. Dalam hal ini, baik istri maupun suami harus pandai-pandai mengelola emosi dan bersabar.

4. Perubahan Fisik
Perubahan fisik yang terjadi pada wanita hamil terkadang membuat mereka tidak percaya diri. Dan, sebaliknya, ada juga suami yang merasa risih saat bergaul dengan istri yang sedang hamil. Perubahan fisik tersebut memang tidak bisa dikendalikan atau diatasi namun harus diterima. Dan jangan lupa berkonsultasi dengan dokter agar anda tahu apa yang harus dan tidak harus dilakukan selama kehamilan.

5. Kurang Informasi Atau Pengetahuan
Kesalahpahaman juga bisa menjadi penyebab masalah hubungan suami istri selama kehamilan. Masalah ini sebaiknya didiskusikan dan diselesaikan secara internal dan lebih baik lagi apabila anda sebagai istri maupun suami memperbanyak pengetahuan seputar kehamilan dan gejala-gejalanya karena kesalahpahaman mengenai hal tersebut adalah yang paling sering terjadi.

6. Stres Yang Berlebihan
Selama kehamilan, wanita tidak diperbolehkan berdebat, menumpahkan emosi secara berlebihan karena dapat menyebabkan mereka stres atau tertekan. Kondisi tersebut dapat menyebabkan kehamilan berada dalam resiko. Sebagai ibu hamil, anda wajib mengetahui hal tersebut. Dan, sebagai suami mereka harus juga mengetahui dampaknya.

7. Kurang Perhatian
Khusus untuk suami, dukungan yang mereka berikan sangat dibutuhkan selama kehamilan. Bahkan perhatian yang lebih besar dibandingkan biasanya akan membuat wanita merasa lebih nyaman. Selain itu, anda juga harus pandai-pandai menghibur istri dan menjauhkan mereka dari stres, cemas dan rasa takut. Adalah peran anda yang harus dijalani. Selain itu, anda juga diharuskan lebih banyak membantu istri melakukan pekerjaan rumah tangga karena istri pada saat hamil akan sulit untuk bergerak lebih lambat saat bekerja, dan terkadang menjadi pelupa.

Baca Juga : Cara Menciptakan Lingkungan Yang Aman Untuk Bayi

Hubungan suami dan istri sangat berperan penting dalam kehamilan terutama untuk psikologis sang ibu. Ibu hamil yang stres akan berpengaruh buruk terhadap perkembangan janin bahkan dapat membahayakan janin.

Demikian sekilas informasi mengenai Cara Mengatasi Masalah Suami Istri Saat Hamil. Semoga dapat menambah pengrtahuan anda. Sekian dan terima kasih.