Cara Mengatasi Nyeri dan Insomnia Selama Kehamilan

Cara Mengatasi Nyeri dan Insomnia – Masa kehamilan memang waktu yang ditunggu oleh para ibu terutama para ibu muda. Masa menjadi ibu tentunya memberi rasa bahagia yang tak tergambarkan. Namun rasa bahagia Anda bisa terganggu oleh ketidak nyamanan selama kehamilan yang mungkin ditimbulkan oleh perubahan tubuh. Di antara ketidaknya manan tersebut adalah rasa nyeri dan insomnia. Apakah nyeri dan insomnia tersebut berbahaya dan berpengaruh terhadap janin? Para ibu tidak perlu khawatir. Ketidak nyamanan serupa sangatlah normal. Apa penyebab Nyeri Dan Insomnia selama kehamian? Lalu bagaimana cara tepat menanganinya?

Baca Juga : Pengaruh Perubahan Hormon Pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Nyeri Dan Insomnia Selama Hamil Muda

Cara Mengatasi Nyeri Dan Insomnia

Nyeri Dan Insomnia Saat Hamil

Nyeri

Nyeri adalah hal yang umum selama trimester ketiga kehamilan. Tubuh mendapat tekanan yang lebih besar baik karena beban tambahan atau pun efek hormon kehamilan. Nyeri punggung, nyeri pinggul, nyeri di sekitar pantat, nyeri pinggul dan paha, dan nyeri vagina merupakan masalah-masalah umum yang dialami perempuan pada bulan-bulan akhir kehamilan.
Nyeri punggung bagian bawah dan pangkal paha. Rahim besar dan berat mengubah cara berjalan pada wanita. Perubahan pusat gravitasi menimbulkan tekanan pada punggung bagian bawah dan pinggul menyebabkan rasa sakit dan nyeri yang mungkin lebih parah pada salah satu sisi tubuh dibanding sisi lainnya. Hormon kehamilan melonggarkan sendi panggul untuk meringankan nyeri punggung dan pinggul serta mempermudah persalinan. Cara terbaik untuk membuat pinggul terasa lebih nyaman dan meringankan nyeri punggung adalah dengan berolahraga. Olahraga dapat membentuk punggung dan perut lebih baik sehingga bisa membantu mengurangi rasa nyeri. Selain berolahraga kompres dan mandi air hangat juga dapat membantu meringankan rasa nyeri.

Linu Panggul (Skiatik)

Skiatika (nyeri di bawah bokong, pinggul, dan paha) disebabkan oleh tekanan pada saraf skiatik. Saraf skiatik menyebar mulai dari punggung bawah, kaki, dan di kedua sisi. Pada masa kehamilan kemungkinan penyebab adalah rahim yang membesar dan menekan saraf menyebabkan Anda merasa kesemutan dan mati rasa hingga nyeri. Kehamilan bukanlah satu-satunya penyebab linu panggul. Jadi, temui dokter kandungan Anda jika Anda mengalami linu panggul untuk pemeriksaan lebih lanjut. Cara meringankan nyeri skiatik yakni dengan menerapkan kompres panas, mandi air hangat, dan tidur pada sisi berlawanan dengan rasa nyeri. Pada minggu-minggu mendekati persalinan, perubahan posisi bayi dan rahim kurang mungkin untuk kompres saraf.

Nyeri Vagina
Jika leher rahim Anda mulai membesar (beberapa jam, hari, atau minggu sebelum melahirkan). Anda mungkin mengalami rasa sakit yang tajam di vagina. Nyeri di vagina saja bukanlah hal serius dan umumnya tidak memerlukan pengobatan khusus, namun jika rasa nyeri baik di dalamvagina atau perut bagian bawah semakin memburuk segera hubungi dokter.

Susah Tidur (Insomnia) Pada trimester pertama para ibu seringkali menderita insomnia. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh pikiran-pikiran tertentu terkait masa persalinan dan kelahiran bayi. Atau bisa juga diakibatkan oleh posisi tidur yang tidak nyaman karena perut yang begitu besar. Gerakan janin dan kram otot juga dapat mengganggu kualitas tidur. Hal ini sangatlah normal.

Untuk Membantu Beristirahat Lebih Nyaman Pada Malam Hari Cobalah Tips Berikut :

• Tidur dengan posisi menyamping, bukan menelentang dan tekuk lutut Anda. Tempatkan bantal di bawah perut dan di antara kaki Anda untuk menyeimbangkan berat perut.
• Minum secangkir susu hangat atau mandi air hangat sebelum tidur.
• Praktek latihan relaksasi sebelum tidur
• Olahraga secukupnya, tapi tidak tepat sebelum tidur.
• Makan perlahan saat makan malam.
• Lakukan beberapa rutinitas sebelum tidur.
• Kosongkan pikiranAnda jika ada membuat Anda merasa khawatir, ambil secarik kertas dan tuliskan hal-hal yang membuat Anda khawatir.
• Fokus pada pernapasanAnda.
• Batasi cairan sebelum tidur jika tidur Anda terganggu oleh buang air kecil yang terlalu sering.
• Hindari kafein.
• Jangan minum obat apa pun kecuali secara khusus disetujui oleh dokter kandungan Anda.
• Jangan fokus pada waktu (pindahkan jam ketempat yang tidak bisa Anda lihat)
• Jangan khawatir insomnia tidak akan menyakiti bayi Anda

Baca Juga : Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Demikian Cara Mengatasi Nyeri Dan Insomnia Selama Kehamilan yang dapat anda praktekkan dirumah. Semoga cara-cara diatas dapat bermanfaat dan membantu mengurangi masalah nyeri dan insomnia yang ibu hamil alami. Sekian dan terima kasih.