Cara Mengatasi Nyeri Pada Payudara Selama Kehamilan

Cara Mengatasi Nyeri Pada Payudara – Pada masa kehamilan wanita merasakan berbagai ketidak nyamanan dan perubahan pada tubuh. Ketidak nyamanan yang mungkin dirasakan misalnya nyeri pada pinggul, punggung, pangkal paha, dan nyeri pada payudara. Nyeri yang dirasakan merupakan akibat dari perubahan tubuh salah satunya yakni payudara. Mengapa demikian?

Perubahan hormon selama kehamilan menyebabkan peningkatan aliran darah dan perubahan dalam jaringan payudara yang dapat membuat payudara terasa bengkak, nyeri, geli, dan sangat sensitif terhadap sentuhan. Beberapa wanita menggambarkan sensasinya seperti nyeri yang dirasakan sebelum periode menstruasi.
Nyeri payudara merupakan salah satu tanda awal kehamilan. Hal ini biasanya dimulai sekitar4 sampai 6 minggu dan berlangsung selama trimester pertama.

Baca Juga : Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Cara Mengatasi Nyeri Pada Payudara Saat Pertama  Menyusui

Cara Mengatasi Nyeri Pada Payudara

Perubahan Fisik Ibu Hamil

Apa Perubahan pada payudara dan bagaimana cara mengatasi nyeri pada payudara ?

Mulai sekitar 6 sampai 8 minggu Anda mungkin akan mulai menyadari perubahan ukuran payudara yang tentunya semakin besar. Ukuran payudara ini akan terus tumbuh selama kehamilan. Payudara biasanya akan lebih besar jika Anda sedang hamil bayi pertama. Payudara mungkin juga akan terasa gatal karena kulit yang meregang dan biasanya juga disertai stretch mark.

Anda mungkin tidak menyadari benjolan kecil di areola sebelumnya. Tapi sekarang benjolan tersebut yang merupakan jenis kelenjar penghasil minyak yang disebut tuberkel Montgomery mungkin menjadi jauh lebih jelas. Perubahan pada payudara ini merupakan penyesuain tubuh sebelum masa menyusui.

Sekitar bulan ketiga kehamilan payudara mulai memproduksi kolostrum, susu khusus yang akan didapatkan bayi ketika ia pertama kali mulai menyusui. Selama beberapa bulan terakhir kehamilan sejumlah kecil dari zat berwarna kekuningan tebal ini (kolostrum) akan keluar dari payudara meskipun pada beberapa wanita kolostrum bocor lebih awal dan beberapa lainnya tidak pernah bocor sama sekali.

Apa Yang Bisa Dilakukan Untuk Mengurangi Rasa Nyeri Pada Payudara?

Cara terbaik dan paling tepat untuk meringankan rasa nyeri pada payudara adalah dengan menggunakan bra yang dapat mendukung payudara dan melakukan Perawatan Payudara. Luangkan waktu Anda untuk mendapatkan bra pendukung selama kehamilan dan minta bantuan tenaga penjualan sekaligus untuk memasangkannya. Anda bisa mendapatkan bra pendukung ini department store atau toko bersalin besar. Anda mungkin akan merasa bahwa bra yang dengan underwires kurang nyaman untuk dipakai selama kehamilan. Untuk mencegah radang cari bra berbahan lembut tanpa jahitan di dekat puting. Bra katun akan lebihn yaman dan melegakan dari pada bra berbahan sintetis. Untuk dukungan ekstra di siang hari cobalah bra bersalin. (Selama trimester ketiga Anda, Anda juga bisa mulai membeli bra menyusui). Untuk malam hari cobalah tidur dengan bra kehamilan yang terbuat dari bahan lembut tidak terasa sesak dan umumnya tersedia di toko bersalin.

Hal penting lainnya yakni pastikan Anda memakai bra pendukung yang sesuai dan dengan ukuran yang benar ketika Anda berolahraga, karena payudara Anda lebih berat. Sebuah bra yang dirancang untuk olahraga akan memberikan dukungan tambahan yang Anda butuhkan dan meminimalkan ketidak nyamanan. Pertimbangkan untuk membeli bra yang sedikit lebih longgar karena ukuran payudara Anda akan semakin bertambah, ukuran payudara Anda bisa naik hingga dua ukuran atau (baik dalam ukuran cup dan lingkar dada) juga dipicu oleh perut yang semakin mengembang. Memilih bra yang pas bila gespernya dipasang pada pengaturan ketat sehingga akan terasa lebih longgar jika gespernya digeser. Jika Anda juga ingin membeli bra khusus untuk menyusui sekaligus tentunya akan lebih baik.

Perawatan payudara dapat anda lakukan sebelum mandi dengan menggunakan baby oil maupun minyak zaitun dan kapas. Bersihkan area puting hingga bersih dan pijat perlahan payudara secara lembut dengan gerakan melingkari payudara dan dari daerah pangkal payudara ke arah puting.

Baca Juga : Cara Mengenal Jenis Hipotensi (Tekanan Darah Rendah)

Demikian penjelasan mengenai Cara Mengatasi Nyeri Pada Payudara Selama Kehamilan. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat terutama bagi ibu hamil anak pertama. perubahan payudara dan nyeri pada payudara selama kehamilan merupakan hal yang normal. karena pengaruh hormonal sehingga tidak perlu minum obat pereda sakit. Cukup mengganti bra anda senyaman mungkin. Sekian Dan Terima Kasih.