Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi – Apakah buah hati bunda pernah tiba-tiba rewel atau menangis teru menerus tanpa diketahui sebabnya. Tidak ada demam atau sakit yang lain tiba-tiba bayi bunda menangis atau rewel. Nah, kalau bunda mengalaminya tidak ada salahnya coba bunda periksa bagian perut bayi anda. Apakah perut bayi bunda terlihat membesar di banding biasanya atau buncit, dan bila diketuk suaranya nyaring seperti berisi udara.

Baca Juga : Tips Menurunkan Demam Pada Anak

Perut Kembung sering dialami pada bayi. Perut kembung terjadi akibat banyaknya gas yang terdapat pada saluran pencernaan bayi. Pada bayi baru lahir sampai umur 4 bulan biasanya lebih sering mengalami kembung dikarenakan saluran pencernaan bayi belum berfungsi secara optimal. Bisa juga disebabkan cara menyusui yang salah atau pemberian dot yang sudah habis tetapi masih diminum oleh bayi.selain itu dapat juga disebabkan karena alergi susu formula atau pemberian MP –ASI (makanan pendamping ASI) dalam keadaan dingin.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Secara Alami

cara mengatasi perut kembung pada bayi

Perut Kembung Pada Bayi

Di dalam saluran cerna secara normal memang terdapat gas namun jika gas tersebut berlebihan dapat mengakibatkan kembung yang membuat bayi tidak nyaman. Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi yang mengalami peurt kembung biasanya akan menarik kaki kearah perut sambil menangis dan perut yang kencang. Bila bayi mengalami hal ini anda tidak perlu panik anda dapat mencoba hal-hal berikut ini :

1. Berikan ASI Lebih Sering
Bila Bayi anda masih Berumur dibawah 6 bulan tidak dianjurkan untuk di beri makanan selain ASI. ASI lebih mudah diserap oleh tubuh dan suhunya pas untuk lambung bayi. Dibandingkan susu formula kadang lebih lambat diserap oleh saluran cerna bayi. Pemberian ASI lebih sering dapat mencegah lambung bayi kosong sehingga terhindar penumpukan gas.

2. Menepuk Perlahan Punggung Bayi
Cara Mengatasi Perut kembung Pada Bayi Selanjutnya dapat anda lakukan setelah anda menyusui atau member susu formula pada bayi anda. Lakukan dengan menggendong bayi dan tempelkan ke dada anda kemudian tepuk perlahan –lahan selama beberapa menit. Saat bayi anda bersendawa tandanya gas yang ada di saluran pencernaan keluar dan kembung pun berkurang.

3. Menggosok Daerah Perut Bayi Dengan Lembut
Gosoklah perut bayi anda dengan perlahan dengan menggunakan minyak telon atau minyak kayu putih. Hal ini akan memberikan rasa nyaman dan rasa hangat memungkinkan bayi anda dapat buang angin.

4. Berikan Bayi Anda Air Hangat
Pada saat anda memandikan bayi berika air yang lebih hangat sehingga dapat mengurangi kembung bayi anda. Atau kompres kering perut bayi anda dan berikan air minum hangat untuk bayi anda.

5. Perhatikan Pemberian Susu Formula
Bayi Umur di bawah 6 bulan sangat rentan mengalami kembung terutama bayi yang diberi susu formula. Hal ini disebabkan karena susu formula tidak semua bayi bisa menerima atau menyerap kandungan yang terdapat disusu formula yang dapat mengakibatkan kembung pada bayi. Selain itu cara penyajian susu formula juga harus dilakukan dengan baik dan benar.

6. Melatih Dan Membiarkan Bayi Anda Bergerak Dengan Aktif
Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Selanjunya yaitu Latih bayi anda menggerakkan kaki keatas kebawah seperti mengayuh sepeda. Biarkan bayi anda berguling-guling dan bergerak aktif. Kegiatan ini bisa mengurangi kembung bayi karena dengan bergerak aktif memudahkan saluran cerna mengeluarkan gas misalnya melalui buang angin tau bersendawa.

7. Konsultasikan Dengan Dokter
Bila kembung pada bayi anda tidak kunjung sembuh bahkan sampai menyebabkan bayi anda mual muntah anda perlu membawanya ke dokter agar mendapatkan pengobatan. Selain itu anda juga dapat berkonsultasi tentang kesehatan bayi anda.

Baca Juga : Manfaat ASI Untuk Bayi Prematur

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Di atas sangat simple untuk dilakukan. Yang perlu digaris bawahi yaitu pada bayi usia dibawah 6 bulan hanya perlu makanan ASI. Selain baik untuk bayi ASI juga tidak menyebabkan perut kembung. Selamat mencoba dirumah bunda.