Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah – Tekanan darah rendah umumnya ditandai oleh pusing dan pingsan. Penderita tekanan darah rendah biasanya seringkali merasa pusing ketika beralih dari posisi duduk ke berdiri atau ketika berdiri setelah bangun tidur di pagi hari. Bagaimana cara mensiasatinya?

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda coba tips untuk mengatasi tekanan darah rendah berikut. Ikuti beberapa cara berikut dan sesuaikan dengan usia, kondisi kesehatan, dan jenis tekanan darah rendah yang diderita.

Baca Juga : Cara Efektif Mencegah Hipotermia

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah Dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Cek Tekanan Darah

• Mengonsumsi Lebih Banyak Garam
Para ahli biasanya menyarankan untuk membatasi asupan garam dalam diet karena natrium dapat meningkatkan Tekanan Darah terkadang peningkatannya bisa cukup signifikan. Bagi orang-orang dengan tekanan darah rendah mengonsumsi garam lebih banyak dapat membantu. Namun karena kelebihan natrium dapat menyebabkan gagal jantung terutama pada orang dewasa yang lebih tua jangan lupa untuk memeriksakannya ke dokter sebelum meningkatkan asupan garam dalam diet Anda.

• Minum Lebih Banyak Air
Meskipun konsumsi air putih yang cukup umumnya baik bagi semua orang hal ini akan lebih bermanfaat bagi mereka yang menderita tekanan darah rendah. Cairan meningkatkan volume darah dan membantu mencegah dehidrasi, di mana keduanya penting untuk mengobati hipotensi.

• Mengenakan Stoking Kompresi
Stoking elastis yang sama yang biasa digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan varises dapat membantu mengurangi pengumpulan darah di kaki.

• Obat
Beberapa obat-obatan baik digunakan sendiri atau dikombinasikan dapat digunakan untuk mengobati tekanan darah rendah yang terjadi ketika Andaberdiri (hipotensiortostatik). Sebagai contoh obat fludrocortisone digunakan untuk mengobati tekanan darah rendah ini. Obat ini membantu meningkatkan volume darah, yang kemudian juga meningkatkan tekanan darah. Dokter sering menggunakan obat midodrine (Orvaten) untuk menaikkan tekanan darah pada orang dengan hipotensi ortostatik kronis. Obat ini bekerja dengan membatasi kemampuan pembuluh darah untuk mengembang, yang meningkatkan tekanan darah.

Cara untuk Mencegah Terjadinya Tekanan Darah Rendah

Cara mencegah terjadinya tekanan darah rendah tergantung penyebabnya Anda mungkin dapat mengambil langkah-langkah tertentu untuk membantu mengurangi atau bahkan mencegah gejala tekanan darah rendah. Beberapa saran meliputi:

• Minum Lebih Banyak Air, Batasi Alkohol. Alkohol bersifat medehidrasi dan dapat menurunkan tekanan darah, bahkan jika Anda hanya minum secukupnya. Air di sisi lain dapat mencegah dehidrasi dan meningkatkan volume darah. Minumlah air putih minimal 8 gelas perhari.

• Ikuti Pola Makan Yang Sehat. Penuhi semua nutrisi tubuh dengan berfokus pada berbagai makanan termasuk biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan ayam tanpa lemak dan ikan. Jika dokter Anda menyarankan untuk mengonsumsi lebih banyak garam tapi Anda tidak menyukainya cobagunakan kecap alami atau tambahkan campuran sup kering untuk dips dan dressing.

• Ketika Berganti Posisi Tubuh Lakukan Dengan Perlahan-Lahan. Anda dapat mengurangi pusing dan sakit kepala yang terjadi karena tekanan darah rendah saat berdiri dengan merubah posisi tubuh secara perlahan. Sebelum bangun tidur di pagi hari tarik napas dalam-dalam selama beberapa menit dan kemudian duduk beberapa saat sebelum berdiri. Tidur dengan posisi kepala sedikit lebih tinggi juga dapat membantu melawan efek gravitasi. Jika gejala tekanan darah rendah muncul seketika saat berdiri silangkan kaki Anda atau tempatkan satu kaki di langkan atau kursi dan bersandar kedepan sejauh mungkin. Manuver ini mendorong darah mengalir dari kaki ke jantung.

• Makan Dalam Porsi Yang Lebih Kecil Dan Dengan Makanan Rendah Karbohidrat. Untuk membantu mencegah tekanan darah rendah setelah makan makan dalam porsi yang lebih kecil beberapa kali sehari dan batasi makanan berkarbohidrat tinggi seperti kentang, nasi, pasta dan roti. Dokter juga bisa merekomendasikan kopi berkafein atau teh dengan makanan kecil untuk meningkatkan tekanan darah sementara. Tetapi karena kafein dapat menyebabkan masalah lain konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum minum minuman berkafein.

Baca Juga : Cara Pengobatan Wasir Secara Medis

Dari penjelasan diatas banyak hal yang perlu anda ketahui bahwa Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah dapat anda lakukan secara mandiri di rumah. Dimulai dari pola hidup yang sehat dan selalu memperhatikan kesehatan tubuh agar terhindar tekanan darah rendah. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi anda terutama penderita tekanan darah rendah. Terima kasih.