Cara Mengobati Infeksi Saluran Pernafasan Akut Pada Anak (Ispa)

Cara Mengobati Infeksi Saluran Pernafasan – Akhir-akhir ini indonesia sedang mengalami banyak kebakaran hutan akibat kemarau atau akibat oknum yang tidak bertanggung jawab. Kebakaran hutan yang terjadi mengakibatkan kabut asap tebal yang mengganggu aktivitas manusia karena jarak pandang yang semakin buruk dan mengganggu kesehatan. Kabut asap sangat berbahaya bagi kesehatan terutama pada saluran pernapasan. Hal ini terbukti banyaknya warga yang menjadi terkena infeksi saluran pernafasan akut atau yang sering disebut ISPA.

Di media baik televisi ataupun media sosial banyak menyampaikan berita ISPA yang terjadi karena kabut asap mengakibatkan seorang bayi meninggal dunia. Selain faktor dari asap penyebab lain dari ISPA adalah akibat adanya infeksi akibat bakteri atau virus.
Bahaya ISPA sangat mudah terjangkit pada anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa dikarenakan daya tahan tubuh pada anak masih lemah sehingga lebih mudah tertular atau terserang penyakit ISPA.

Cara Mengobati Infeksi Saluran Pernafasan Pada Anak

cara mengobati infeksi saluran pernafasan

Infeksi Saluran Pernafasan

Bunda dirumah tanda dan gelaja dari ISPA yaitu demam disertai batuk dan pilek, bisanya disertai susah bernafas atau sesak nafas, sakit tenggorokkan, tidak mau makan dan rewel. Sekarang kita bahas cara mengobati Infeksi Saluran Pernafasan Pada Anak yang dapat dilakukan di rumah:

1. Berikan Kompres Hangat Bila Anak Anda Mengalami Demam
Kompres hangat efektif untuk menurunkan demam. Kompres pada area dahi dan lipatan-lipatan misalnya pada ketiak.

Baca Juga : Tips Menurunkan Demam Pada Anak

2. Berikan Asupan Cairan Yang Adekuat
Jika ISPA terjadi pada anak bayi maka berikan ASI lebih sering. Berikan minum air hangat terutama bila batuk berdahak. Hal ini membantu mengencerkan dahak yang ada pada saluran pernafasan.

3. Jauhkan Anak Anda Dari Orang Yang Sedang Sakit
Hal ini dilakukan karena mengurangi terjadinya penularan penyakit karena virus dan bakteri sangat mudah penularannya terutama pada anak-anak.

4. Jagalah Kebersihan
Ajarkan pada anak cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan sesuatu. Buka jendela rumah anda supaya udara di dalam rumah dapat berganti. Apabila di musim kabut asap seperti sekarang ini kurangi aktivitas anak di luar rumah. Jauhkan anak anda dari asap rokok.

5. Berikan Makanan Yang Sehat Dan Bergizi
Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C. sayuran dan buah-buahan sangat baik untuk membantu proses penyembuhan anak anda.

6. Pantau Kondisi Anak
Bila anak anda tiba-tiba mengeluh susah bernafas atau terlihat lemas sebaiknya segera berobat. Hal ini bisa disebabkan karena banyaknya lendir dalam saluran pernafasan anak tidak bisa keluar. Lemas pada anak bisa disebabkan karena kurang cairan dan oksigen pada anak.

7. Berikan Obat Tradisional
Buatlah perasan air jeruk nipis dan kecap manis. Berikan 3 kali sehari setelah anak anda makan.

8. Periksakan Bayi Anda Di Puskesmas Atau Rumah Sakit Terdekat
Bila Infeksi Saluran Pernafasan tidak kunjung sembuh lebih dari dua hari atau terdapat gejala yang parah misalnya anak kejang atau sesak nafas bawalah ke puskesmas atau rumah sakit agar mendapatkan pertolongan.

Baca Juga : Cara Memberi Makan Pada Bayi Berdasarkan Umur

Cara diatas sangat mudah dalam Cara Mengobati Infeksi Saluran Pernafasan dirumah. Adapun ISPA dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan medis apabila daya tahan anak kuat. Tapi ada pula yang menjadi penyakit yang lebih serius misalnya pneumonia. Banyak kasus para orang tua yang menggap batuk pilek biasa saja sehingga di biarkan berlarut-larut dan menjadi parah.

Waspada Pneumonia pada anak !!!
– Batuk Berdahak Atau Kering
– Nafas Cepat
– Terlihat tarikan dinding dada pada anak saat bernafas
– Terdengar suara lendir di saluran pernafasan
– Anak terlihat lemas
– Anak sulit minum atau tidak mau minum

Semoga Cara Mengobati Infeksi Saluran Pernafasan di atas dapat membantu bunda dalam menghadapi anak yang terkena infeksi saluran pernafasan dan bila infeksi saluran pernafasan sudah terlihat parah segera bawa ke puskesmas atau ke rumah sakit terdekat.