Cara Menyimpan ASi Perah Yang Benar

Cara Menyimpan ASI Perah – Ibu yang menyusui memiliki banyak perbedaan ada yang ASI nya berlimpah ada juga yang hanya sedikit. Hal ini dipengarui oleh hormon dan makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu. Beberapa ibu akan memilih menyimpan ASI nya ketika ASInya berlebihan atau berlimpah. Ada pula ibu yang memiliki profesi bekerja di luar rumah memilih untuk memerah menyimpan Asinya untuk sang buah hati.

Baca Juga : Teknik Dan Cara Memerah ASI Dengan Tangan Yang Benar

Setiap makanan akan mengalami yang namanya basi dan tidak dapat digunakan lagi. Oleh karena itu banyak cara agar suatu makan tidak cepat basi atau basi. Salah satu alat untuk menyimpan makanan menjadi tahan lama adalah lemari pendingin Begitu pula dengan ASI Perah (ASIP). ASIP mempunyai jangka waktu yang dapat mengakibtkan ASI menjadi basi dan tidak bisa dikonsumsi lagi. Maka dari itu simak ulasan mengenai Cara Menyimpan Asi Perah dengan benar.

Cara Menyimpan ASI Perah Agar Awet Dan Tahan Lama

cara menyimpan asi

Cara Menyimpan ASI Perah

ASI memiliki banyak kandungan zat gizi di dalamnya. Saat kita membiarkan beberapa jam ASI dalam sebuah botol maka, ASI akan berubah menjadi 2 yaitu bagian yang berwarna agak jernih yang banyak mengandung protein biasanya dibagian bawah. Yang kedua yaitu berwarna kuning pekat biasanya akan mengendap pada bagian atas yang banyak mengandung lemak.

Sebelum kita pelajari tentang Cara Menyimpan ASI yang benar ada hal-hal yang perlu diketahui oleh bunda yaitu:

-Menyusui secara eksklusif lebih baik dari pada memberikan ASI melalui botol atau dot.
-ASI yang baru di perah lebih baik dari pada ASI yang sudah di bekukan
-ASI Perah yang sudah dicairkan sebaiknya cepat dihabiskan dan tidak dianjurkan untuk di bekukan lagi.
-jangan memberikan ASI Perah terlalu panas atau terlalu dingin kepada bayi.

ASI perah dapat digunakan dalam jangka panjang atau lama apabila cara penyimpanannya benar. Biasanya ASI perah yang dibekukan dapat digunakan lebih dari 6 bulan. Nah berikut Cara Menyimpan ASI Perah Yang Benar:

1. Sebelum anda menyimpan ASI Perah Pastikan ASI dalam kondisi baik serta menggunakan tempat yang bersih. Hal ini untuk mencegah terjadinya kontaminasi antara media atau tempat penyimpanan dengan ASI.

2. Apabila ASI Perah disimpan pada suhu kamar ASI Perah hanya tahan sekitar 3-4jam saja. Lebih dari itu ASI Perah tidak layak untuk dikonsumsi lagi. Jika ASI Perah di simpan di ruangan yang sejuk seperti diruangan yang ber AC ASI Perah dapat bertahan 6-8 jam.

3. Apabila ASI Perah diperkirakan akan digunakan dalam waktu kurang dari 24 jam maka anda dapat menyimpannya di termos es yang diberi es batu yang suhunya 15 derajat celsius. ASI Perah juga dapat disimpan dilemari pendingin bagian bawah (tempat penyimpanan sayur) yang suhunya 4 derajat celsius ASI Perah akan bertahan lebih dari 2 hari sekitar 48-72 jam.

4. Sebelum menyimpan ASI Perah jangan lupa memberi label nama, hari dan tanggal , jam sesuai waktu memerah ASI Perah. Hal ini untuk memudahkan penggunaan ASI Perah secara urut dari tanggal yang paling lama ke yang ASI Perah terbaru.

5. Menyimpan ASI Perah di lemari pembeku atau freezer dengan suhu -18 derajat celsius sampai dengan -20 derajat celsius. Sebaiknya menggunakan lemari khusus Freezer atau kulkas keluarga yang 2 pintu. Hal ini mempengaruhi tingkat pembekuan dan kwalitas ASI Perah. Freezer yang terlalu sering dibuka menyebabkan kwalitas ASIP kurang baik. Penggunaan botol kaca lebih efektif dibanding dengan botol plastik ataupun plastik ASIP. Lebih baik jika mengukur tiap botol sekali minum misalnya 150cc – 200 cc atau 60cc-100cc . Disarankan agar tidak terlalu penuh dalam mengisi botol dengan ASIP. ASIP yang disimpan dengan suhu -18 derajat celsius aman digunakan untuk 3 bulan.

6. Yang perlu diperhatikan sebelum ASIP di masukkan di lemari pembeku ASIP harus didingankan terlebih dahulu setelah diperah kemudian tutup rapat untuk mencegah terkontaminasi dengan bakteri. Sebaiknya jangan bekukan lagi ASIP yang sudah dicairkan atau dihangatkan karena akan merusak komponen ASI.

Baca Juga : Teknik Dan Cara Menyusui Bayi Yang Benar

Demikian Ulasan tentang Cara Menyimpan ASI Yang Benar yang perlu bunda ketahui agar dalam menyimpan Asi bunda mengetahui langkah demi langkah untuk menyimpan Asi dengan Benar sehingga tidak merusak kwalitas ASI pada saat di berikan oleh Bayi Bunda. Selamat Mencoba Bunda.