Cara Merawat Alat Reproduksi Wanita

Cara Merawat Alat Reproduksi Wanita – Wanita melakukan perawatan secara rutin karena mereka mengetahui manfaat bagi perawatan bagian tubuh cukup banyak untuk mereka. Para wanita ini meluangkan waktu mereka untuk melakukan perawatan baik di rumah maupun di tempat khusus perawatan. Perawatan yang mereka lakukan adalah perawatan yang berhubungan dengan bagian luar tubuh seperti rambut, kulit maupun wajah. Mereka akan lebih percaya diri bila memiliki kulit rambut juga wajah yang sehat. Tapi seringkali mereka mengabaikan bagian lain yang juga penting untuk kesehatan mereka. Bagian ini adalah bagian dalam yang sensitif untuk wanita. Bagian tersebut bernama vagina. Padahal vagina memiliki fungsi penting sebagai bagian dari reproduksi wanita.

Bagian ini adalah jaringan otot yang saluran dari vestibula sampai dengan uterus yang sangat elastis. Vagina merupakan bagian terluar dari alat reproduksi wanita. Bagian ini memiliki fungsi penting sebagai tempat keluarnya menstruasi sekaligus juga tempat penetrasi penis pada waktu senggama.

Baca Juga : Mengenal Alat Dan Sistem Reproduksi Pria Dan Wanita

Mengingat pentingnya vagina maka sangatlah penting untuk menjaga kebersihan bagian yang satu ini tetapi sayangnya kebanyakan wanita menganggap bahwa dengan membasuh vagina dengan air sudahlah cukup untuk membersihkannya padahal hal tersebut tidaklah semudah yang dibayangkan. Air saja tidak cukup untuk membersihkan vagina. Untuk itulah ada berikut ini diberikan 3 tips yang bisa digunakan untuk merawat bagian yang satu ini.

Cara Merawat Alat Reproduksi Wanita Dengan Benar

Cara Merawat Alat Reproduksi Wanita

Daun Sirih

Berikut Ini Cara Merawat Alat Reproduksi Wanita Yang Baik Adalah Sebagai Berikut :

1. Memperhatikan cairan vagina
Anda harus melakukan langkah yang satu ini sebagai langkah awal untuk mengetahui Kesehatan Vagina anda. Wanita yang telah mengalami masa menstruasi mempunyai cairan vagina. Waspadalah bila cairan vagina anda berwarna kuning dan hijau, pekat dan beraroma karena itu berarti vagina anda mengalami infeksi. Cairan vagina yang sehat memiliki warna bening, cair dan juga tidak beraroma.

2. Memeriksakan Vagina Secara Rutin
Setelah itu yang bisa anda lakukan adalah meraba juga memperhatikan vagina. Apabila anda terkena infeksi maka akan timbul benjolan pada bagian-bagian tertentu yang disebabkan penyumbatan pada saluran reproduksi. Anda juga bisa memperhatikan warna vagina karena warnanya dapat berubah sesuai dengan perkembangan usia dan juga berat badan. Ketika usia anda bertambah maka warna vagina akan semakin gelap. Begitu juga dengan pertambahan berat badan yang terjadi pada anda akan menyebabkan warna vagina menjadi lebih gelap juga.

3. Menjaga Dan Membersihkan Vagina Secara Benar
Jagalah kebersihan dengan menjaga daerah kewanitaan anda tetap kering. Ganti celana dalam apabila kondisinya basah. Bila perlu gunakan air daun sirih untuk membasuh daerah kewanitaan anda. daun sirih dapat menjadi bahan anti septik yang bail untuk daerah kewanitaan anda.

Baca Juga : Tanda-Tanda Kehamilan Pada Wanita

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai Cara Merawat Alat Reproduksi Wanita. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan informasi dan menambah wawasan kita khususnya para wanita agar senantiasa tampik cantik dan sehat luar dalam. Jagalah Alat reproduksi anda sejak dini demi masa depan anda. Terima kasih.