Cara Merawat Bayi Prematur Di Rumah

Cara Merawat Bayi Prematur Di Rumah – Anak adalah anugrah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.Setiap pasangan suami istri selalu ingin mendapatkan buah hati yang sehat dan terlahir secara normal. akan tetapi tidak semua buah hati bisa terlahir secara normal misalnya terlahir prematur atau lahir belum cukup bulan. Selain belum cukup bulan biasanya bayi prematur lahir dengan berat badan rendah dan fungsi organ yang belum sempurna.

Oleh karena itu pada awal kelahiran biasanya bayi prematur membutuhkan perawatan yang intensif diruangan perawatan bayi (NICU) neonatal intensive care unit. Disana bayi prematur akan mendapatkan perawatan untuk mengobati dan mencegah kegagalan organ.

Setelah bayi prematur dikatakan sudah mampu dan tidak ada indikasi kegagalan organ biasanya dokter akan mengizinkan bayi prematur untuk di bawa pulang ke rumah. Kebanyakan orang tua bingung bahkan takut bagaimana caranya merawat bayi mungilnya dirumah.

Tips Dan Cara Merawat Bayi Prematur Di Rumah Dengan Mudah

cara merawat bayi prematur

Ilustrasi – Wikipedia.org

Nah bunda ada beberapa cara yang bisa bunda terapkan saat merawat bayi prematur anda dirumah :

1. Selalu Pantau Suhu Tubuh Bayi Anda .
pastikan bayi anda tidak kedinginan dengan cara menggunakan thermometer atau sentuhan kulit. Hal ini juga untuk memastikan bayi prematur anda tidak demam . demam bisa disebabkan adanya infeksi atau dehidrasi akibat kekurangan cairan.

2. Kondisikan Ruangan Kamar Anda Hangat Dan Penerangan Yang Cukup.
Bila anda menggunakan AC suhu yang dibutuhkan sekitar 26 – 27 derajat Celsius.gunakan lampu kamar yang tidak terlalu terang dan kondisikan ruangan tidak terlalu berisik.

3. Berikan Bayi Prematur Pakaian Yang Baik Dan Nyaman.
Berikan pakaian yang lembut dan menyerap keringat. Pakaian yang kasar bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi yang sensitif. Selalu pakaikan kaos kaki, kaos tangan dan topi agar bayi tetap hangat.

4. Gunakan Metode Kanguru (KMC) Kangoroo Mother Care.
Biasanya metode ini sudah diajarkan pada keluarga saat perawatan di rumah sakit. Saat di rumah metode ini sangat penting untuk dilakukan. Metode kanguru ini dapat meningkatkan daya emosional bayi dan ibu. Bayi akan merasa nyaman dan hangat dari sang ibu. Metode kanguru ini juga dapat menghindari bayi kedinginan karena selalu dipeluk oleh sang ibu.

5. Berikan ASI Eksklusif
Biasanya bayi prematur daya hisap masih lemah akan tetapi dengan memberikan ASI ekslusif dapat membatu bayi melatih daya hisapnya. Akan tetapi selalu pantau bayi anda saat menyusi karena bayi prematur berpotensi tersedak. ASI adalah makan terbaik untuk bayi prematur. bayi prematur membutuhkan ASI lebih banyak dibandingkan bayi normal sesuai berat badannya.

6. Jam Tidur Bayi Prematur Lebih Lama Dibanding Bayi Normal.
Bunda tidak perlu takut karena hal ini normal karena bayi premature membutuhkan jam tidur lebih lama dibandingkan bayi normal. Hal ini karena daya metabolism tubuh bayi membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan bayi normal.

7. Selalu Jaga Kebersihan
Mandikan bayi dua kali sehari dengan air hangat. Biasakan bayi dijemur pada pagi hari dan masase atau pijat ringan tubuh si bayi. Hal ini dapat meningkatkan kenyamanan bayi. Selalu ganti laken atau sepray. Selalu cuci tangan setiapa melakukan perawatan bayi

8. Jauhakan Bayi Prematur Anda Dari Orang Yang Sedang Sakit
Bayi prematur sangat rentan terinfeksi bakteri atau virus. Oleh karena itu usahakan untuk tidak terpapar orang sedang sakit misalnya batuk pilek atau sakit mata.

9. Berikan Obata-Obatan Atau Suplemen Yang Diberikan Dari Rumah Sakit.
Obat- obatan misalnya asam folat, dan zat besi sangat dibutuhkan bayi. Anda dapat menggunakan pipet obat untuk memudahkan dalam pemberian.

10. Control Rutin Di Dokter Spesialis Anak Atau Di Rumah Sakit.
Control minimal satu minggu sekali atau bila ada masalah. Selalu konsultasi ke dokter bila ada hal-hal yang tidak normal. Misalnya tiba-tiba muntah atau demam.

11. Catat Nomor Rumah Sakit Atau Petugas Kesehatan Bila Perlu.
Hal ini untuk memudahkan saat kita mengalami masalah dan perlu pertolongan segera.

Dari cara-cara diatas yang paling penting adalah bunda harus yakin bisa dan tidak cemas. Cemas akan membuat bayi prematur kita gelisah dan rewel. semoga ulasan di atas dapat menjadi referensi bagi bunda yang lagi mencari Cara Merawat Bayi Prematur Di Rumah.

Semangat ya bunda untuk merawat bayi mungil.