Cara Pengobatan Wasir Secara Medis

Cara Pengobatan Wasir Secara Medis – Benjolan di anus akibat wasir memang sangat mengganggu. Wasir umumnya disertai oleh rasa gatal dan perih saat buang air besar. Wasir pada dasarnya merupakan pembengkakan dan peradangan pembuluh darah dalam anus dan rectum bagian bawah. Wasir ini bisa disebabkan oleh tekanan saat buang air besar atau meningkatnya tekanan pada pembuluh darah selama masa kehamilan. Wasir bisa berkembang di dalam rektum (wasir internal) atau di bawah kulit di sekitar anus (wasireksternal).

Bagaimana Cara Menangani Wasir?

Baca Juga : Cara Mengobati Ambeien Dengan Mudah

Perawatan dan pengobatan untuk wasir tergantung pada tingkat keparahannya yakni wasir ringan, wasir eksternal, dan wasir yang meradang atau berulang.

Cara Pengobatan Wasir Secara Medis Dan Alami

Cara Pengobatan Wasir Secara Medis

Hasil Endoskopi Wasir

Pengobatan Untuk Wasir Ringan

Jika wasir hanya menyebabkan ketidak nyamanan ringan dokter mungkin menyarankan krim OTC, salep, supositoria atau bantalan. Produk-produk ini mengandung bahan-bahan seperti witch hazel atau hidrokortison yang dapat mengurangi rasa sakit dan gatal, setidaknya untuk sementara.
Jangan menggunakan krim over-the-counter(OTC) atau produk lain untuk lebih dari seminggu kecuali direkomendasikan oleh dokter. Produk-produk ini dapat menyebabkan efek samping, seperti ruam kulit, peradangan dan penipisan kulit.

Pengobatan Untuk Wasir Eksternal

Jika gumpalan darah terbentuk dalam Wasir Eksternal dokter dapat mengangkat bekuan dengan sayatan sederhana, yang dapat memberikan pemulihan cepat.
Untuk perdarahan yang persisten atau wasir yang menyakitkan dokter dapat merekomendasikan prosedur invasif minimal lainnya. Perawatan ini dapat dilakukan di kantor dokter atau rawat jalan lainnya. Berikut ini macam-macam tindakan yang dapat digunakan untuk menanggulangi wasir internal antara lain :

1. Karet Gelang Ligasi
Dokter menempatkan satu atau dua band karet kecil di sekitar pangkal wasir internal untuk memotong sirkulasinya. Wasir akan mengering dan jatuh dalam waktu seminggu. Prosedur ini – disebut karet gelang ligasi – efektif bagi banyak orang. Penanganan wasir dengan karet gelang ligasi dapat menimbulkan ketidak nyamanan dan perdarahan yang mungkin mulai muncul dua sampai empat hari setelah prosedur tetapi biasanya tidak parah.

2. Injeksi (sclerotherapy)
Dalam prosedur ini ndokter menyuntikkan larutan kimia ke dalam jaringan wasir untuk membuatnya menyusut. Selama suntikan pasien akan merasakan sedikit sakit atau terkadang tidak sama sekali. Namun prosedur injeksi ini kurang efektif dibanding karet gelang ligasi.

3. Koagulasi (infra merah, laser atau bipolar)
Teknik koagulasi menggunakan laser atau cahaya infra merah atau panas. Prosedur ini bisa menyebabkan perdarahan wasir internal semakin mengecil dan mungkin juga disertai pendarahan dan kemudian wasir akan mengeras dan mengerut. Koagulasi memiliki sedikit efek samping. Tetapi prosedur ini memungkinkan wasir kambuh kembali berbeda halnya dengan prosedur karet gelang ligasi.

Pengobatan Untuk Wasir Yang Meradang

Jika prosedur lainnya belum berhasil atau wasir yang diderita cukup parah dokter dapat merekomendasikan prosedur pembedahan. Pembedahan dapat dilakukan pada pasien rawat jalan atau pasien mungkin perlu tinggal di rumah sakit semalam. Tindakan yang akan diambil jika wasir semakin parah dan meradang antara lain sebagai berikut :

1. Pengangkatan Wasir
Selama prosedur pengangkatan wasir dokter bedah mengangkat jaringan berlebih yang menyebabkan perdarahan. Berbagai teknik dapat digunaka misalnya Operasi dapat dilakukan dengan bius local yang dikombinasikan dengan obat penenang, anestesi spinal atau anestesi umum. Hemorrhoidectomy adalah cara yang paling efektif dan lengkap untuk mengobati wasir parah atau berulang. Komplikasi yang mungkin ditimbulkan antara lain kesulitan sementara untuk mengosongkan kandung kemih dan infeksi saluran kemih yang terkait dengan masalah ini.

2. Stapelwasir
Prosedur ini yang disebut hemorrhoidectomy atau hemorrhoidopexy menjepit, menghambat aliran darah kejaringan hemoroid. Stapel umumnya tidak menimbulkan rasa sakit separah prosedur operasi dan juga biasanya pasien yang memilih prosedur ini bisa kembali melakukan aktivitas normal lebih awal. Dibandingkan dengan hemorhoidectomy, bagaimanapun staple memiliki risiko kekambuhan yang lebih besar dan dapat menyebabkan prolapsrektum, dimana sebagian dari rectum keluar dari dubur. Bicarakan dengan dokter mengenai pengobatan yang paling tepat dan sesuai dengan Anda.

Baca Juga : Cara Mengobati Maag Dengan Cara Alami

Demikian alternatif atau macam-macam cara pengobatan untuk wasir. Semoga penjelasan mengenai Cara Pengobatan Wasir Secara Medis dapat memberikan pengetahuan bagi anda terutama yang menderita wasir sehingga banyak pilihan yang bisa anda buat sebelum berkonsultasi pada dokter. Semoga bermanfaat dan terima kasih.