Dampak Buruk Akibat Menunda Kehamilan

Dampak Buruk Akibat Menunda Kehamilan – Banyak orang mengatakan bahwa anak adalah anugerah dari Sang Maha Pencipta. Itu adalah salah satu alasan mengapa pasangan yang baru menikah biasanya ingin cepat-cepat punya anak. Itu adalah hal yang sangat baik apalagi jika mengingat bahwa anugerah adalah sesuatu yang seharusnya diharapkan oleh setiap manusia. Namun di zaman yang serba sibuk dan modern seperti sekarang ini tidak jarang kita jumpai pasangan yang ingin menunda kehamilannya demi suatu alasan tertentu. Hal ini tentu saja kurang baik di mata masyarakat sebab masyarakat masih memandang bahwa keturunan adalah bagian yang sangat penting dalam keluarga apalagi bagi keluarga baru.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kram Pada Kaki Ibu Hamil

Selain itu ternyata banyak juga ahli kandungan yang tidak setuju dengan keputusan untuk Menunda Kehamilan. Hal itu dikarenakan sang anak yang dilahirkan oleh wanita hamil berusia tua akan memiliki lebih banyak beban. Beban tersebut meliputi beban kesehatan anak tersebut dan juga beban untuk mengurusi orang tua yang sudah jompo saat anak tersebut belum cukup dewasa.

Dampak Buruk Akibat Menunda Kehamilan Di Usia Tua

Dampak Buruk Akibat Menunda Kehamilan

Buah Hati

Dalam masalah kesehatan anak beberapa ahli mengatakan bahwa semakin tua usia hamil maka semakin tinggi risiko yang ditanggung baik itu oleh sang wanita hamil ataupun sang calon bayi. Masalah kesehatan yang biasanya dialami oleh wanita hamil yang hamil di usia tua adalah mulai dari tekanan darah tinggi sampai dengan kelebihan gula darah. Oleh karena itu, para ahli kandungan merekomendasikan untuk membatasi kehamilan pada umur 37 tahun. Namun jika wanita tersebut tetap ingin menjadi wanita hamil pada usia lebih dari 37 tahun sangat direkomendasikan untuk mempersiapkan segalanya mulai dari tes kesehatan sampai dengan diet untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan tetap sehat. Akan tetapi tetap saja beban sang anak untuk merawat orang tuanya akan sangat berat.

Coba saja anda bayangkan jika seorang wanita hamil pada usia 40 tahun. Tentu saja sang anak sudah harus siap untuk merawat orang tuanya pada usia kurang dari 20 tahun yang mana pada saat itu orang tuanya sudah berumur 60 tahun usia rata-rata dimana penyakit-penyakit berat mulai mendatangi manusia. Hal ini adalah beban yang sangat berat bagi sang anak karena rata-rata pada usia 20 tahun manusia masih berada pada tahap pembelajaran dan masih belum memiliki penghasilan tetap serta belum menikah. Jika hal ini terjadi bahkan bukan tidak mungkin bagi sang anak untuk memiliki masa depan yang suram.

Baca Juga : Gizi Lengkap Untuk Ibu Hamil

Maka dari itu kedua masalah tersebut adalah masalah yang serius bagi sang anak. Itulah sebabnya beberapa ahli kandungan menilai bahwa tindakan menunda kehamilan adalah tindakan yang sangat egois yang hanya menguntungkan pihak orang tua. Jadi ternyata pandangan masyarat tersebut ada benarnya juga bukan?

Demikian sedikit penjelasan mengenai Dampak Buruk Akibat Menunda Kehamilan. Sejatinya orang yang memutuskan menikah mempunyai suatu keinginan yang pasti yaitu memiliki anak. Menunda kehamilan merupakan keputusan yang harus anda fikirkan dengan matang mengingat dampak yang akan anda rasakan dan calon anak anda. Semoga bermanfaat sekian dan terima kasih