Diet Sehat Untuk Ibu Hamil

Diet Sehat Untuk Ibu hamil – Keinginan makan dalam jumlah yang banyak dan terus-menerus adalah pengalaman yang umum dan hampir semua wanita hamil mengalaminya. Bahkan kita tidak heran apabila wanita hamil mengidam-idamkan makanan tertentu yang terkadang tidak baik untuk kesehatan mereka. Pilihan rasa, warna dan bentuk adalah sesuatu yang benar-benar spesifik bagi wanita hamil. Mengapa demikian? Wanita hamil cenderung mengembangkan sifat balita dimana mereka sering bertingkah laku layaknya anak kecil. Mereka bisa memiliki mood yang buruk hanya karena makanan terlalu asin, atau karena makanan tidak berwarna seperti apa yang mereka bayangkan.

Selain itu perubahan yang disebabkan oleh hormon kehamilan, apabila dahulu sebelum hamil mereka mungkin memfavoritkan ayam goreng, atau berbagai makanan yang lain, pada saat hamil berbagai makanan tersebut bisa saja menjadi makanan-makanan yang paling mereka benci.

Berbicara mengenai makanan, ibu hamil tetap harus menjaga asupan nutrisi agar tetap seimbang karena bukan hanya untuk dirinya, nutrisi tersebut sangat penting bagi bayi terutama pada trisemester pertama. Atau mual-mual bisa sangat mengganggu, namun makanan-makanan tertentu yang bisa menjadi sumber nutrisi sebaiknya dikonsumsi dengan cara-cara yang sehat, benar, dan dianjurkan. Apabila ibu hamil tetap kesulitan untuk memenuhinya, mereka dianjurkan berkonsultasi ke dokter dan mengambil vitamin prenatal.

Baca Juga : Tips Mengajari Balita Mengunyah Makanan Sejak Dini

Diet Sehat Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Diet Sehat Untuk Ibu Hamil

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Khusus untuk ngidam, saat hamil, memang sangat sulit untuk menolak atau mengganti makanan-makanan yang diidam-idamkan. Namun perlu anda tahu bahwa Diet Sehat Selama Kehamilan sangat perlu. oleh karena itu ada bebeberapa makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan antara lain :

Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dikonsumsi Untuk Diet Sehat Ibu Hamil

– Yang Diperbolehkan

Pertama, aturan ngidam bagi ibu hamil adalah Turutilah keinginan anda (bumil) ketika mengidam-idamkan makanan sehat. Jika anda mengidamkan gula atau makanan-makanan manis termasuk juga buah-buahan dan es krim, pastikan anda tidak melebihi batas atau pastikan makanan tersebut tidak terlalu banyak karena dapat membahayakan kehamilan atau bisa menyebabkan munculnya beberapa penyakit.

Setiap makanan yang anda idam-idamkan dan kemungkinan berbahaya bagi kehamilan, sebaiknya anda konsultasikan dengan bidan atau dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya. Karena makanan-makanan tersebut bisa saja dapat menyebabkan gula darah atau tekanan darah anda naik sehingga dapat menyebabkan komplikasi.

Apabila anda mengidam-idamkan makanan tidak sehat seperti mie instan, potato chip, minuman berkarbonasi dan lain-lain, pastikan anda meminumnya atau mengkonsumsinya dengan jarak antara satu hingga dua bulan.
Jika anda menginginkan makanan tertentu, anda juga tidak dianjurkan untuk menahan keinginan tersebut sehingga membuat anda menjadi stres. Sebaliknya, apabila masih bisa ditoleransi, konsumsilah makanan tersebut dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan untuk mengurangi stres, kecemasan, dan emosi.

Cara lain yang bisa dicoba untuk mengatasi ngidam pada makanan-makanan tidak sehat adalah dengan mengalihkan konsentrasi anda. Beberapa cara untuk mengalihkan konsentrasi diantaranya adalah: mendengarkan musik, membaca, berjalan-jalan, menonton film, minum air putih, dan bahkan berbicara dengan teman atau sahabat juga akan membantu.

Baca Juga : Manfaat Asi Untuk Bayi Prematur

– Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Sangat penting untuk wanita hamil mengetahui makanan-makanan yang tidak diperbolehkan selama kehamilan. Daftar makanan tersebut harus anda hafal. Makanan seperti pepaya, nanas, anggur, tebu, dan bahkan jambu biji sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak pada trisemester pertama karena dapat berbahaya bagi kehamilan.

Selain makanan yang berasal dari buah-buahan tersebut, anda juga harus menghindari junk food atau makanan olahan yang mengandung kalori banyak namun rendah gizi.

Jangan membiasakan menuruti keinginan anda pada makanan-makanan yang tidak sehat seperti keripik, junk food atau berbagai jenis makanan yang merugikan kesehatan.

Selalu ingat kehamilan anda dan ingatkan diri anda bahwa anda memiliki bayi di dalam kandungan. Makan sembarangan atau tanpa kontrol hanya akan merugikan diri anda maupun kesehatan bayi di dalam kandungan.

Demikian sedikit ulasan mengenai Diet Sehat Untuk Ibu Hamil. Smoga dapat menjadi referensi untuk ibu dirumah. Terima Kasih.