Efek Buruk Dari Minum Kopi

Efek Buruk Dari Minum Kopi – Banyak orang yang tidak sadar akan efek buruk minum kopi. Minuman ini telah melegenda sejak ratusan tahun yang lalu. Kopi mengandung kafein sehingga seseorang yang telah meminum kopi merasa segar dan kantuknya hilang.

Kopi memang sangat cocok disajikan dalam keadaan apapun. Jika cuaca sedang dingin, maka sangat cocok untuk meminum kopi hangat. Namun, jika cuaca sedang panas cocok untuk minum kopi yang ditambahi campuran moka atau susu dengan dilengkapi es.

Baca Juga : Macam-Macam Jenis Penyakit Kulit

Meminum kopi sewajarnya boleh-boleh saja. Namun jika anda seorang pecandu kopi yang minum kopi hingga berkali-kali dalam sehari mungkin anda harus hati-hati. Kopi mempunyai efek buruk pada tubuh anda jika dikonsumsi secara terus menerus dalam porsi yang tidak sedikit.

Efek Buruk Dari Minum Kopi Bagi Kesehatan

Efek Buruk Dari Minum Kopi

Kopi Hitam – Wikipedia.org

• Hal pertama sebagai Efek Buruk Dari Minum Kopi adalah mempengaruhi penampilan. Gigi bisa berubah menjadi kuning jika anda mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang berlebihan dan sering.

• Peminum kopi juga kerap mengalami konstipasi atau sembelit.

• Seperti yang sudah diulas di atas, kopi mengandung kafein. Kafein ini dapat mempunyai efek yang buruk untuk jantung. Jantung bisa berdetak dan berdebar lebih cepat, selain itu tekanan darah tinggi juga bisa meningkat. Kebanyakan orang yang meminum kopi kurang dari 3 kali dalam sehari tidak mendapatkan dampak negatif ini. Hal yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah supaya anda tidak berlebihan saat mengkonsumsinya.

• Glaukoma adalah penyakit mata yang sangat berbahaya dan harus diatasi sangat dini. Ternyata kandungan kafein dalam kopi dapat mempengaruhi peningkatan risiko terkena glaukoma ini. Apalagi bagi mereka yang mempunyai riwayat keluarga dengan penyakit glaukoma. Bagi anda yang memang sudah terbiasa minum kopi mungkin agak susah untuk berhenti sama sekali. Namun anda bisa segera mengurangi asupan kopi untuk menurunkan risiko terjadinya glaukoma ini.
Gejala Glaukoma yang ditimbulkan adalah terasa ada penekanan pada bola mata. Kerusakan saraf optik dapat berkembang seiring dengan tingkat keparahan penyakit. Setelah itu penderita bisa mengalami kebutaan permanen.

• Konsumsi kopi juga sering dikaitkan dengan permasalahan lambung. Seseorang yang mempunyai penyakit maag disarankan untuk membatasi asupan kopi atau bahkan tidak sama sekali. Kopi mempunyai tingkat keasaman yang cukup tinggi. Hal ini dapat merangsang keluarnya asam lambung. Apalagi jika anda meminum kopi pada pagi hari saat belum ada satupun makanan yang masuk ke dalam lambung anda.

Setiap orang bisa merasakan kepekaan yang berbeda-beda dari efek kafein. Ada orang yang memang sangat sensitif sekali dengan kopi. Bahkan jika mereka minum kopi sedikit saja mereka akan merasakan efek buruknya berupa debaran jantung atau masalah lambung.

Baca Juga : Cara Mengobati Maag Dengan Cara Alami

Ada juga orang yang memang baik-baik saja walaupun minum kopi hingga lima cangkir. Namun meskipun demikian seharusnya minum kopi dibatasi setiap harinya. Putuskan untuk minum kopi maksimal hanya 3 kali dalam sehari. Mungkin dampak buruknya tidak segera dirasakan saat ini juga namun beberapa tahun ke depan bisa saja terjadi dampak buruk yang lebih dari bayangan anda.

Pilihlah jenis kopi yang memang mempunyai kandungan kafein lebih sedikit. Maksudnya anda bisa mencari kopi yang sudah diracik menjadi kopi mocca, kopi susu dan yang lainnya. Kopi-kopi tersebut mempunyai kandungan kafein yang lebih sedikit ketimbang anda mengkonsumsi kopi murni yang hanya berupa bijih kopi ditambah gula saja.

Semoga dengan membaca artikel tentang Efek Buruk Dari Minum Kopi ini dapat menyadarkan kita bahwa segala hal yang berlebih adalah tidak baik termasuk minum kopi. Semoga bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih.