3 Gerakan Dasar Senam Ibu Hamil

Gerakan Dasar Senam Ibu hamil – Senam ibu hamil bertujuan untuk menyehatkan wanita yang sedang mengandung beserta janin yang ada di dalam kandungannya. Ternyata ibu hamil pun juga perlu berolahraga untuk menjaga kesehatannya. Jika kondisi tubuh sang ibu sehat maka kesehatan janin yang dikandung dalam perutnya juga sehat. Oleh karena itu sangat dianjurkan bagi Anda sekalian yang sedang hamil untuk melakukan berolahraga.

Tentu saja dengan cara olahraga yang dianjurkan dan sesuai porsi untuk ibu hamil. Bagi wanita yang sedang hamil muda memang tidak disarankan untuk berolahraga karena kondisi kandungannya yang masih lemah dan beresiko mengalami keguguran jika melakukan banyak aktivitas cukup berat. Oleh karena itu, olahraga hanya ditujukan bagi mereka yang masa kehamilannya sudah mencapai lebih dari bulan kelima.

Baca Juga : Tips Ibu Hamil Melahirkan Dengan Selamat

Salah satu olahraga yang dapat dilakukan oleh ibu hamil yaitu senam. Gerakan senam untuk menjaga kesehatan ibu hamil berserta janin yang dikandungnya. Oleh karena itu gerakannya tersebut perlu disesuaikan dengan perubahan bentuk tubuhnya seperti perut yang membesar. Lalu bagaimana Cara Senam Ibu Hamil yang direkomendasikan ? Berikut sedikit uraian mengenai gerakan dasar senam ibu hamil untuk Anda sekalian.

Gerakan Dasar Senam Ibu Hamil Yang Benar

Gerakan Dasar Senam Ibu Hamil

Senam Ibu Hamil

1. Posisi Duduk Bersila
Senam ibu hamil dapat dimulai dengan duduk bersila, Jangan duduk di lantai yang dingin dan keras. Namun perlu ada alas seperti matras atau bantal atau bantalan duduk. Duduklah dengan senyaman mungkin, Jika belum nyaman Anda tidak bisa memulai senam hamil ini karena kondisi yang Nyaman Dan Rileks memang sangat dibutuhkan. Letakkan kedua tangan berada di sisi tubuh Selanjutnya mulailah mengatur napas hirup udara melalui hidung, kemudian hembuskan melalui mulut sambil mengangkat kedua tangan ke atas lalu diturunkan secara perlahan, Lakukan berulang kali.

2. Posisi Tidur Berbaring
Tidurlah berbaring dengan memposisikan kaki bertumpu pada dinding. Selanjutnya posisikan kedua tangan ke arah samping tubuh dengan bagian telapak tangan dihadapkan ke arah atas tubuh. Jangan lupa untuk terus mengatur napas secara perlahan agar selalu tercipta rileks dalam mempraktikkan senam ibu hamil. Jika merasakan nyeri atau rasa sakit di bagian tubuh tertentu segera hentikan gerakan ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Posisi Merangkak
Posisi senam ibu hamil ini dapat dilakukan dengan cara menempatkan lutut bagian kanan ke arah depan. Selanjutnya posisikan lutut kiri ke arah belakang. Sementara itu posisikan badan secara miring ke arah samping dengan posisi kedua lutut dan lengan tangan menekuk Gerakan yang satu ini dapat dipraktikkan dengan alat bantu seperti bantal untuk mempermudah proses gerakannya.

Baca Juga : 9 Tanda Waktu Melahirkan Sudah Dekat

Perlu diingat Senam Hamil ini dapat Anda lakukan sendiri di rumah dengan turorial yang bisa didapatkan di internet. Namun jika Anda belum percaya diri untuk mempraktikkannya sendiri silakan bergabung dengan yang lain untuk mempraktikkan senam ibu hamil secara bersama-sama didampingi instruktur profesional dan berpengalaman. Dalam melakukan senam ibu hamil tidak boleh terlalu lelah atau terlalu capek.

Demikian 3 Gerakan Dasar Senam Ibu Hamil yang dapat anda praktekkan dirumah. Lakukan dengan benar dan hati-hati agar setelah melakukan senam badan menjadi sehat dan bugar. Jika sang ibu sehat janin di dalam kandungan pun akan sehat. Semoga bermanfaat dan terima kasih.