Gizi Lengkap Untuk Ibu Hamil

Gizi Lengkap Untuk Ibu Hamil – Sebagai seorang wanita hamil anda harus mengetahui dan memahami akan nutrisi yang harus anda dapatkan. Akan sangat berguna bagi anda apabila anda mengetahui gizi yang tepat bagi tubuh anda. Seorang wanita hamil akan memiliki kebutuhan gizi yang berbeda dari wanita normal. Kecukupan gizi untuk wanita hamil akan sangat berguna untuk beberapa hal. Seperti untuk menyediakan energi bagi kebutuhan tubuh si ibu dan pertumbuhan si bayi. Selain itu juga diperlukan gizi yang cukup untuk menyediakan semua kebutuhan janin anda yang meliputi mineral, vitamin, lemak, dan protein.

Dengan memakan makanan dengan gizi seimbang anda dapat menghindarkan berbagai macam cacat pada janin anda. Gizi yang baik juga membantu metabolisme tubuh bagi ibu, memelihara tekanan darah, kadar gula daran dan juga berat badan.

Baca Juga : Makanan Sehat Untuk Wanita Hamil

Gizi Lengkap Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Gizi Lengkap Untuk Ibu Hamil

Makanan Bergizi

1. Kebutuhan Akan Kalori
Kebutuhan energi wanita hamil akan meningkat seiring dengan adanya pertumbuhan janin, pembentukan jaringan baru, pembuluh darah, dan plasenta. Oleh karena itu tubuh memerlukan tenaga yang cukup untuk melakukan proses metabolism ini. Sebagai wanita hamil anda harus mempelajari berbagai hal tentang Gizi Wanita Hamil yang nantinya dapat berguna untuk mencukupi kebutuhan gizi anda. Pada masa kehamilan tubuh anda akan membutuhkan sekitar 80.000 kalori. Anda dapat melakukan monitoring berat badan anda apabila anda ingin mengetahui kecukupan kalori anda di masa kehamilan. Makanan yang banyak mengandung kalori yaitu makanan tinggi karbohidrat misalnya nasi, jagung, talas dan lain-lain.

2. Kebutuhan Protein Yang Tinggi
Selain itu gizi wanita hamil lainnya ialah suplai energi yang cukup. Setiap harinya ibu hamil akan membutuhkan 75 gram protein. Untuk mendapatkan kecukupan protein, anda dapat menambahkan beberapa protein hewani pada porsi makanan anda seperti hasil laut, keju, susu, telur, ikan, dan daging. Biasanya, ibu hamil akan mengkonsumsi protein nabati lebih banyak daripada biasanya. Anda dapat memperoleh suplai protein nabati dari oncom, tahu, tempe, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Protein yang cukup akan membantu pertumbuhan janin anda. Asam folat juga merupakan salah satu zat penting yang akan membantu mencegah adanya gangguan atau cacat otak dan tulang belakang pada bayi anda.

3. Kebutuhan Asam Folat Dan Vitamin
Asam folat merupakan derivate dari vitamin B yang memegang peranan sangat penting bagi embrio. Asam folat sangat penting dikonsumsi di masa sebelum kehamilan dan juga di awal masa kehamilan anda. Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi asam folat sekitar 600 mg setiap harinya. Beberapa contoh makanan yang kaya kandungan asam folat ialah bayam, roti gandum, kacang-kacangan, jus jeruk, dan juga buncis.

Baca Juga : Gizi Untuk Wanita Hamil Muda

Ibu hamil harus memenuhi segala kecukupan gizinya demi mempertahankan kondisi tubuhnya dan pertumbuhan bayinya. Gizi Ibu Hamil lainnya yang harus anda perhatikan ialah zat besi. Zat besi akan sangat berguna untuk memproduksi hemoglobin. Hal ini akan membantu tubuh dalam memberikan pasokan darah kepada janin. Jika anda tidak dapat memenuhi kecukupan zat besi di dalam tubuh anda, akan menjadi mudah lelah dan rentan pada beberapa infeksi.

Demikian penjelasan mengenai Gizi Lengkap Untuk Ibu Hamil yang dapat kami jelaskan anda. Semoga penjelasan diatas dapat memberikan nilai lebih untuk pemahaman anda mengenai Gizi Untuk Ibu Hamil. Makanlah makanan bergizi demi kesehatan anda dan janin anda. Karena makanan bergizi kunci sehat pertumbuhan janin anda. Sekian dan terima kasih.