Macam-Macam Jenis Penyakit Kulit

Jenis Penyakit Kulit – Kulit adalah bagian terluar dari tubuh kita. Kulit ini adalah hal pertama yang akan dilihat orang saat kita bertemu dengan mereka. Kulit juga merupakan kumpulan saraf indra peraba dan barier pertahanan pertama yang melindungi kita dari segala penyakit dan paparan sinar matahari. Untuk itu menjaga kesehatan kulit harus dilakukan dengan sangat baik.

Ketika kulit kita terlanjur sakit maka kita harus mengenal penyakit apa dan menentukan cara pengobatannya. Penyakit kulit bisa tumbuh di bagian mana saja pada tubuh kita apalagi pada bagian-bagian yang rentan. Untuk itu jangan menyepelekan setiap masalah pada kulit. Kita harus cepat tanggap karena jika dibiarkan bisa menjalar ke kulit yang ada di sekitarnya bahkan penyakit dapat masuk ke dalam tubuh kita.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Perut Buncit Dengan Sederhana Dan Murah

Inilah beberapa macam penyakit kulit yang sering terjadi :

Jenis Penyakit Kulit Dan Pengobatannya

Jenis Penyakit Kulit

Penyakit Panu

• Kudis
Kudis adalah sebuah penyakit kulit yang menyebabkan rasa gatal yang luar biasa. Kudis ini disebabkan oleh suatu tungau yang disebut Sarcoptes Scabiei. Bagian-bagian tubuh yang sering ditumbuhi kudis antara lain adalah pinggang, pergelangan tangan dan sela-sela jari tangan. Kemunculan rasa gatal karena kudis ini biasanya ada pada malam hari. Kudis dapat menular baik itu dengan kontak langsung antar kulit ataupun dengan menggunakan pakaian yang sama. Pengobatan kudis dapat dilakukan dengan menggunakan salep. Sebaiknya anda mengunjungi dokter kulit untuk mendapatkan resep yang tepat. Anak-anak sering terkena sakit kudis ini karena memang sistem kekebalan tubuhnya yang masih terbilang lemah.

• Panu
Panu sangat umum dan populer terjadi di sekitar kita. Penyebab panu adalah jamur dan sering menyebar. Rasa gatal akan sangat kambuh ketika anda berkeringat. Penyakit panu sangat kelihatan berwarna putih dan ini akan menurunkan rasa percaya diri. Pengobatan yang biasaya dilakukan adalah dengan penggunaan salep yang diberikan oleh dokter kulit.

• Eksim
Ini hampir sama dengan penyakit kulit lainnya. Eksim akan terasa gatal terkadang disertai dengan perasaan panas. Pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan krim pengobatan khusus dan salep.

• Jerawat
Sebetulnya masalah yang satu ini tidak bisa dimasukan pada kategori penyakit kulit. Namun karena memang jerawat adanya di kulit maka akan sedikit kami bahas. Jerawat disebabkan oleh kelebihan minyak. Jerawat ada beberapa macam yaitu ada jerawat biasa, jerawat batu dan komedo. Jerawat biasa sering muncul pada bagian tubuh yang banyak minyaknya. Jerawat sering dipengaruhi oleh faktor hormonal, emosi, stres dan kurang menjaga kebersihan kulit sehingga pori-pori tersumbat dan dapat menyebabkan jerawat. Jerawat batu adalah jerawat yang lebih besar dan agak susah untuk bisa hilang. Banyaknya kelenjar minyak pada kulit menyebabkan terjadinya komedo. Jerawat banyak ditemukan di hidung.

Kulit sangat penting untuk dijaga terutama kulit bagian muka. Kulit yang sehat dapat mencerminkan bahwa keadaan organ-organ dalam tubuh juga dalam keadaan sehat. Kesehatan Kulit tidak hanya untuk menjadikan kita nyaman menjalani akitivitas sehari-hari namun juga bisa membuat kita lebih percaya diri. Banyak sekali paket perawatan kulit yang disediakan oleh rumah-rumah perawatan kecantikan. Namun jika anda mau menggunakan bahan alami ada banyak sekali bahan-bahan alami yang baik untuk kesehatan kulit. Jadi kita tidak harus mengeluarkan uang yang besar untuk perawatan kulit di rumah kecantikan.

Baca Juga : Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Dengan Bahan Alami

Beberapa bahan alami yang bisa dikatakan sangat baik untuk kesehatan kulit di antaranya adalah bengkoang, tomat, mentimun, lengkuas dan masih banyak lagi bahan-bahan alami yang lainnya. Hal lain yang sangat perlu kita jaga adalah menghilangkan berbagai kotoran dari tubuh kita. Setelah kita beraktivitas seharian tentu saja kita banyak menjumpai kotoran yang akhirnya menempel di tubuh kita. Pembersihan yang paling baik adalah dengan mandi dan cuci muka.

Demikian Macam-Macam Jenis Penyakit Kulit yang paling sering diderita orang disekitar kita. Menjaga kebersihan kulit merupakan langkah paling baik untuk menghindari penyakit kulit. Jagalah kebersihan dan Kesehatan Kulit anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih.