Kelebihan Dan Kekurangan Popok Kain Dan Popok Sekali Pakai

Kelebihan Dan Kekurangan Popok  – Memilih perlengkapan bayi merupakan hal penting yang harus dipikirkan orang tua. Semua orang tua menginginkan hal yang terbaik untuk buah hatinya namun kadang tak menyadari konsekuensi yang akan diperoleh dalam jangka waktu tertentu. Hal ini sering terjadi dalam memilih popok si bayi. Banyak orang tua yang merasa dilema untuk menentukan mana yang terbaik antara popok kain atau popok sekali pakai. Tentu saja baik popok kain bayi ataupun popok sekali pakai atau pempers bayi memiliki kekurangan dan kelebihan.

Dalam memilih popok bayi yang tepat hendaknya para ibu memilih secara cermat. Ibu harus mempertimbangkan Kelebihan Dan Kekurangan Popok yang ibu pilih.

Kelebihan Dan Kekurangan Popok kain Dan Popok Sekali Pakai Dalam Kesehatan

Kelebihan Dan Kekurangan Popok Kain Dan Popok Sekali Pakai

Popok Bayi

Baca Juga : Cara Mencegah Dan Mengobati Ruam Popok Pada Bayi

Adapun Kelebihan dan Kekurangan Popok Kain Dan Popok Sekali Pakai sebagai berikut :

1.Popok kain

Secara kesehatan popok kain lebih memberikan kenyamanan dan menyehatkan bayi. Ini dikarenakan popok kain terbuat dari bahan yang lembut dan memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga anak menjadi nyaman. Selain itu popok kain juga memiliki harga yang lebih murah dan terdapat banyak pilihan warna. Serta, bahan yang digunakan tidak mengandung bahan kimia jika dicuci dengan menggunakan detergen yang khusus untuk bayi.

Namun, ini akan memberikan kerepotan ekstra saat bayi ngompol berulang-ulang ataupun sedang buang air besar karena harus sering ganti popok. Sehingga ibu membutuhkan energi lebih untuk mencuci dan merapikannya guna dipakai lagi selanjutnya. Ketidaknyamanan ini akan semakin terasa saat musim hujan, bayi lebih sering mengompol karena hawa dingin dan untuk menjemur cucian popok kekurangan panas matahari.

Belum lagi bila saat bayi ngompol dan mengenai tempat tidur bayi, maka akan menimbulkan kerepotan baru. Di era modern seperti saat ini, ibu-ibu lebih memilih popok sekali pakai atau pempers bayi untuk perlengkapan bayi mereka. Hal yang pertama dipikirkan adalah pempers bayi akan memberikan kemudahan terutama saat bepergian jauh karena tidak perlu sering ganti popok.

2. Popok Sekai Pakai Atau Pampers

Popok sekali pakai bisa untuk beberapa kali buang air sehingga bayi tidak sering rewel untuk ganti popok. Selain itu, bagi wanita karier ini akan lebih memudahkan karena ia tak perlu berurusan untuk mencuci popok karena memang popok ini di desain untuk sekali pakai.

Namun, popok ini juga memiliki kekurangan yaitu dari segi kenyamanan dan kesehatan si kecil. Pempers cenderung panas yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit atau ruam popok. Ruam popok ini memyebabkan bayi rewel sehingga menggangu kenyamanan bayi. Selain itu, harganya juga lebih mahal.

Baca Juga : Cara Merawat Bayi Prematur Di Rumah

Demikianlah tadi pembahasan kita kali ini mengenai Kelebihan Dan Kekurangan Popok. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing di harapkan para ibu bisa bijak memilih atau setidaknya mengantisipasi dan meminimalisir pengaruh buruknya. Semoga bermanfaat, terimakasih.