Kiat Penting Dalam Menyusui Sang Bayi

Kiat Penting Dalam Menyusui Sang Bayi – Penelitian yang dilakukan oleh para ahli menunjukkan, bayi yang dibaringkan di dada ibunya selama sedikitnya satu jam setelah lahir dapat menerima air susu ibu lebih baik dibandingkan dengan bayi-bayi yang dipisahkan dari ibunya kurang dari satu jam setelah lahir. Penelitian ini sangat penting untuk diperhatikan oleh para ibu yang sedang mengandung. Penelitian ini juga bermanfaat untuk diingat oleh para ibu yang mengalami kesulitan dalam memberikan ASI kepada bayinya.

Baca Juga : Tehnik Dan Cara Memerah ASI Dengan Tangan

Kiat Penting Dalam Menyusui Sang Bayi sangat penting untuk dipahami oleh para ibu terutama ibu muda yang baru pertama kali melahirkan. Informasi ini sangat berguna untuk mempersiapkan proses menyusui nantinya. Karena terkadang ibu muda merasa kesulitan saat menyusui untuk pertama kali.

Membaringkan bayi di dada ibu dan membiarkannya mencari puting susu ibu merupakan cara alami mengasah naluri sang bayi untuk menyusu. Bayangkan hal yang pertama bayi lakukan adalah mendapatkan puting susu ibu tentulah akan memberikan ikatan perasaan yang kuat antara mereka. Sehingga kedepan sang ibu tidak akan kesulitan lagi dalam menyusi bayinya. Disamping itu juga, menyusui harus dilakukan dengan benar agar bayi mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya dari proses menyusui tersebut.

Kiat Penting Dalam Menyusui Sang Bayi Dengan Benar

Kiat Penting Dalam Menyusui Sang Bayi

Tehnik Menyusui

Bagaimana cara yang akan Anda gunakan dalam menyusui bayi Anda? Inilah kita-kiat penting untuk Anda praktekkan:

• Cuci tangan Anda terlebih dahulu sebelum menyusui.
• Bersihkan area puting dengan menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan air hangat.
• Minumlah segelas air hangat dan putar musik dengan suara pelan agar perasaan ibu lebih rileks, sehingga asi keluar dengan lancar.
• Bayi Anda pangku, letakkan kepala bayi pada siku dan tangan Anda menahan bokongnya.
• Perut bayi menempel pada badan Anda.
• Sentuhkan puting susu pada bibir atau pipi bayi untuk merangsang agar mulut bayi terbuka.
• Setelah mulut bayi terbuka lebar, segera masukkan puting dan sebagian besar lingkaran hitam di sekitar puting (areola) ke mulut bayi.
• Jaga agar jangan sampai muntah
• Gunakan payudara kiri dan kanan secara bergantian.

Jika bayi tidak ingin menyusui, gunakan pompa ASI untuk mengeluarkan ASI agar menghindari Payudara mengeras yang dapat mengakibatkan demam pada anda.

Baca Juga : Manfaat ASI Untuk Bayi Prematur

Tentang kemampuan dasar menggendong bayi, cara terbaik untuk menggendong bayi adalah dengan meletakkan leher dan bagian belakang kepalanya di lengan Anda sambil menopang punggungnya. Kepala bayi terlalu besar untuk tubuhnya dan cenderung terkulai sampai ia dapat mengontrol otot-ototnya dengan lebih baik, jadi Anda harus menopang lehernya dengan aman.

Demikian beberapa ulasan tentang Kiat Penting Dalam Menyusui Sang Bayi. Semoga bisa memberikan informasi dan menambah wawasan khusunya bagi kita para orangtua yang baru saja dikaruniai buah hati. Ingat dalam proses menyusui sang ibu tidak boleh merasa cemas karena hal ini akan berpengaruh pada produksi asi dan emosi sang bayi sehingga dapat berdampak bayi rewel saat menyusu. Semoga bermanfaat, Terimakasih.