13 Makanan Sehat Ibu Vegetarian Saat Hamil

Makanan Sehat Ibu Vegetarian Saat Hamil – Vegetarian memiliki banyak masalah yang berkaitan dengan makanan mereka selama kehamilan. Terutama karena ibu hamil membutuhkan banyak protein selama kehamilan untuk membantu pertumbuhan bayi di dalam rahim. Sedangkan untuk vegetarian, sumber protein terbesar mereka tentu saja berasal dari bahan-bahan nabati. Akan tetapi, protein yang berasal dari nabati sedikit sulit diserap oleh tubuh dibandingkan dengan protein hewani. Oleh sebab itu, mereka harus menerapkan beberapa metode saat mengkonsumsi makanan agar mereka tidak definisi protein.

Makanan-makanan yang diharuskan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil bagi mereka yang vegetarian diantaranya adalah, makanan yang kaya protein. Namun mereka juga tidak boleh melupakan beberapa nutrisi lain seperti kalsium, vitamin, dan mineral. Itulah sebabnya mengapa ibu hamil yang jadi seorang vegetarian harus memiliki diet seimbang dan mengetahui beberapa makanan terbaik untuk mereka.

Baca Juga : Pentingnya Vitamin Prenatal Bagi Ibu Hamil

Beberapa sumber protein terbaik untuk wanita hamil yang vegetarian yang diantaranya adalah: kacang-kacangan, kacang merah, kedelai, keju cottage, dan lain-lain.

Makanan Sehat Ibu Vegetarian Saat Hamil Dan Menyusui

Makanan Sehat Ibu Vegetarian Saat Hamil

Makanan Vegetarian

Berikut adalah 13 makanan terbaik untuk Wanita Vegetarian yang sedang hamil.

1. Keju Cottage
Keju cottage atau disebut juga paneer merupakan sumber protein yang sangat baik untuk di konsumsi selama kehamilan. Keju ini kaya akan kalsium dan protein sehingga bisa dijadikan sebagai makanan untuk membantu pertumbuhan bayi.

2. Sayuran Hijau
Sayuran hijau tidak memiliki kalori namun mengandung banyak sekali kalsium. Biasanya sayuran hijau seperti brokoli, bayam atau kembang kol dan lain-lain wajib ada di dalam piring anda setiap kali makan.

3. Kacang Merah
Kacang merah benar-benar bergizi untuk ibu hamil. Kacang ini mengandung banyak protein dan sangat baik sebagai sumber protein bagi bayi maupun ibu.

4. Yoghurt
Dadih atau juga merupakan sumber kalsium dan probiotik yang dapat membantu memperlancar pencernaan, membantu menyehatkan jantung bisa menjadi sumber vitamin bagi ibu hamil. Yoghurt yang dimaksud adalah plain yoghurt dan bukan yang memiliki rasa.

5. Soya
Ibu hamil vegetarian harus memperhatikan makanan-makanan yang banyak mengandung protein. Jadi, kedelai yang menjadi salah satu sumber protein serta vitamin D juga harus dikonsumsi dalam jumlah yang cukup setiap hari.

6. Wortel
Wortel merupakan makanan lain yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil vegetarian karena banyak mengandung vitamin A. Vitamin tersebut dibutuhkan untuk membantu mengembangkan penglihatan bayi.

7. Kacang
Hampir semua jenis kacang-kacangan termasuk kacang panjang, kacang hijau, kacang fava dan lain-lain, adalah makanan-makanan sehat yang kaya protein dan juga mengandung energi serta serat. Makanan ini akan membantu anda menjaga agar gerakan usus tetap teratur dan berfungsi sebagai sumber gizi bagi anak di dalam kandungan.

8. Sereal Yang Diperkaya
Sereal yang diperkaya dengan berbagai kandungan seperti kalsium, vitamin D, DHA dan lain-lain juga bisa menjadi makanan terbaik untuk sarapan bagi ibu hamil vegetarian.

9. Kelapa
Kelapa memiliki banyak lemak baik yang bisa memenuhi kebutuhan energi ibu hamil. Bahkan, beberapa mitos mengatakan jika anda ingin memiliki anak yang putih bersih, anda harus rutin mengkonsumsi kelapa.

10. Kacang Almond
Berbagai jenis kacang-kacangan dianjurkan untuk ibu hamil. Dan terutama kacang almond, kacang ini banyak mengandung vitamin E, serta bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan. Kacang almond atau kacang-kacangan pada umumnya sangat diperlukan terutama pada trimester ketiga kehamilan dimana bayi sedang membutuhkan lemak.

11. Pisang
Buah-buahan yang satu ini bisa memberikan banyak hal selain energi, buah-buahan juga banyak mengandung kalsium dan potasium yang akan membantu pertumbuhan tulang.

12. Susu
Susu dalam bentuk apapun dapat memberikan efek positif untuk menyehatkan jantung, mengatasi refluks asam dan sebagai sumber vitamin D maupun kalsium.

13. Jeruk
Buah-buahan lain yang harus anda konsumsi setiap hari adalah buah jeruk karena banyak mengandung vitamin C. Buah ini akan membantu menyerap zat besi untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dan vitamin B pada bayi. Itulah makanan vegetarian untuk ibu hamil yang setidaknya harus dikonsumsi secara rutin.

Baca Juga : Diet Sehat Untuk Ibu Hamil

Wanita vegetarian yang sedang hamil sangat perlu memperhatikan asupan gizinya selama hamil. Walaupun tidak makan makanan seperti daging atau telur tetapi dapat mengkonsumsi sumber protein dari tahu, dan tempe.

Demikian penjelasan mengenai Makanan Sehat Ibu vegetarian Saat Hamil. Semoga bermanfaat dan terima kasih.