5 Makanan Sehat Selama Kehamilan

Makanan Sehat Selama Kehamilan – Saat kehamilan adalah saat yang paling dinanti-nanti. Namun di satu sisi saat kehamilan juga merupakan saat-saat terberat dalam fase hidup seorang wanita. Hal ini karena pada saat kehamilan seorang wanita tidak hanya mengurusi dirinya sendiri tetapi juga ia harus mengurusi janin yang sedang tumbuh di dalam rahimnya.

Oleh karena itu makanan yang dikonsumsi oleh wanita hamil juga harus sangat diperhatikan. Banyak aspek yang perlu diperhatikan dalam memilih makanan wanita hamil. Namun yang terpenting adalah kandungan yang tersimpan dalam makanan-makanan tersebut. Baiklah kali ini kami akan membahas tentang 5 Makanan Sehat Selama Kehamilan yang sebaiknya dikonsumsi saat anda dalam masa kehamilan.

Baca Juga : Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Makanan Sehat Selama Kehamilan Dan Menyusui

Makanan Sehat Selama Kehamilan

Telur Ayam

1. Telur
Tanpa dijelaskan pun tampaknya anda sudah tahu mengapa telur sangat baik untuk dikonsumsi oleh wanita hamil. Karena telur mengandung lebih dari 12 vitamin dan mineral. Selain itu telur juga mengandung banyak protein berkualitas dan juga kaya akan kolin. Semua kandungan bergizi tersebut sangat baik untuk Pertumbuhan Dan Kesehatan Janin yang ada di dalam rahim.

2. Ikan Salmon
Mengapa harus ikan salmon? Karena ikan salmon mengandung protein berkualitas tinggi dan juga merupakan sumber omega-3 lemak. Semua itu tentu saja sangat membantu dalam pertumbuhan janin. Selain itu, kandungan merkuri pada ikan salmon juga sangat rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh wanita hamil sekalipun. Inilah yang membedakan ikan salmon dengan ikan-ikan lainnya yang biasanya memiliki kadar merkuri yang cukup tinggi.

3. Kacang-Kacangan
Tidak diragukan lagi bahwa kacang-kacangan mengandung banyak protein dan serat. Seperti pada ikan salmon dan telur protein ini juga sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan janin. Kandungan asam folat pada kacang-kacanagan sangat baik untuk janin. Di lain sisi serat juga sangat membantu ibu hamil dalam pencernaan. Karena pada saat kehamilan ibu hamil memiliki risiko untuk mengalami sembelit dan wasir.

4. Ubi Jalar
Jika anda belum mengetahuinya ubi jalar mengandung karotenoid, vitamin C, folat, dan serat. Karotenoid itu sendiri adalah pigmen tanaman yang dikonversi menjadi vitamin A di dalam tubuh kita. Baiknya lagi karotenoid hanya dikonversi menjadi vitamin A seperlunya saja sehingga anda tidak akan kelebihan vitamin A yang mana dapat berbahaya.

5. Popcorn Dan Biji-Bijian Lainnya
Karena popcorn pada dasarnya adalah gandum, maka dapat dipastikan bahwa popcorn juga kaya akan serat dan nutrisi termasuk diantaranya vitamin E, fitonutrien, dan selenium. Seperti disebutkan sebelumnya serat sangat baik untuk pencernaan wanita hamil dan nutrisi sangat baik untuk pertumbuhan kesehatan janin. Selain popcorn biji-bijian lainnya juga sangat bermanfaat karena mereka juga pada dasarnya gandum.

Baca Juga : Asupan Gizi Untuk Ibu Hamil

Itulah 5 Makanan Sehat Selama Kehamilan yang dapat anda ketahui. Dengan mengetahui makanan-makanan tersebut beserta kandungan yang ada di dalamnya kami berharap anda dapat lebih selektif dalam memilih makanan wanita hamil karena kesehatan janin dan sang ibu sangat berharga. Maknan sehat tidak harus mahal dengan bahan-bahan yang ada di sekitar walaupun harganya murah akan tetapi manfaatnya besar. Sekian dan terima kasih.