Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil – Makanan yang sehat sangat perlu diketahui oleh semua wanita. Baik yang sudah hamil maupun yang belum. Hal tersebut sangat penting karena berpengaruh dengan kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu hamil tentu harus disesuaikan dengan kondisinya saat itu. Dalam arti, bahan makanan serta minuman yang cocok dan disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena membantu tumbuh kembang janin di dalam perut ibu hamil.

Makanan yang sehat akan membantu proses pertumbuhan janin selama kehamilan. Dimulai dari terjadi pembuahan sel telur oleh sperma, janin mulai terbentuk dan terus tumbuh dan berkembang di dalam rahim wanita. Proses pertumbuhan dan perkembangannya sangat dipengaruhi oleh asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu hamil tersebut. Oleh karena itu, beberapa bahan makanan dan minuman dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatannya sendiri maupun janin yang dikandungnya.

Baca Juga : Makanan Yang Harus Dihindari Pada Masa Awal Kehamilan

Lalu, apa saja makanan sehat untuk ibu hamil yang perlu diketahui? Untuk lebih jelasnya, silakan untuk menyimak informasi di bawah ini.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Menu Makanan Ibu hamil

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Harus mengandung gizi yang cukup dan dapat di bantu dengan minum susu formula khusus untuk ibu hamil.

1. Mengandung Gizi Dan Nutrisi Yang Cukup

Makanan sehat untuk ibu hamil yang pertama harus mengandung gizi dan nutrisi yang perlu dikonsumsi setiap hari. Semuanya dapat ditemukan dalam bahan-bahan alami dan bergizi, seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, daging sapi segar, daging ayam, dan lain sebagainya. Gizi Dan Nutrisi yang dimaksud antara lain :

– Kalori
pada wanita hamil biasanya membutuhkan dua kali lipat kebutuhan akan kalori. karena kalori pada ibu hamil diserap oleh ibu dan janin. sehingga kadang ibu hamil cepat merasa lapar. makanan yang banyak mengandung kalori yaitu nasi putih atau nasi merah, umbi-umbian, jagung dan gandum.

– Zat Besi
Perlu Anda ketahui bahwa sayuran hijau kaya akan zat besi dan Klorofil yang penting sebagai penambah darah. Zat besi ini akan membantu mempercepat pembentukan sel darah merah yang sangat dibutuhkan pada ibu hamil. Contoh bayam, kangkung, kacang panjang, sawi dan lain-lain

– Protein
Sumber protein terbagi menjadi dua yaitu protein hewani dan nabati yang sangat dibutuhkan ibu hamil. Tentu saja dengan porsi yang mencukupi dan sesuai dengan aturan pemakaian. Protein sangat penting untuk ibu hamil untuk perkembangan janin dalam kandungan. Contoh makanan yang mengandung sumber protein antara lain daging, ikan, telur, tahu dan tempe.

– Asam Folat
Asam folat sangat penting untuk menjaga kesehatan selama kehamilan dan berperan penting dalam perkembangan otak janin dan juga menghindarkan dari kecacatan otak. Contoh makanan yang mengandung asam folat yaitu kacang-kacangan, pisang, alpukat, brokoli dan melon.

– Kalsium
Kalsium pada kehamilan sangat penting untuk pertumbuhan tulag janin. Selain itu juga mencegah terjadinya osteoporosis pada ibu hamil. Pada saat hamil kalsium pada ibu sangat banyak diserap oleh janin sehingga dapat menyebabkan nyeri pinggang dan gigi keropos. Biasanya ibu hamil akan diberikan tablet kalsium oleh tenaga kesehatan saat memeriksa kehamilan. Contoh makanan tinggi kalsium yaitu, susu, keju, yoghurt, brokoli, sumsum tulang sapi, kangkung, bayam dan lain-lain.

– Vitamin
Pada ibu hamil perlu mendapatkan asupan vitamin yang lengkap untuk membantu pertumbuhan janin dan menjaga kesehatan ibu hamil. Vitamin tablet akan diberikan pada ibu hamil untuk melengkapi kebutuhan akan vitamin A,B,C,D. akan tetapi anda bisa mendapatkan vitamin tersebut dengan mengkonsumsi buah dan sayur misalnya jeruk, wortel, papaya, apel dan lain-lain.

Untuk lebih jelasnya, silakan berkonsultasi dengan pihak dokter spesialis kandungan ataupun bidan. Selanjutnya, praktikkan cara mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil yang benar, seperti cara penyajian makanannya seperti apa, serta waktu yang tepat untuk disantap.

2. Susu Formula Untuk Ibu Hamil Yang Tepat

Saat ini sudah cukup banyak produk susu formula yang khusus untuk ibu hamil. Anda sebagai wanita yang sedang hamil tidak ada salahnya untuk memilih salah satunya. Dengan catatan, susu formula yang akan dikonsumsi memang benar-benar cocok dengan kondisi ibu hamil tersebut beserta janin yang dikandungnya.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengkonsultasikan kepada dokter atau bidan terkait. Jangan pernah untuk berinisiatif dengan mengkonsumsi susu formula atau jenis suplemen tertentu secaraa sendiri. Anda harus berpikir semua yang dimakan dan diminum dari makanan sehat untuk ibu hamil tersebut memang harus sehat dan dibutuhkan.

Baca Juga : Manfaat Mengkonsumsi Telur Selama Kehamilan

Dari uraian di atas, kita semua dapat mengambil sedikit kesimpulan bahwa setiap Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil memang harus terpenuhi gizi dan nutrisinya. Semua itu tersedia dalam bahan-bahan sehat dan alami sehari-hari yang dapat dibeli secara mudah di pasar tradisional maupun modern di sekitar tempat tinggal masing-masing. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.