10 Makanan Untuk Penderita Diabetes Selama Kehamilan

Makanan Untuk Penderita Diabetes Selama Kehamilan – Kebanyakan wanita sangat berhati-hati dengan makanan yang mereka konsumsi selama kehamilan. Hal tersebut sangat wajar dan harus dilakukan. Memilih makanan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan gizi maupun nutrisi untuk tubuhnya serta untuk bayi di dalam kandungan harus tetap dipikirkan. Secara teknis, sekarang anda tidak hanya makan untuk diri anda melainkan juga untuk bayi yang ada di dalam kandungan.

Walau demikian, anda tidak boleh makan secara gila-gilaan atau makan dua kali lipat. Yang anda butuhkan hanyalah beberapa tambahan (300-700) kalori atau anda bisa menggantinya dengan susu, menambah jumlah sayuran dan kacang-kacangan atau buah-buahan. (kebutuhan kalori tergantung usia kandungan).

Selama kehamilan, imun tubuh wanita cenderung menurun sehingga rentan terhadap berbagai masalah atau penyakit. Penyakit-penyakit yang sering muncul selama kehamilan diantaranya adalah tekanan darah tinggi dan diabetes. Khusus untuk diabetes, makanan manis memainkan peranan penting terhadap hal tersebut.

Oleh sebab itu, selama kehamilan anda harus pandai-pandai memilih makanan yang dapat menghindarkan anda dari kondisi-kondisi yang tidak diinginkan tersebut makanan-makanan yang banyak mengandung gula sebaiknya dikurangi. Begitu juga dengan makanan-makanan asin.

Mereka yang mengalami diabetes selama kehamilan biasanya akan memiliki pengaruh terhadap dirinya maupun bayi di dalam kandungan. Kondisi ini menyebabkan mereka harus dirawat secara khusus selama kehamilan.
Anda juga dianjurkan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi yang ada di puskesmas atau di pusat-pusat pelayanan kesehatan dalam merencanakan makanan yang akan anda konsumsi setiap hari.

Baca Juga : 13 Makanan Sehat Ibu Vegetarian Saat Hamil

Apabila anda belum memiliki waktu untuk pergi ke dokter berkonsultasi, atau pergi ke ahli gizi anda bisa mengikuti beberapa Makanan Untuk Penderita Diabetes Selama Kehamilan berikut ini.

Makanan Untuk Penderita Diabetes Selama Kehamilan Dan Menyusui

Makanan Untuk Penderita Diabetes Selama Kehamilan

Alat Tes Gula Darah

1. Semangka
Semangka merupakan salah satu buah yang cukup baik untuk wanita hamil. Buah ini memiliki banyak cairan, akan tetapi indeks glikemiknya sangat rendah. Walaupun terasa manis, namun biasanya tidak mempengaruhi kadar gula darah.

2. Kentang Atau Ubi Jalar
Sebagai sumber karbohidrat, anda bisa mendaptkan dan memenuhinya dari kentang atau anda juga bisa mengkonsumsi ubi jalar. Kedua makanan tersebut akan memberikan anda energi, dan hindarilah sumber karbohidrat dari tepung atau dari beras yang nilainya sangat rendah dalam zat gizi.

3. Gandum
Sereal seperti, sereal gandum dan millet juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil yang menderita diabetes. Makanan tersebut mengandung karbohidrat dan mengandung banyak serat sehingga anda bebas dari sembelit.

4. Daging
Jika anda bukan seorang vegetarian, daging seperti daging ayam atau daging merah tanpa lemak setidaknya harus dikonsumsi untuk memberikan zat besi serta protein yang dibutuhkan selama kehamilan.

5. Buah Jeruk
Penderita diabetes sebaiknya tidak mengkonsumsi jus buah. Mereka harus mengkonsumsi buah-buahan segar sebagai gantinya. Selama kehamilan, penderita diabetes masih di perbolehkan mengkonsumsi berbagai jenis situs atau jeruk seperti limau manis, lemon dan lain-lain.

6. Apel Hijau
Mengkonsumsi apel selama kehamilan juga tidak dilarang untuk wanita yang mengalami diabetes. Akan tetapi, jumlahnya tidak boleh terlalu banyak. Sehari ada boleh mengkonsumsi satu buah apel hijau atau setengah apel merah.

7. Yoghurt
Susu skim dan produk susu lainnya sebaiknya tidak dikonsumsi apabila anda mengidap diabetes pada saat hamil. Akan tetapi, sebagai gantinya, anda bisa mengkonsumsi yoghurt rendah lemak atau plain yoghurt yang baik untuk usus dan bisa dijadikan sebagai sumber kalsium.

8. Sayur-sayuran
Jangan lupa untuk mengkonsumsi berbagai jenis sayur-sayuran terutama sayuran berdaun hijau. Sayuran ini apabila dikonsumsi selama kehamilan akan membuat anda lebih sehat, dan berbagai nutrisi serta gizi yang anda dan bayi butuhkan akan terpenuhi. Sayuran berdaun hijau seperti brokoli, bayam maupun selada sangat dianjurkan.

9. Ikan Tuna
Protein hewani juga harus dipenuhi setiap hari. Anda bisa mendapatkannya dari daging atau dari ikan-ikan yang dianjurkan diantaranya adalah ikan tuna yang mengandung asam lemak omega-3 serta vitamin E, sangat baik untuk perkembangan bayi dan untuk membantu pertumbuhan otak mereka.

10. Telur
Setiap wanita yang menderita diabetes selama kehamilan, mereka juga dianjurkan untuk tidak melupakan telur. Telur terbaik untuk mereka adalah telur rebus. Mengkonsumsi 2 butir telur setiap hari adalah jumlah standar untuk wanita hamil. Telur tidak banyak mengandung gula namun bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan bisa menjadi sumber vitamin, mineral, nutrisi dan juga kalori.

Baca Juga : Pengaruh Perubahan Hormon Pada Ibu Hamil

Makanan Untuk Penderita Diabetes Selama Kehamilan sangat membutuhkan perhatian khusus agar selama kehamilan tidak terjadi kelebihan gula darah hiperglikemik atau kurang gula darah hipoglikemik yang sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan bayi.

Demikian sedikit ulasan mengenai Makanan Untuk Penderita Diabetes Selama Kehamilan. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi untuk menambah pengetahuan. Berikan asupan gizi terbaik untuk bayi anda selama kehamilan merupakan hal yang penting untuk pertumbuhannya. Terima kasih.