Makanan Yang Harus Dihindari Pada Masa Awal Kehamilan

Makanan Yang Harus Dihindari Pada Masa Awal Kehamilan – Kehamilan adalah salah satu tanda bahwa wanita tersebut sempurna. Dan, kehamilan adalah waktu yang paling membahagiakan sekaligus paling berat dalam hidup seorang wanita di saat-saat tertentu, anda kemungkinan akan merasa sangat gembira namun, di detik berikutnya, anda bisa jadi sangat frustasi dan bahkan bisa menitikkan air mata tanpa sebab. Namun anda tidak perlu heran mengenai hal tersebut karena selama kehamilan tubuh banyak berubah secara emosional maupun fisik karena hormon kehamilan.

Ini adalah waktu dimana anda harus memberikan perhatian lebih kepada diri anda agar bayi di dalam kandungan tetap sehat dan sejahtera. Selama mengandung anda harus melakukan kegiatan-kegiatan yang positif, berolahraga setelah mengkonsumsi makanan yang sehat.

Selama kehamilan berbagai masalah kemungkinan besar akan muncul. Dimulai dengan gejala-gejala kehamilan. Selain itu, ada beberapa wanita yang tidak beruntung dan mengalami beberapa komplikasi. Namun anda tidak perlu bingung karena saat ini peralatan medis dan dokter sudah semakin pintar dan canggih sehingga berbagai masalah tersebut sebagian besar bisa diatasi.

Baca Juga : 10 Makanan Untuk Penderita Diabetes Selama Kehamilan

Berbicara mengenai makanan selama kehamilan, anda harus berhati-hati terutama pada trisemester pertama karena pada saat inilah bayi di dalam kandungan anda tumbuh dan membentuk berbagai organ yang mereka miliki. Jika bahan yang dibutuhkan untuk membentuk organ kurang, atau tidak terpenuhi, kemungkinan besar bayi akan tumbuh dengan cacat. Oleh sebab itu, anda perlu memenuhi semua Kebutuhan Nutrisi Pada Awal Kehamilan.

Selain penting untuk pertumbuhan, sebenarnya makanan juga harus dikontrol karena beberapa diantaranya dapat menyebabkan komplikasi atau masalah pada kehamilan. Makanan-makanan tertentu bahkan bisa menyebabkan keguguran, bisa menyebabkan kelainan pada bayi dan masalah bagi ibu itu sendiri.

Makanan Yang Harus Dihindari Pada Masa Awal Kehamilan Dan Menyusui

Makanan Yang Harus Dihindari Pada Masa Awal Kehamilan

Makanan Yang Harus Dihindari Pada Ibu Hamil

Bagi anda yang ingin mengetahui beberapa makanan yang sebaiknya dihindari selama masa awal kehamilan, berikut adalah beberapa diantaranya :

1. Buah-Buahan Tertentu
Buah-buahan seperti: pepaya, nanas dan jambu biji sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak. Walaupun buah-buahan ini sehat, namun mereka cenderung berbahaya apabila dikonsumsi pada awal kehamilan. Pepaya, nanas, anggur maupun jambu biji bisa melemahkan rahim sehingga dapat menyebabkan keguguran.

2. Ikan Mentah Atau Setengah Matang
Ikan memang dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan sebab banyak mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. Akan tetapi ada beberapa jenis ikan yang sebaiknya dihindari karena sangat berbahaya dan justru berakibat sebaliknya.

Beberapa ikan yang merugikan karena mengandung merkuri dalam tingkat yang tinggi diantaranya adalah, ikan-ikan yang berada pada rantai makanan paling tinggi seperti: ikan hiu, ikan todak, king mackerel dan lain-lain.

Selain itu, anda juga diharuskan menghindari berbagai jenis ikan mentah termasuk juga sushi karena dikhawatirkan mengandung bakteri yang dapat mempengaruhi janin di dalam kandungan. Jadi, pastikan anda mengkonsumsi hanya ikan yang benar-benar matang dan dimasak secara menyeluruh.

3. Daging Mentah Atau Setengah Matang
Daging mentah atau daging setengah matang kurang lebih sama seperti ikan mentah atau ikan yang tidak dimasak secara menyeluruh. Mereka harus dihindari. Karena ikan-ikan maupun daging tersebut mengandung banyak bakteri. Selain itu, daging olahan juga perlu untuk dihindari karena sering kali dapat menyebabkan ibu hamil keracunan makanan.

4. Susu Mentah
Makanan selanjutnya yang harus dihindari pada masa awal kehamilan adalah susu mentah atau berbagai jenis produk susu yang tidak dipasteurisasi. Berbagai jenis susu atau produk susu yang tidak di panaskan dengan suhu tinggi tersebut dikhawatirkan mengandung bakteri yang berbahaya.

5. Telur Mentah Atau Setengah Matang
Telur mentah atau telur setengah matang juga tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan lebih lebih pada awal kehamilan. Selain itu, pastikan anda memeriksa telur terlebih dahulu sebelum direbus. Telur yang berbau busuk, atau telur yang tidak disimpan dengan benar sebaiknya dihindari.

Mengkonsumsi telur rebus juga memiliki aturan. Setelah anda membuka atau memecahkan telur rebus, anda harus mengkonsumsi telur tersebut maksimal setelah 2 jam. Apabila lebih dari itu, sebaiknya anda tidak mengkonsumsinya.

Apabila anda ingin menyimpan telur, sebaiknya anda rebus telur tersebut terlebih dahulu kemudian jangan dibuka dan simpanlah di dalam lemari es. Jika anda ingin mengkonsumsinya, maka anda bisa membukanya saat itu juga. Cara ini akan menghindarkan anda dari berbagai jenis bakteri berbahaya yang bisa tumbuh pada telur rebus.

6. Keju Mentah
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa susu maupun beberapa produk susu wajib dihindari apabila tidak dipasteurisasi atau di masak dengan suhu tinggi. Salah satu produk susu yang umum kita temukan adalah keju. Keju mentah yang tidak dipasteurisasi sebaiknya dihindari oleh ibu hamil.

7. Jus Kemasan
Banyak wanita yang beranggapan bahwa jus buah di dalam kemasan aman dan sehat bagi mereka. Akan tetapi, berbagai jenis jus buah mungkin saja tidak higienis dan tidak aman untuk ibu hamil, terlebih pada awal kehamilan sehingga sebaiknya dihindari. Sebaliknya, cobalah membuat jus buah sendiri dengan menggunakan alat-alat yang higienis serta bahan-bahan yang sehat karena cara ini adalah cara terbaik untuk melindungi anda dan bayi di dalam rahim.

Sangat mudah bukan untuk menghindari makanan pada awal kehamilan. Pada intinya makanan yang kita makan harus bersih dan harus dimasak sampai matang. Dan jangan terlalu sering makan makanan siap saji.

Baca Juga : Manfaat Mengkonsumsi Telur Selama Kehamilan

Demikian penjelasan mengenai Makanan Yang Harus Dihindari Pada Masa Awal Kehamilan. Hal ini sangat perlu dipahami sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan misalnya keguguran atau janin gagal berkembang bahkan dapat menyebabkan kecacatan pada janin. Semoga bermanfaat dan terimakasih.