Manfaat Asam Folat Bagi Ibu Hamil

Manfaat Asam Folat Bagi Ibu Hamil – Ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil. Termasuk nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Dan ada satu nutrisi penting yang sebenarnya sangat dibutuhkan ibu hamil karena nutrisi penting tersebut sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin ibu hamil. Nutrisi penting ini yaitu asam folat.

Baca Juga : Alasan Larangan Mengkonsumsi Sushi Pada Ibu Hamil

Lantas, apa saja manfaat yang diberikan dari asam folat bagi ibu hamil? Disini kami akan berikan informasinya khusus untuk Anda. Yuk simak informasi berikut ini!

Manfaat Asam Folat Bagi Ibu Hamil Dan Janin

Manfaat Asam Folat Bagi Ibu Hamil

Makanan Tinggi Asam Folat

Banyak yang bilang bahwa kandungan asam folat atau folid acid ini sangat baik untuk ibu hamil dan janin karena itu ibu hamil sangat disarankan untuk memenuhi asupan asam folat ini secara rutin dengan jumlah yang cukup.

Lalu sebenarnya apa saja Manfaat Asam Folat atau folid acid ini bagi ibu hamil? Seperti yang dilansir dari laman babycenter.com, bahwa ada beberapa manfaat utama dari kandungan asam folat ini. Beberapa manfaat tersebut yaitu dapat mencegah terjadinya kecacatan lahir yang menyerang tabung saraf, tulang belakang dan otak bayi Anda. Masalah kecacatan pada pembuluh syaraf sendiri sebagian besar biasanya terjadi pada masa awal janin berkembang yakni ketika wanita belum tahu bahwa dirinya sedang hamil.

Menurunkan Resiko Cacat Pada Bayi
Resiko kecacatan yang menyerang saraf sendiri dapat menurun sampai dengan 50 sampai dengan 70 persen jika ibu hamil rajin mengonsumsi asam folat sebelum pembuahan terjadi dan selama trimester pertama dalam kehamilan yang dialaminya. Folid acid ini juga berfungsi untuk menjaga tumbuh kembang sel janin didalam rahim.

Memperbaiki Dan Meningkatkan Fungsi DNA
Tidak hanya itu asam folat ini juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya jenis kelainan lain pada bayi yang lahir nanti. Dengan mengonsumsi asam folat juga dapat menurunkan resiko kelainan jantung pada bayi yang lahir. Sementara untuk manusia normal asam folat ini sebenarnya diperlukan untuk menormalkan sel darah merah atau eritrosit serta mencegah manusia normal dari resiko anemia. Selain itu asam folat juga sangat penting untuk memproduksi memperbaiki dan meningkatkan fungsi DNA.

Baca Juga : Penyebab Ibu Hamil Mudah Menangis

Demikian bunda beberapa informasi yang kali ini bisa kami sampaikan untuk Anda. Semoga informasi yang kami berikan diatas mengenai Manfaat Asam Folat Bagi Ibu Hamil bermanfaat. asam folat sangat mudah di dapat dari makanan hijau, kacang-kacangan, buah-buahan, susu, hati dan ikan. Biasanya para ibu hamil akan mendapatkan vitamin folid acid atau asam folat untuk proses perkembangan otak pada bayi. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat untuk menurunkan resiko cacat pada janin anda. Tidak sulit bukan untuk mendapatkan asam folat yang sangat baik untuk ibu dan janin anda. Sekian dan terima kasih.