Manfaat ASI Untuk Bayi Prematur

Manfaat Asi Untuk Bayi Prematur – Setiap orang tua tidak menginginkan buah hatinya lahir prematur. Bayi prematur adalah bayi yang lahir belum cukup bulan. Selain fungsi organya yang belum sempurna, perawatan bayi prematur lebih membutuhkan perhatian yang lebih banyak dan bisa dikatakan lebih rumit. Akan tetapi ada point yg lebih penting yang harus ditanamkan pada pengetahuan orang tua khususnya untuk bunda, yaitu pentingnya pemberian ASI.

Kebanyakan para bunda takut untuk menyusui, karena terkadang bayi prematur daya menghisap masih kurang dan biasanya menyebabkan kesedakkan. Selain itu ada yang beranggapan bahwa susu formula lebih bagus dari pada ASI.

Manfaat ASI Untuk Bayi Prematur Dengan Berat Badan Lahir Rendah

manfaat asi untuk bayi prematur

Bayi Prematur – Wikipedia.org

Taukah bunda ? begitu banyak manfaat ASI yang sangat dibutuhkan bayi prematur dibandingkan susu formula diantaranya :

1. ASI mudah dicerna di usus bayi
Bayi prematur memiliki saluran cerna yang belum sempurna dan fungsi yang masih lemah. ASI lebih mudah dicerna oleh usus bayi dibandingkan susu formula. Protein pada ASI mengandung banyak whey yang mudah diserap di usus. Sedangkan protein pada susu formula dapat menyebabkan alergi dan sulit dicerna di usus bayi.

2. Menambah Berat badan
Pada umumnya bayi prematur terlahir dengan berat badan rendah. ASI mengandung enzim lipase yang dapat membantu dalam proses penyerapan lemak dalam usus. Sehingga hal ini sangat baik untuk menambah berat badan bayi.

3. ASI sebagai antibodi atau kekebalan tubuh
Bayi prematur sangat rentan terhadap infeksi dan kadang kadang hal ini menjadi masalah yang serius untuk kesehatan bayi. ASI mengandung antibodi ibu yang disalurkan lewat ASI untuk bayi sehingga bayi jarang sakit.

4. Bayi yang diberi ASI cenderung membunyai kelebihan secara intelektual.
Bayi prematur umumnya beresiko mengalami gangguan perkembangan mental yang berpengaruh pada kognitif. Banyak penelitian mengungkapkan bahwa bayi prematur yang di berikan asi mempunyai tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dibandingkan bayi yang tidak mendapatkan ASI.

Selain Manfaat ASI Untuk Bayi Prematur diatas masih banyak lagi manfaat yang bisa diperoleh misalnya maanfaat untuk bunda. Selama bunda menyusui banyak kalori yang terbakar sehingga bunda lebih cepat memperoleh berat badan sebelum hamil.

Manfaat lainnya yaitu menyusui secara eksklusif pada bayi prematur dapat mempererat hubungan antara bayi dan ibu, lebih praktis tidak perlu dibuat dan menyiapkan botol. Selain itu menyusui atau memberikan ASI juga mengurangi resiko terkena kanker serviks dan kanker payudara. ASI adalah anugrah yang tidak ternilai dari. ASI makanan terbaik bayi untuk perkembangannya yang optimal. Go go ASI