10 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Manfaat Jeruk Nipis – Jeruk nipis adalah salah satu jenis buah yang bisa disebut kecil-kecil cabai rawit. Mengapa? Karena walaupun berukuran kecil, manfaatnya jauh lebih besar dari itu. Vitamin C serta kandungan lainnya sangat penting untuk kesehatan Anda. Jika ragu, simak saja Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan berikut ini.

Manfaat Jeruk Nipis Bagi Tubuh Anda

manfaat jeruk nipis

Jeruk Nipis – Pixabay.com

Berikut Beberapa Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui :

1. Rendah Kalori
Poin yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang sedang diet. Jeruk nipis memiliki kandungan rendah lemak, yaitu hanya menambah sekitar 43 kalori pada tubuh dari 3,5 Oz jeruk nipis. Namun jeruk nipis memiliki kandungan protein yang juga rendah, sehingga sebaiknya Anda menambahkan menu protein tambahan pada menu diet Anda.

2. Kaya Vitamin
Salah satu kandungan vitamin yang paling besar pada jeruk nipis adalah vitamin C. Vitamin C pada jeruk nipis dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Kandungan vitamin C dalam 1 porsi jeruk nipis adalah minimal 50 mg, di mana kebutuhan perempuan terhadap vitamin C adalah 75 mg dan laki-laki adalah 90 mg. Jadi, dengan mengonsumsi 2 porsi jeruk nipis, Anda sudah memenuhi kebutuhan vitamin C Anda dalam sehari.

3. Sumber Mineral
Selain sumber vitamin C, jeruk nipis juga menjadi sumber mineral. Salah satu kandungan mineralnya adalah kalium sebesar 490 mg dalam 1 porsi jeruk nipis. Selain itu, buah ini juga menyimpan kandungan kalsium, fosfor, tembaga dan besi. Kandungan mineral ini tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda.

4. Meningkatkan Sistem Imunitas
Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis dapat merangsang produksi sistem imun pada tubuh, sehingga melindungi tubuh Anda dari berbagai penyakit. Dengan meningkatnya sistem imun, tubuh Anda akan terbebas dari penyakit dan infeksi.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan
Jeruk nipis mengandung flavonoid yang mana dapat merangsang produksi empedu, asam serta cairan pada pencernaan Anda. Selain itu, kandungan flavonoid juga dapat menetralkan cairan pencernaan asam. Hal ini dapat membantu Anda untuk melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, dengan mengonsumsi jeruk nipis, Anda akan lebih terhindar dari resiko penyakit perut seperti mual, muntah atau diare.

Baca Juga : Cara Mengobati Diare Dengan Cepat

6. Mengatasi Sembelit
Menyambung poin sebelumnya, salah satu Manfaat Jeruk Nipis untuk kesehatan adalah menyehatkan sistem pencernaan. Jeruk nipis dapat melindungi perut Anda dari penyakit sembelit atau penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Jeruk nipis dapat merangsang pergerakan usus yang lebih baik sehingga dapat melawan bakteri jahat pada sistem pencernaan Anda.

7. Detoksifikasi Alami
Detoksifikasi atau pembuangan racun berbahaya dari tubuh sangat penting untuk dilakukan. Hal ini akan menetralkan tubuh Anda dari racun berbahaya yang dapat mengganggu kerja beberapa organ dalam tubuh Anda. Bisa saja detoksifikasi dilakukan secara modern dengan alat tertentu, namun jeruk nipis dapat menjadi alternatif untuk cara yang lebih alami. Jeruk nipis akan mendorong keluar racun berbahaya lewat metabolisme tubuh seperti keringat atau urin.

8. Mencegah Penuaan Dini
Vitamin C yang banyak terkandung dalam jeruk nipis berfungsi sebagai anti oksidan dalam tubuh. Hal ini dapat mencegah proses oksidasi sel kulit Anda sehingga proses penuaan pun dapat terhambat. Selain itu, vitamin C juga dapat mengusir radikal bebas berbahaya dari tubuh sehingga kerusakan pada kulit dapat terhindari. Itulah sebabnya mengapa jeruk nipis juga bisa membantu Anda dalam menghilangkan kerutan, menghaluskan serta melembutkan kulit.

9. Menurunkan Berat Badan
Selain rendah kalori, jeruk nipis juga memiliki kandungan serat dan vitamin C yang baik untuk menurunkan berat badan Anda. Serat yang terkandung pada jeruk nipis dapat membuat Anda merasa kenyang, sehingga menyelamatkan Anda dari makan terlalu banyak. Jika ingin mencoba, minum 1 gelas air jeruk nipis hangat tiap paginya sebelum sarapan atau coba lakukan honey lemon shot yang terkenal itu.

Baca Juga : Cara Melakukan Diet Dengan Cepat

10. Mencerahkan Kulit
Anda sudah tahu kan bahwa jeruk nipis berperan sebagai anti oksidan alami dalam tubuh? Selain itu, jeruk nipis dapat mendorong perbaikan sel-sel kulit yang rusak dan menggantinya dengan yang baru. Hasilnya, kulit Anda akan tampak lebih cerah dan berseri.

Setelah melihat berbagai Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan tadi, jangan ragu lagi untuk mulai memasukkan jeruk nipis dalam menu makan sehari-hari Anda, ya!