Manfaat Mengkonsumsi Telur Selama Hamil

Manfaat Mengkonsumsi Telur – Telur merupakan sebuah paket nutrisi lengkap yang bisa dikategorikan sebagai salah satu makanan super untuk ibu hamil. Telur mengandung nutrisi penting seperti protein, mineral, lemak dan lain-lain yang akan membuat ibu dan bayinya menjadi sehat.

Baca Juga : Makanan Sehat Untuk Ibu Vegetarian Saat Hamil

Selama kehamilan, ada beberapa makanan tertentu yang wajib anda masukkan ke dalam menu makanan sehari-hari. Hal tersebut wajib dikonsumsi karena manfaat gizi dan kandungan mineral serta vitamin yang dimilikinya. Dan Telur adalah salah satu makanan tersebut. Akan tetapi seperti yang kita tahu bahwa tidak semua wanita bisa mengkonsumsi telur terutama pada trisemester pertama. Telur memiliki bau yang sedikit amis sehingga tidak sedikit wanita yang mengalami mual atau muntah-muntah pada saat mengkonsumsinya atau hanya dengan mencium baunya saja mereka merasa akan muntah.

Manfaat Mengkonsumsi Telur Untuk Ibu Hamil

Manfaat Mengkonsumsi Telur

Manfaat Telur Ayam – Pixabay.com

Kandungan Telur

Ibu Hamil dianjurkan mengkonsumsi setidaknya dua butir telur per hari. Dan telur yang dianjurkan adalah telur rebus. Ibu hamil tidak dianjurkan mengkonsumsi telur setengah matang atau telur mentah. Hal tersebut karena dikhawatirkan telur mentah atau yang setengah matang masih mengandung bakteri yang dapat membahayakan bayi di dalam kandungan.

Telur kaya akan seng, selenium, beberapa vitamin seperti vitamin A, vitamin D, vitamin B kompleks dan juga kolin. Vitamin dan mineral yang sudah pasti sangat dibutuhkan selama kehamilan dan bermanfaat bagi ibu maupun bayi. Begitu juga dengan kolin, kandungan yang satu ini sangat bermanfaat untuk membantu bayi tumbuh lebih cerdas.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, anda tetap harus berhati-hati selama mengkonsumsi telur pada saat hamil. Pastikan anda membeli telur yang masih segar atau benar-benar aman dan pastikan anda menyimpannya di lemari es. Jangan menyimpan telur di udara terbuka terlalu lama untuk menghindari fluktuasi suhu yang membuat telur mudah rusak.

Pada saat anda memecahkan telur, pastikan anda tidak mencium bau busuk atau apabila anda menemukan bahwa telur tersebut tampak tidak baik anda harus segera meninggalkannya.

Pastikan putih telur benar-benar berwarna bening seperti gel tampak buram dan tidak berair. Begitu juga dengan kuning telur yang tampak lebih tegas dan tidak berakhir. Semua telur yang sudah dikupas atau sudah direbus lalu dikupas harus dikonsumsi maksimal setelah 2 jam. Apabila lebih dari itu telur biasanya akan terkontaminasi bakteri sehingga tidak baik untuk ibu hamil.

Untuk menghindari hal tersebut, sebenarnya telur rebus yang tidak dikupas dapat disimpan selama sekitar satu minggu. Sekali lagi, pastikan anda tidak mengkonsumsi telur mentah atau telur setengah matang karena dikhawatirkan mengandung bakteri yang dapat menyebabkan resiko infeksi salmonella pada bayi.

Apabila anda menghawatirkan kuning telur yang banyak mengandung kolesterol anda bisa membatasi diri dengan mengkonsumsi 2 telur sehari selama kehamilan. Namun para ahli meyakinkan bahwa, kuning telur walaupun banyak mengandung kolesterol, kuning telur tersebut terdiri atas lemak jenuh yang rendah sehingga tetap sehat untuk dikonsumsi.

Manfaat Mengkonsumsi Telur Selama Kehamilan :

Manfaat Pertama
Telur kaya akan protein sangat diperlukan oleh bayi dalam membantu tumbuh kembangnya karena sel yang ada pada bayi terbuat dari protein.

Manfaat Kedua
Telur apabila dikonsumsi oleh ibu hamil akan membantu perkembangan otak bayi karena kandungan vitamin serta mineral yang dimilikinya. Setidaknya tersedia 12 jenis vitamin dan mineral, serta kandungan omega-3 dan choline. Kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

Manfaat Ketiga
Wanita yang memiliki kadar kolesterol normal di dalam darah mereka dianjurkan mengkonsumsi 2 butir telur per hari. Telur tersebut rendah lemak jenuh dan sangat baik untuk kesehatan. Namun apabila anda memiliki kadar kolesterol tinggi anda dianjurkan untuk menghindari kuning telur dan sebaiknya makanlah putih telur saja.

Manfaat Keempat
Pada trisemester pertama kehamilan ibu hamil dianjurkan menambah sekitar 200 hingga 300 kalori. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga agar bayi tumbuh sehat dan sempurna. 1 butir telur biasanya mengandung kalori sekitar 70. Oleh sebab itu, telur bisa dijadikan sebagai tambahan kalori disamping makanan-makanan yang lainnya.

Peringatan

Jangan pernah mengkonsumsi telur mentah atau telur setengah matang karena khawatir karena mengandung bakteri yang dapat menyebabkan infeksi salmonella. Infeksi tersebut menyebabkan persalinan prematur, kontraksi pada rahim, dehidrasi, muntah-muntah dan bahkan diare. Jika anda menderita diare, muntah atau keracunan makanan setelah mengkonsumsi telur pastikan anda menghubungi dokter dan meminta bantuan.

Baca Juga : Pentingnya Vitamin Prenatal Bagi Ibu Hamil

Telur merupakan sumber protein yang mudah didapat. Oleh karena itu cukupi kebutuhan gizi anda dengan mengkonsumsi telur masak terutama bagi ibu hamil dan balita. Selain mudah didapat telur juga harganya terjangkau dibandingkan sumber protein yang lainnya missalnya daging yang harganya sangat mahal.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Mengkonsumsi Telur Selama Kehamilan. Semoga pembahasan diatas dapat dijadikan sebagai bahan tambahan untuk pengetahuan anda mengenai manfaat telur sebagai sumber protein. Semoga bermanfaat dan terima kasih.