Cara Mencegah Dan Mengobati Ruam Popok Pada Bayi

Mengobati Ruam Popok Pada BayiRuam popok adalah kemerahan atau bintik-bintik merah akibat peradangan yang terjadi disekitar area yang tertutup popok. Misalnya disekitar kelamin bayi, paha bagian dalam dan daerah sekitar pantat. Ruam popok biasanya berbentuk bintik-bintik merah ,ada yang tidak berair dan kadang berair atau jga kadang berwarna merah disertai luka lecet pada daerah kemaluan bayi.

Baca Juga : Tahap-Tahap Perkembangan Kepandaian Pada Bayi

Hal ini menyebabkan bayi menjadi rewel terutama saat buang air besar atau buang air kecil. Kebanyakan bayi akan terjaga saat buang air yang menyebabkan waktu istirahat bayi anda akan terganggu.

Tips Dan Cara Mengobati Ruam Popok Pada Bayi

mengobati ruam popok pada bayi

Ilustrasi – Wikipedia.org

Adapun cara-cara mengobati ruam popok pada bayi diantaranya :

1. Selalu Menjaga Kebersihan Popok Bayi
Area kemaluan bayi sangat mudah lembab dan sensitif terhadap bakteri. Air kencing dan kotoran bayi terdapat bakteri yang dapat menyebabkan ruam popok. Oleh karena itu dalam Mengobati Ruam Popok Pada Bayi harus selalu periksa popok bayi anda. Usahakan agar popok bayi anda tetap bersih dan kering. Apabila anak anda buang air kecil atau buang air besar segera bersihkan dengan air mengalir, kemudian keringkan dengan handuk yang halus sebelum menggunakan popok yang baru. Jangan menggosok daerah yang terkena ruam karena akan merusak kulit bayi.

2. Jangan Menggunakan Bedak Saat mengganti Popok
Penggunaan popok didaerah sekitar kelamin bayi sangat tidak dianjurkan. Apalagi pada bayi yang sudah mengalami ruam popok. Hal ini akan memparah ruam karena bedak akan menempel pada ruam dan akan menjadi lembab.

3. Ganti Merek Popok Bayi (diapers)
Mengganti merek popok bayi yang anda gunakan merupakan salah satu cara yang bisa anda coba. Karena tiap popok memiliki kandungan bahan-bahan yang berbeda. Ada bahan popok tertentu dapat mengakibatkan alergi atau iritasi pada kulit sekitar kelamin bayi anda. Pilihlah popok yang cocok dan aman untuk bayi anda.

4. Kurangi Pemakaian Popok Sekali Pakai Atau Diapers
Cara Mengobati Ruam Popok Pada Bayi selanjunya Pemakaian diapers yang terlalu lama dapat menyebabkan daerah kelamin lembab dan terjadi gesekan dikulit. Popok ini kadang bersifat panas atau sirkulasi udara sangat kurang. Oleh karena itu kurangi pemakaian popok agar sirkulasi disekitar kemaluan cukup sehingga terhindar dari ruam.

5. Berikan Salep Atau Krim Jika Ruam Sulit Sembuh
Jika ruam tidak kunjung sembuh anda dapat mengaplikasikan berbagai macam salep yang dapat anda dapatkan diapotik terdekat. Misalnya Bhethason-n krim, noroid krim , pi kang swang krim, dll . Aplikasikan setelah mandi atau sebelum menggunakan popok.

6. Konsultasikan Ke Dokter Spesialis Anak
Konsultasi ke dokter anak adalah pilihan terakhir jika ruam popok bayi anda tidak sembuh dan semakin parah. Anda akan mendapatkan penjelasan dan terapi lebih lanjut oleh dokter agar ruam popok bayi anda dapat sembuh.

Baca Juga : Cara Merawat Bayi Prematur Di Rumah

Bayi memerlukan tidur atau waktu istirahat lebih lama dibandingkan anak-anak atau orang dewasa. Tidur merupakan salah satu aktivitas bayi untuk meningkatkan perkembangan otak dan mengoptimalkan tumbuh kembangnya, Cara mengobati Ruam Popok Pada Bayi harus cepat diobati jangan biarkan ruam popok mengganggu istirahat dan aktivitas bayi anda.