4 Nutrisi Untuk Ibu Hamil Dalam Pertumbuhan Janin

Nutrisi Untuk Ibu Hamil – Maknan sehat memang sangat dibutuhkan karena berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Oleh karena itu, perlu dijaga semaksimal mungkin asupan makanan dan minuman tersebut. Dalam arti, jangan mengkonsumsi bahan makanan atau minuman secara sembarangan.

Menu makanan ibu hamil penting dijanga mulai dari makan pagi, siang, dan sore hingga cemilan yang disantap setiap hari. Karena, ibu hamil biasanya banyak memakan cemilan berupa makanan kecil atau sejenisnya yang tidak baik untuk kesehatan baik untuk sang ibu maupun untuk janin. Semua itu harus dijaga kandungan gizi dan nutrisinya. Jangan sampai mengkonsumsi makanan yang hanya menyenangkan dan mengenyangkan saja. Misalnya, makanan cepat saji (fast food) yang saat ini begitu banyak dijual mulai dari pinggiran jalan hingga restoran terkenal. Makanan semacam itu minim gizi dan nutrisi sehingga tidak cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Baca Juga : 13 Makanan Sehat Ibu Vegetarian Saat Hamil

Lalu, apa saja Nutrisi Ibu Hamil yang perlu dipenuhi agar Perkembangan Janin tetap terjaga janin di dalam kandungannya? Berikut sedikit uraian yang dapat anda simak untuk menambah wawasan dan pengetahuan seputar kehamilan pada ibu hamil.

Nutrisi Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Makanan Sehat Ibu hamil

Kalori
Nutrisi ibu hamil yang pertama, yaitu kalori. Menurut kesehatan, kalori yang dibutuhkan oleh ibu hamil sekitar 300 – 400 kkal perharinya. Untuk mencukupi asupan kalori, ibu hamil dapat mengkonsumsi makanan dengan pola 4 sehat 5 sempurna setiap hari. Nasi putih atau merah menjadi sumber karbohidrat dan kalori. Selain nasi, umbi-umbian dan jagung juga tepat untuk menjaga kalori untuk ibu hamil.

Asam Folat
Janin di dalam kandungan sangat membutuhkan asam folat dalam jumlah banyak untuk pembentuka sel dan sistem saraf. Diperkirakan sekitar 400 mikrogram asam folat per harinya perlu dikonsumsi oleh ibu hamil. Nutrisi ibu hamil yang satu ini didapatkan pada buah-buahan, kacang hijau, sayuran hijau, maupun beras merah. Sangat mudah mendapatkannya serta harganya masih terjangkau, sehingga tidak ada alasan bagi Anda sekalian untuk tidak mencukupinya.

Protein
Protein juga salah satu nutrisi ibu hamil yang harus tercukupi. Hal itu dikarenakan protein berfungsi sebagai zat pembangun dan pembentukan sel darah dalam tubuh janin di dalam kandungan. Dibutuhkan sekitar 60 gram setiap hari bagi ibu hamil. Protein tersebut bisa didapatkan dari kacang-kacangan, tempe, putih telur, dan daging.

Kalsium
Kalsium berfungsi untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang serta gigi janin di dalam kandungan ibu hamil. Selain itu, ibu hamil dapat terhindar dari penyakit osteoporosis saat mengandung dengan asupan kalsium yang mencukupi. Susu, keju, yoghurt dan produk olahan lainnya memiliki kandungan kalsium yang baik. Kalsium juga banyak terdapat pada sayuran hijau dan buah misalnya pisang, bayam, kangkung dan brokoli Selain itu, susu juga mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, vitamin D, vitamin B2, vitamin B3, serta vitamn C. Ibu hamil dapat mengkonsumsi susu sapi dengan takaran yang cukup.

Baca Juga : Manfaat Mengkonsumsi Telur Selama Kehamilan

Demikian penjelasan mengenai Nutrisi Untuk Ibu Hamil yang baik untuk pertumbuhan janin dalam kandungan. Pada intinya nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil lebih banyak dibandingkan ibu yang tidak hamil dan selama hamil banyak hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi makanan. Harus bersih dan memiliki cukup gizi untuk ibu dan janin didalam kandungannya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah penegetahuan anda mengenai nutrisi yang diperlukan untuk ibu hamil selama kehamilan untuk pertumbuhan janin yang optimal. Terima kasih.