Olahraga Untuk Ibu Hamil

Olahraga Untuk Ibu Hamil – Wanita hamil harus tetap melakukan olahraga karena dipercaya dapat membantu ketika menghadapi bermacam beban selama waktu kehamilan. Disamping itu kegiatan olahraga dapat menjadi salah satu langkah untuk mempersiapkan kelahiran. Tapi harus diingat jika olahraga untuk wanita hamil sifatnya khusus dan gerakannya pun rileks. Apabila tubuh merasa sudah tidak mampu saat melakukan berolahraga maka aktivitas tersebut harus segera dihentikan. Ada beberapa jenis aktivitas fisik yang cocok bagi wanita hamil dijelaskan dalam paparan berikut.

Baca Juga : Posisi Tidur Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Olahraga Untuk Ibu Hamil Trimester Ke Tiga

Olahraga Untuk Ibu Hamil

Olahraga Untuk Ibu Hamil

1. Senam Ibu Hamil
Ada beberapa gerakan Senam Ibu Hamil dikhususkan untuk melatih kelenturan tubuh serta meringankan nyeri dan kelelahan yang sangat berguna ketika persalinan. Jenis aktivitas renang seperti Peregangan dasar. Aktivitas ini sangat berguna untuk melatih kelenturan tubuh serta meringankan nyeri dan capek.

– Peregangan Tungkai
Ketika hamil tungkai sangat bekerja keras dalam menopang berat badan yang hari demi hari semakin bertambah. Peregangan tungkai sangat berguna untuk menguatkan otot kaki juga dapat meningkatkan sirkulasi darah di kaki sehingga lebih nyaman selama menjalani kehamilan. Caranya dengan menyandarkan punggung ke tembok dengan posisi berdiri kemudian melebarkan kedua kaki, dengan perlahan tekuklah kaki sampai merasa tarikan dari otot paha tapi ingat jangan sampai menyebabkan sakit. Tahan sampai hitungan dua puluh lalu berdiri kembali dianjurkan untuk mengulangi hingga 5 kali. Selanjutnya peregangan betis dengan dilakukan dengan cara menghadap tembok, siku ditekuk, dan bertumpulah ke tembok, berat badan dipindahkan ke tangan. Kini dengan kedua kaki dapat menghadap ke tembok dan letakkan satu kaki di belakang kaki yang lain. Setelah merasakan tarikan di otot betis wanita hamil harus menahannya selama beberapa detik lalu ulangi dengan kaki yang lainnya sebanyak 5 kali juga.

– Peregangan Punggung Bagian Bawah
Peregangan ini dipercaya dapat mengurangi nyeri punggung dilakukan dengan merebahkan punggung bagian rata di lantai. Satu kaki diluruskan dan kaki yang lain ditekuk ke dada dan dipeluk. Tahan selama beberapa saat. Ulangi dengan bergantian kaki.

2. Renang
Kegiatan ini merupakan jenis olahraga terbaik dan cocok untuk wanita hamil karena air mampu untuk menopang berat tubuh dan membuat otot-otot tubuh menjadi lebih kencang tetapi tidak tegang disamping dapat meningkatkan power. Namun perlu diingat wanita hamil dianjurkan untuk menghindari pamakaian gaya dada ketika berenang apalagi bila ditemukan keluhan nyeri pada daerah tulang kemaluan dan juga sendi sacroiliak.

Baca Juga : Rahasia Tubuh Langsing Dan Janin Sehat Bagi Ibu Hamil

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai Olahraga Untuk Ibu Hamil. Perlu diingat bahwa aktivitas olah raga bagi ibu hamil boleh dilakukan pada ibu hamil yang tidak memiliki riwayat gangguan atau masalah kehamilan yang diharuskan tidak melakukan gerakan berlebihan. Semoga dapat memberikan informasi dan juga menambah wawasan kita. Semoga bermanfaat dan terimakasih.