3 Pantangan Ibu Hamil Muda

Pantangan Ibu Hamil Muda – Merupakan salah satu informasi yang cukup menarik untuk disimak. Sudah menjadi rahasia umum di tengah masyarakat bahwa ada beberapa pantangan pada ibu hamil yang harus dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa di antaranya masuk akal tetapi sebagian yang lain tidak masuk logika.

Terutama jika dihubung-hubungkan dengan adat dan tradisi tempat ibu hamil tersebut tinggal dan menetap. Dengan begitu semua pantangan tersebut akhirnya menjadi pertanyaan sendiri bagi ibu hamil apakah fakta atau mitos saja. Jika termasuk fakta tentu didukung oleh alasan medis atau kesehatan yang masuk akal sehingga kesehatan ibu hamil beserta janin di dalam kandungannya dapat selalu terjaga. Namun jika hanya mitos belaka sepertinya hanya untuk menghormati tradisi setempat.

Baca Juga : 4 Nutrisi Untuk Ibu Hamil Dalam Pertumbuhan Janin

Lalu, apa saja pantangan ibu hamil muda yang kaitannya dengan bidang kesehatan? Berikut diinformasikan beberapa di antaranya untuk Anda sekalian.

Pantangan Ibu Hamil Muda Dan Menyusui

Pantangan Ibu Hamil Muda

Larangan Ibu hamil Minum Alkohol

1. Hindari Makanan Atau Minuman Yang Sifatnya Panas

Pantangan Ibu Hamil Muda yang pertama ini berkaitan dengan mengkonsumsi bahan makanan dan minuman sehari-hari. Dihindari bahan makanan yang sifatnya panas seperti jenis buah tertentu, minuman beralkohol, atau rokok. Sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan sehingga jangan sampai dikonsumsi. Jika tetap mengkonsumsinya tidak menutup kemungkinan janin akan gagal berkembang di dalam kandungan, keguguran, ataupun dilahirkan dengan kondisi cacat fisik maupun non fisik.

2. Pantangan Mengkonsumsi Makanan Yang Minim Gizi Dan Nutrisi

Contoh makanan semacam itu yang banyak dijual sekarang yaitu makanan cepat saji (fast food) seperti burger, ayam goreng dan lain sebagainya. Makanan tersebut hanya bersifat menyenangkan dan mengenyangkan saja. Anda sebagai ibu hamil boleh mengkonsumsinya, tetapi jangan berlebihan dan perlu berkonsultasi dengan dokter atau bidan kandungan. Pantangan ibu hamil muda yang ini sebaiknya diperhatikan khususnya untuk Kesehatan Ibu Hamil beserta janinnya.

3. Hindari Pekerjaan Berat Dan Gejala Stres

Tidak sedikit ibu hamil yang berprofesi sebagai wanita karir. Mereka tetap bekerja dan beraktivitas sehari-hari seperti biasanya meskipun dalam kondisi hamil. Anda boleh bekerja asalkan sesuai porsi yang dibutuhkan saat kehamilan. Dalam arti pekerjaan fisik yang cukup berat saat kehamilan berlangsung jangan dilakukan terlebih dulu.

Selain itu, pekerjaan yang banyak menguras waktu untuk berpikir sehingga tidak menutup kemungkinan hingga membuat ibu hamil mengalami gejala stres. Hal ini sangat membahayakan janin yang ada di dalam kandungannya, sehingga menjadi alasan bahwa wanita yang sedang hamil sebisa mungkin untuk menghindari stres. Stres yang dirasakan ibu hamil akan dirasakan juga oleh janin hingga dapat mengalami keguguran. Jangan sampai kondisi tersebut Anda alami. Oleh karena itu, sebaiknya ibu hamil mengajukan cuti dan beristirahat di rumah saja.

Baca Juga : Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Itulah tiga Pantangan Ibu Hamil Muda yang sangat masuk akal karena dapat berpengaruh pada kondisi janin di dalam kandungan. Intinya bagi wanita yang sedang hamil muda boleh bekerja akan tetapi tidak boleh terlalu berat kurangi makan yang bersifat panas dan minuman bersoda atupun alkohol kurangi makanan cepat saji dan hindari stres. Semoga bermanfaat dan terima kasih.