Penyakit Yang Sering Dialami Ibu Hamil

Penyakit Yang Sering Dialami Ibu Hamil – Masa kehamilan merupakan masa-masa yang sangat berat bagi seorang wanita hamil. Hal itu bukan hanya karena wanita hamil mengandung janinnya tapi juga karena pada masa tersebut ia lebih rentan terhadap penyakit entah itu penyakit yang berhubungan dengan janinnya ataupun penyakit yang tidak memiliki hubungan sama sekali dengan janinnya tetapi tetap saja membahayakan wanita hamil tersebut beserta janinnya. Gawatnya lagi pada masa kehamilan ia dituntut untuk selalu dalam kondisi yang prima.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kram Pada Kaki Ibu Hamil

Hal ini terkadang cukup berat untuk dicapai mengingat kondisi wanita hamil yang lebih rentan terhadap penyakit. Namun seperti kata para dokter upaya pencegahan tentunya lebih baik daripada mengobati. Oleh karenanya maka ada baiknya anda mengetahui beberapa penyakit yang sering mendatangi wanita hamil agar anda dapat menghindari dan mencegahnya sebelum penyakit tersebut datang pada anda saat anda hamil. Berikut adalah Penyakit Yang Sering Dialami Ibu Hamil :

Penyakit Yang Sering Dialami Ibu Hamil Dan Ibu Nifas

Penyakit Yang Sering Dialami Ibu Hamil

Jenis Penyakit Pada Ibu Hamil

1. Anemia
Anemia adalah kondisi dimana jumlah sel darah merah terlalu sedikit sehingga oksigen di dalam tubuh tidak dapat disebarkan ke seluruh bagian tubuh dengan sempurna. Penyakit ini sering mendatangi wanita hamil karena pada saat wanita hamil volume darahnya meningkat sampai dengan hampir 50%, dan konsentrasi darah dapat diencerkan. Karena pertumbuhan janin bergantung pada kesehatan sang ibu yang mengandungnya oleh sebab itu penyakit ini pun dapat berbahaya juga bagi sang janin. Janin tersebut dapat lahir prematur memiliki berat lahir yang rendah, dan juga terganggu pertumbuhannya.

2. Intrauterine Growth Restriction
Intrauterine Growth Restriction atau bisa juga disingkat IUGR adalah kondisi dimana janin memiliki ukuran yang lebih kecil dan berat yang lebih ringan dari janin pada umumnya pada usia kehamilan yang sama. IUGR disebabkan oleh kurangnya pasokan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin tersebut. Bayi yang lahir dengan penyakit ini biasanya memiliki ciri-ciri tubuhnya lemah, longgar, pucat, memiliki kulit kering dan juga mata yang lebar.

3. Prematur Yang Tidak Wajar
Prematur yang tidak wajar atau biasa juga disebut dengan istilah preterm labor adalah suatu ketidakwajaran yang timbul sebelum 37 minggu usia kehamilan. Ciri-cirinya adalah terjadi kontraksi rahim prematur dan pecahnya kantung atau dilatasi serviks atau juga selaput ketuban. Pecahnya ketuban ini biasanya disebabkan oleh penyakit kronis seperti penyakit jantung, ginjal, hipertensi, infeksi, dan lain sebagainya. Kondisi bayi yang lahir dengan penyakit ini biasanya memiliki tubuh yang kecil, berat badan yang rendah, dan beberapa bantuan untuk bernapas, makan, melawan infeksi, dan lain sebagainya.

4. Gestational Diabetes
Gestational diabetes adalah kondisi dimana tingkat glukosa darah meningkat dan gejala diabetes lainnya mulai bermunculan walaupun sebelumnya sang pengidap penyakit ini tidak pernah didiagnosis mengidap penyakit diabetes. Penyakit yang terjadi pada wanita hamil ini efek pemblokiran terhadap hormon yang dilakukan oleh insulin yang dihasilkan oleh tubuh. Tapi anda tidak perlu terlalu khawatir karena penyakit ini biasanya akan hilang setelah proses melahirkan.

Baca Juga : Olahraga Untuk Ibu Hamil

Demikian sedikit penjelasan mengenai Penyakit Yang Sering Dialami Ibu Hamil. Sebenarnya masih ada beberapa lagi penyakit yang dialami ibu hamil. Semoga pengetahuan akan penyakit-penyakit tersebut di atas dapat membantu anda untuk menghindari atau mencegah penyakit tersebut. Sekian dan terima kasih.