Pengaruh Perubahan Hormon Pada Ibu Hamil

Perubahan Hormon Pada Ibu Hamil – Seperti yang kita tahu bahwa wanita selama kehamilan, terutama pada trisemester pertama sering melakukan hal-hal aneh dan sering berada diluar kontrol. Dan, salah satu faktor penyebab masalah tersebut adalah karena adanya hormon yang sedang berkecamuk di dalam tubuh mereka. Apakah anda sudah tahu bagaimana hormon kehamilan merubah seorang wanita?

Efek hormon kehamilan yang ada pada tubuh seorang wanita mungkin saja akan mengejutkan anda. Bahkan mungkin pasangan anda tidak akan percaya. Jika anda seorang wanita pekerja yang kuat dan rasional, anda mungkin merasa aneh jika sewaktu-waktu ada dorongan yang membuat anda ingin menangis tiba-tiba. Dan anda tidak perlu heran karena hal tersebut bisa terjadi disebabkan karena hormon kehamilan.

Hormon kehamilan melakukan banyak hal terhadap tubuh anda baik secara fisik maupun emosional. Anda perlu memahami efek hormon kehamilan secara menyeluruh untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan karena berurusan dengan emosi atau masalah fisik.

Baca Juga : Cara Memgatasi Masalah Suami Istri Saat Hamil

Hanya saja, anda tidak dianjurkan untuk terlalu keras pada diri sendiri karena sejak Hormon Kehamilan mengambil alih tubuh anda, anda kemungkinan besar akan kesulitan melawannya. Akan tetapi, dengan mengetahui apa saja yang dilakukan oleh hormon kehamilan pada wanita, maka kemungkinan besar anda pun bisa mengantisipasinya atau bisa mengetahui gejala-gejalanya.

Perubahan Hormon Pada Ibu Hamil Dan Menyusui

Perubahan Hormon Pada Ibu Hamil

Perubahan Fisik Ibu Hamil

Berikut dampak dari perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan :

1. Mual
Morning sickness adalah salah satu gejala kehamilan yang paling sering dirasakan ibu pada trisemester pertama kehamilan. Hal tersebut bisa terjadi karena melonjaknya tingkat hormon seperti HCG atau Human Chorionic Gonadotropin. Untuk mengatasi masalah ini, anda dianjurkan tidak mengkonsumsi makanan terlalu banyak. Untuk mengurangi rasa mual anda dianjurkan makan 6 kali sehari dalam porsi yang lebih kecil dibandingkan dengan makan 3 kali sehari dengan porsi besar.

2. Sakit Kepala
Masalah sakit kepala selama kehamilan sering disebabkan karena hormon. Hormon kehamilan adalah menyebabkan mereka sering merasa sakit kepala seperti lonjakan emosi yang datang dan pergi. Sakit kepala pada wanita hamil merupakan kejadian umum dan disebabkan karena meningkatnya hormon estrogen.

3. Jadi Horny
Sebagian wanita akan merasa aneh dengan dirinya karena mudah terangsang sepanjang waktu. Kejadian tersebut terkadang sangat mengganggu dan terkadang ada juga wanita yang bisa mengatasinya. Akan tetapi, anda tidak perlu heran karena selama kehamilan hormon estrogen akan meningkat dan membuat daerah kewanitaan menjadi lebih basah disamping karena adanya aliran darah yang lebih banyak menuju Miss V.

4. Payudara Sakit Dan Membesar
Kebanyakan wanita hamil mengeluh payudara mereka sedikit membesar dan nyeri sepanjang waktu. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya pengaruh hormon prolaktin yang membantu mengembangkan kelenjar susu untuk mempersiapkan laktasi dan proses menyusui.

5. Sakit Punggung
Beberapa wanita merasa terganggu dengan sakit pada punggung mereka bahkan sebelum mereka mengalami kenaikan berat badan. Hal ini bisa terjadi karena hormon relaksin yang membuat sendi menjadi lebih longgar sehingga tulang bisa bergerak untuk mengakomodasi bayi. Kebanyakan rasa nyeri yang anda rasakan di seluruh tubuh disebabkan oleh hormon.

6. Hot Flashes
Beberapa wanita hamil mengalami kejadian aneh, yaitu merasa kepanasan sepanjang waktu bahkan pada malam hari. Hal ini juga dipengaruhi oleh hormon kehamilan yang bernama hormon progesteron. Hormon progesteron akan membuat suhu tubuh meningkat untuk menjaga agar bayi di dalam rahim tetap hangat.

7. Gangguan Pencernaan Dan Keasaman
Beberapa wanita akan mengalami sembelit selama kehamilan. Dan, beberapa wanita yang lain akan mudah mengalami diare. Semua kondisi tersebut termasuk juga mual dan keasaaman disebabkan oleh hormon progesteron yang meningkat. Hormon ini akan menyebabkan refluks asam dan membuat makanan lebih sulit untuk dicerna.

8. Kikuk
Pada saat hamil wanita juga biasanya cenderung lebih kaku dan rawan jatuh atau sering merasa canggung. Jangan heran karena hal tersebut disebabkan oleh hormon relaksin. Sehingga, setiap gerakan yang anda buat harus dilakukan dengan hati-hati dan perlahan.

9. Pelupa
Apa yang dilakukan oleh hormon kehamilan pada wanita selanjutnya adalah, mereka akan menjadi mudah lupa. Jangan heran apabila anda sering lupa dimana meletakkan kunci dan lain-lain. Wanita hamil menjadi pelupa karena disebabkan adanya hormon progesteron dan hormon estrogen yang meningkat di dalam tubuh mereka. Jadi, jangan heran apabila anda kesulitan untuk mengingat dan kesulitan untuk bekerja selama hamil.

Baca Juga : 13 Makanan Sehat Ibu Vegetarian Saat Hamil

Demikian penjelasan mengenai Perubahan Hormon Pada Ibu Hamil. Jadi, setiap pasangan suami istri perlu mengetahui kondisi diatas sehingga dapat beradaptasi dengan perubahan tersebut. Semua dampak dari hormon kehamilah akan berangsur berkurang ketika ibu melahirkan. Semoga ulasan diatas dapat menjadi referensi dalam pengetahuan anda mengenai perubahan pada ibu hamil. Semoga bermanfaat dan terima kasih.