Perubahan Ibu Hamil Berdasarkan Usia Kehamilan

Perubahan Ibu Hamil – Sebagai seorang wanita yang baru menikah anda perlu sedikit waspada akan kesehatan anda. Anda harus waspada terhadap keadaan tubuh anda. Biasanya kehamilan akan sangat cepat terjadi setelah anda menikah. Oleh karena itu untuk memastikan bahwa kehamilan anda aman anda harus secara cepat mengetahui kehamilan anda terlebih dahulu.

Untuk membantu anda dalam mengetahui Perubahan Ibu Hamil. Anda dapat mencari informasi tentang kehamilan di berbagai situs internet. Tidak sulit bagi anda untuk mengetahui beberapa ciri khas yang biasa ditemui wanita hamil. Ciri-ciri wanita hamil dapat dengan mudah anda temui di berbagai situs internet.

Baca Juga : Ciri-Ciri Wanita Sedang Hamil

Perubahan Ibu Hamil Dan Menyusui

Perubahan Ibu Hamil

Kehamilan Usia 32 Minggu

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan apabila anda ingin mengetahui tentang Perubahan Ibu Hamil. Anda dapat memperhatikan beberapa hal dibawah ini. Berikut Perubahan Pada Ibu Hamil Berdasarkan Usia Kehamilannya :

– Usia 12 Minggu
Ibu hamil biasanya akan merasa lebih sering buang air kecil. Seringnya buang air kecil biasa terjadi pada kehamilan tua dan muda. Pada saat kehamilan muda dan memasuki 12 minggu rahim anda sudah mulai berada di atas rongga panggul dan masuk ke daerah rongga perut. Oleh karena itu rahim anda menekan kandung kemih dan membuat anda semakin sering buang air kecil.

– Usia 16-18 Minggu
Untuk memastikan bahwa perkembangan janin anda normal anda harus rajin melakukan kontrol ke dokter. Pada usia kehamilan 16-18 minggu anda akan merasakan sakit di bagian bawah perut. Perut anda akan terasa kencang dan seperti ingin buang air besar namun nyatanya tidak. Anda akan merasakan sakit di bagian bawah perut atau kadang terjadi kontraksi pada perut anda. Di saat janin anda bergerak anda akan merasakan adanya beberapa kontraksi kecil yang disebut dengan Braxton Hicks.

– Usia 20 Minggu
Pada usia ini perubahan pada ibu hamil yang lain dapat anda lihat dari kehamilan ialah pembesaran pada daerah perut. Apabila kehamilan sudah mencapai usia 20 minggu, maka bagian teratas rahim anda akan sejajar dengan umbilicus anda. Hal ini akan menunjukkan adanya perbesaran pada bagian perut. Selain perut payudara ibu hamil dengan usia 20 minggu akan terlihat membesar.

– Usia 28-32 Minggu
Pada usia kandungan 28 sampai 32 minggu ialah pembengkakan pada tangan dan kaki. Pembengkakan ini sebagai akibat dari adanya perubahan volume darah. Ciri-ciri wanita hamil memiliki volume darah dua kali lipat lebih besar dari biasanya karena berfungsi untuk member nutrisi pada janin anda. Hal ini menyebabkan beban pada jantung anda semakin berat. Untuk menjaga kesehatan anda, sebaiknya anda tidak duduk atau berdiri terlalu lama karena cairan pada tubuh anda akan menumpuk dan terjadi retensi cairan.

– Usia 34-37 Minggu
Pada kehamilan tua seringnya buang air kecil disebabkan karena bagian dari kepala janin anda sudah mulai memasuki daerah rongga panggul. Oleh karena itu terjadi adanya penurunan kepala pada janin anda yang menekan kandung kemih. Hal ini biasanya terjadi pada usia 34 sampai 37 minggu.

Baca Juga : Perubahan Pada Kulit Perut Ibu Hamil

Demikian sedikit ulasan mengenai Perubahan Ibu Hamil Berdasarkan Usia Kehamilan yang dapat anda ketahui. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahian anda mengenai perubahan yang akan terjadi pada saat kehamilan sehingga anda tidak cemas. Sekian dan terima kasih.