Tanda – Tanda Kehamilan Pada Wanita

Tanda Kehamilan Pada Wanita – Tanda hamil pada seorang wanita dapat dilihat secara kasat mata atau langsung oleh orang lain. Sementara itu tanda kehamilan juga pasti dirasakan oleh wanita yang bersangkutan dengan terjadinya perubahan hormon di dalam tubuhnya. Setelah sepasang suami istri melakukan hubungan intim, maka secara normal proses pembuahan sel telur oleh sperma akan segera berjalan.

Positif tidaknya kehamilan dapat diketahui selang 24 jam setelah hubungan intim terjadi. Jika sel sperma berhasil membuahi maka sedikit demi sedikit akan berpengaruh pada tubuh sang wanita. Hal ini dikarenakan pembuahan terjadi di dalam tubuh wanita hingga nanti dinyatakan positif dan janin mengalami proses tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, Anda sebagai seorang wanita yang sudah menikah dan ingin segera mendapatkan momongan sudah seharusnya mengetahui informasi mengenai Ciri-Ciri Kehamilan sebelum melakukan tes kehamilan. Dengan begitu Anda bisa melakukan berbagai langkah untuk menjaga agar janin yang dikandung bisa selalu sehat dan normal.

Baca Juga : 3 Pantangan Ibu Hamil Muda

Lalu, apa saja Tanda Kehamilan Pada Wanita yang perlu diketahui? Untuk lebih jelasnya silahkan membaca uraian di bawah ini.

Tanda Kehamilan Pada Wanita Yang Nyata

Tanda Kehamilan Pada Wanita

Alat Tes Kehamilan

Berhentinya Siklus Menstruasi
Berhentinya siklus haid ini dapat menandakan bahwa Anda hamil. Hal ini perlu diperhatikan karena tanda ini menunjukkan bahwa proses pembuahan sudah terjadi. Hal ini dikarenakan sel telur yang berhasil dibuahi sperma tidak akan pecah dan menjadi darah, sehingga terjadi menstruasi atau haid pada wanita.

Nah, saat sel telur berhasil dibuahi tidak akan terjadi menstruasi pada wanita karena akan berubah menjadi segumpal darah yang disebut janin. Anda sebagai wanita juga bisa memperkirakan sendiri saat masa menstruasi tidak kunjung datang atau terlambat berarti tidak menutup kemungkinan terjadi kehamilan.

Rasa Mual Dan Muntah Pada Pagi Hari ( Morning Sickness )
Tanda Kehamilan Pada Wanita yang satu ini disebabkan oleh perubahan hormon di dalam tubuh, sehingga berdampak pada sistem percernaannya. Rasanya seperti terkena demam atau masuk angin dengan gejala, seperti kepala pusing, perut mual-mual, dan ingin terasa muntah. Ada juga beberapa wanita yang sensitif terhadap bau-bauan yang menyebabkan mual dan ingin muntah. Wanita yang mengalami kehamilan muda biasanya nafsu makannya berkurang. Hal ini jangan sampai terjadi karena gizi dan nutrisi yang lebih sangat dibutuhkan oleh janin di usia muda. Akan tetapi mual muntah ini akan berkurang seiring bertambahnya usia kehamilan.

Emosional Yang Tidak Terkontrol
Terkadang seorang wanita yang sedang hamil muda sulit untuk mengontrol emosinya. Sebagai contoh, dia sering menangis, rasa senang yang memuncak secara tiba-tiba, marah-marah dengan hal sepele, dan lain sebagainya. Tanda Kehamilan Pada Wanita pada kondisi psikologisnya memang sedang labil dan sangat membutuhkan pendampingan untuk memulihkannya.
Biasanya terjadi pada wanita yang baru pertama hamil. Pihak suami dapat berperan sebagai konselor untuk mendampingi istrinya agar bisa lebih tenang, sehingga emosinya stabil.

Perubahan Bentuk Tubuh
Hal ini disebabkan oleh hormon-hormon kehamilan misalnya hormon prolaktin yang menyebabkan payudara membesar sebagai persiapan menyusui setelah melahirkan. Selain itu terjadi perubahan bentuk pada perut yaitu perut membesar dikarenakan pertumbuhan janin dan membesarnya Rahim.

Meningkatnya Hormon HCG
Hormon ini menandakan bahwa anda sedang hamil. Hormon ini dapat diperiksa melalui pp test atau tes urin. Hormon ini akan hilang sendirinya setelah persalinan.

Meningkatnya Suhu Tubuh
Pada wanita hamil cenderung suhu basal tubuhnya meningkat dikarenakan metabolisme yang terjadi dalam tubuh. Pembakaran yang terjadi dalam tubuh wanita pada saat hamil lebih tinggi dibandingkan wanita yang tidak hamil.

Baca Juga : 3 Gerakan Dasar Senam Ibu Hamil

Jika anda mengalami tanda-tanda diatas tiadak ada salahnya anda untuk segera memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan untuk memastikan kehamilan anda.

Demikian beberapa Tanda Kehamilan Pada Wanita yang dapat diketahui ciri-cirinya. Baik pihak istri maupun suami harus memeprsiapkan segala sesuatunya dalam menghadapi masa kehamilan ini. Faktor ketenangan dan tidak panik perlu dikedepankan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan terima kasih.